Pages

Kamis, 17 Juli 2008

Bekerja Dengan Microsoft Access

Bagi Anda yang sekarang sedang berkecimpung dengan data base, ada baiknya Anda baca dulu postingan ini. Kira-kira sekitar 1,5 tahun yang lalu saya dipindahkan dari Bagian Perlengkapan ke Bagian Kepegawaian. Baru beberapa hari disana, saya banyak ditegur sama atasan saya, alasannya karena saya lupa membuat usulan kenaikan pangkat, usulan kenaikan gaji berkala dll. Kesalahan tersebut ternyata juga bukan pada saat saya duduk di bagian yang sedang saya jalani saja akan tetapi orang yang saya gantikan juga sering mengalami kesalahan serupa.

Sebenarnya kesalahan yang saya lakukan dikarenakan pada posisi yang sedang saya alami adalah karena tidak adanya data base yang valid dan akurat. Data base yang ada menggunakan Microsoft Excel dan banyak sekali formula pada cells yang error, sehingga saya sangat kesulitan dalam menyajikan data yang matang. Akhirnya keesokan harinya saya mencoba mencari buku bekas di loakan yang ada di kota Semarang, tepatnya di Stadion Diponegoro Jl. Ki Mangun Sarkoro Semarang, saya mencari buku-buku tentang masalah data base. Alhambulillah saya langsung dapet 2 buah, yang pertama buku tentang Fox Base (sekarang Fox Pro) dan yang kedua modul bekas kursusan dari lembaga komputer di kota Purwokerto namaya Belajar Mandiri Microsoft Access.

Dari kedua buku tersebut yang bisa saya gunakan hanya buku yang kedua, karena buku Fox Base ternyata tidak ada software dalam komputer saya, alias saya harus menginstall terlebih dahulu softwarenya baru bisa menjalankannya. Padahal buku bekas yang saya beli tanpa disertai dengan softwarenya.

Sebenarnya tidak begitu sulit menggunakan MC Access, hanya saja kita harus sedikit bersabar karena dalam pembuatannya membutuhkan ketekunan dan sedikit membosankan. Tapi saya yakin setelah Anda mencobanya Anda akan terus ketagihan dan merasa tertantang untuk membuatnya, contohnya hasil Aplikasi buatan saya berikut ini...

Gambaran umumnya akan saya terangkan sebagai berikut; Jadi dalam MC Access terdapat beberapa Object atau Menu yang harus kita ketahui:

  1. Tables: adalah tempat untuk membuat dan menyimpan data

  2. Queries: adalah tempat untuk melakukan penyortiran data (disini fungsi matematika kita dipakai; banyak formula/ rumus yang kita terapkan)

  3. Forms: adalah tempat untuk membuat formulir yang akan dipakai dalam memasukkan data (input data) ke Tables

  4. Reports: adalah tempat untuk membuat sebuah sajian data, bagaimana kita akan menyajikan bentuk datanya dan juga desain tampilan data.
Dan masih ada beberapa Object lagi, akan tetapi menurut saya kita jarang menggunakannya seperti Object Pages yang digunakan untuk membuat tampilan pada web.

Dari kempat menu tersebut dapat saya terangkan alurnya sebagai berikut: Data yang kita punya kita input dengan menggunkan formulir yang kita buat pada Object Forms, data tersebut akan masuk ke dalam Object Tables sebagai Data Base, kemudian kita menyaringnya dalam Object Queries sesuai dengan kebutuhan data, dan terakhir kita menyajikannya dengan report yang kita sudah buat pada Object Reports.

Ya gitu dech....Memang dengan menggunakan MC Access kita akan mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda; yang pertama: jelas dengan adanya data base yang akurat dan valid pekerjaan kita jadi dapat diandalkan (bayangin saya dah 1,5 tahun gak dipindah-pindah, padahal yang lain cuman 3 bulan lho....) terus yang kedua: saya gak tau ini benar atau tidak bahwa MC Access lebih aman dari virus ketimbang MC Excel yang sering terserang virus , jadi kita gak was-was dech....

Bagi yang berminat pengin membuat data base dengan Microsoft Access, silahkan Anda baca tutorial yang ada pada web site Ilmu Komputer.

Tidak ada komentar:

PERHATIAN: Jangan meninggalkan komentar SPAM di sini! Silahkan gunakan kotak komentar untuk bertanya atau diskusi terkait materi yang ditulis.

Posting Komentar

Popular Posts