Jumat, 01 Agustus 2008

Favicon

"Ayo tandai Website Anda dengan identitas Anda"

Apa itu Favicon??? Favicon adalah sebuah gambar kecil yang disematkan di depan alamat URL Anda. Biasanya file Favicon berekstensi ".ico" dan cara membuat file tersebut sulit banget bagi kita. Kalau dulu saya pernah baca referensi bahwa ada situs pembuat favicon, namanya www.myfavatar.com, akan tetapi situs tersebut sudah ditutup dan gak bisa di akses kembali. Situs tersebut bisa digunakan kita untuk merubah bentuk file gambar menjadi ikon ".ico".



Tapi gak usah khawatir...Saya dah eksperimen sendiri, gak usah pakai ".ico" sekalipun kita juga bisa pakai gambar dengan eksetensi apa aja ".JPG, .GIF dll". Caranya gimana??? Yuk kita mulai membuatnya sekarang:
  1. Kita harus punya file gambar dulu (Foto Anda juga gak papa), gambar tersebut kita bentuk menjadi ukuran "16x16 pxl". Cara membentuk ukuran tau kan??? Di MC office juga ada tuh...cari menu "Resize";

  2. Kalo dah jadi, langkah yang kedua yaitu menyimpan gambar di internet (upload). Saat ini banyak situs yang menyediakan layanan upload file secara gratis, salah satunya yang saya pakai adalah www.photobucket.com. Setelah selesai upload, Anda copy kode HTML file gambar Anda ke Notepade dulu.

  3. Bentuk dulu susunan kode favicon Anda: <link href='http://alamat file gambar Anda' rel='shortcut icon'/>

  4. Setelah itu kode favicon yang sudah Anda susun dicopy ke elemen HTML Website Anda dibawah kode <HEAD>

  5. Setelah itu simpan dan coba Anda buka website Anda, lihat diatas di depan alamat URL Anda, gambar file kamu pasti sudah nongol disana.
Selamat Mencoba.... 

Update: Blogger sekarang telah menyediakan menu favicon, yang dapat Anda gunakan pada menu "Tata Letak" kemudian "Favicon".  Yang perlu diperhatikan adalah, gunakan gambar berbentuk bujur sangkar dan file gambar tersebut berukuran kurang dari 100KB. Jadi silahkan pilih pakai cara yang menurut Anda paling mudah.

3 komentar:

  1. Wah ilmu baru ni....

    Thanks ya....

    BalasHapus
  2. aku harus menyempatkan waktu.... cuti gitu lah....>>>> dan untuk belajar dari om mufarih nih......
    makasih om

    BalasHapus
  3. Cuti aja Pakde, di Semarang lagi ada Jateng Fair

    BalasHapus

Recent Posts

Recent Comment

Popular Posts

KenaliDia.Com