Selasa, 20 Desember 2011

Topi Pengaman Claim Produksi

Pada tanggal 13 Desember 2011 kemaren, aku dapat surat tugas untuk memeriksa barang di perusahaan plastik PT Randu Garut Semarang. Perusahaan tersebut memproduksi barang barang berupa lembaran-lembaran plastik/ film. Perusahaan tersebut terletak di daerah mangkang Semarang tepatnya dibelakang rumah makan iwak manuk, berdekatan dengan beberapa perusahaan plastik lainnya seperti Daiya Plas.

Ada yang sedikit aneh dengan model topi yang digunakan sama kariyawan sana. Pada bagian belakang dan samping topi dilengkapi dengan renda berwarna putih. Mereka menyebutnya Topi Pengaman Claim Produksi, yang konon menurut pegawai pada bagian produksi dilengkapi dengan elektromagnet.

Ketika aku bertanya pada seorang manager produksi, "kenapa model topinya seperti ini?", ternyata topi tersebut digunakan untuk menanggulangi claim terhadap bagian produksi, salah satunya karena banyak complain dari para konsumen. Pada hasil produksinya sering terdapat rambut yang menyelip, sehingga mengurangi mutu barang yang dihasilkan.

Ternyata topi tersebut mempunyai fungsi untuk menghindari tercampurnya rambut ke dalam barang-barang yang diproduksi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Recent Posts

Recent Comment

Popular Posts

KenaliDia.Com