Pages

Minggu, 27 Mei 2012

Sedang Bingung Memikirkan Tesis


Akhir-akhir ini saya seakan hidup dalam bayang-bayang. Keinginan untuk menyelesaikan kuliah S2 di Universitas Semarang untuk tepat waktu tidak dibarengi dengan kesiapan dalam mempersiapkan penelitian tesis. Padahal tesis adalah syarat kelulusan bagi seorang mahasiswa pasca sarjana.


Hal yang merasa kurang dari saya adalah mengenai pengusaan materi dan konsep penelitian itu sendiri. Memang benar kala saya menempuh pendidikan S1 Manajemen di Universitas Terbuka pernah belajar mandiri tentang Metodelogi Riset Khusus, namun penulis sendiri belum pernah melakukan penelitian, karena dalam pendidikan di UT penelitian yang menghasilkan karya ilmiah (Skripsi) bukan merupakan persyaratan dalam ujian akhir disana. UT hanya mensyaratkan lulus dalam Tugas Akhir Program, berupa ujian tertulis secara konferehensif atas jurusan yang ditempuh.



Yang lebih parah lagi adalah mengenai analisa data yang belum penulis kuasai, karena dalam sebuah penelitian kuantitatif kemampuan analisa data adalah hal yang mutlak. Ditambah dengan dasar Statistik I dan II yang kurang mumpuni menjadikan saya lebih tertinggal dari yang lainnya.

Memang secara jadwal, saya masih ada 1 semester lagi yang harus ditempuh di USM. Semester III adalah semester penentuan bagi saya, apakah saya bisa menyelesaikan pendidikan ini dengan tepat waktu atau sebaliknya?. Semua tergantung kerja keras dan doa dari para orang yang mencintai saya. Penulis memang mempunyai cita-cita untuk menyelesaikan study ini sesuai dengan jadwal (3 semester), karena kendala waktu dan dana. Waktu karena tidak ada yang menjamin kalau saya akan selamanya tugas di Semarang. Dana karena anak-anak saya sebentar lagi membutuhkan biaya yang ekstra, karena anak keduaku kemungkinan tahun depan juga masuk Sekolah Dasar. 

"Kerja keras dan doa adalah kuncinya", kata istri tercintaku. Terimakasih istriku, karena engkau telah merelakan waktu dan biaya yang saya pakai karena pendidikan ini. Saya berjanji mulai detik ini tidak akan melewatkan waktu untuk mengejar ketertinggalanku. Terimakasih atas buku Permodelan SEM AMOS untuk penelitian manajemennya, pasti akan sangat membantu saya.

Bagi yang sedang bingung atau galau dengan masalah yang sama dengan apa yang saya alami, pesan saya persiapkan segala sesuatunya, mulai dengan membuka kembali buku mata kuliah ketika kita mengenyam pendidikan S1. Statistika I dan II, Metodelogi Riset Khusus adalah hal yang paling utama dalam menjalankan penelitian kuantitatif. Kemudian, jangan pernah lewatkan mata kuliah Analisa Kuantitatif, karena disini akan diajarkan tentang bagaimana melakukan pengolahan data dan pengujiannya.

Semoga saja impian itu akan tercapai.. Amin. Jangan lupa doakan saya teman...

Tidak ada komentar:

PERHATIAN: Jangan meninggalkan komentar SPAM di sini! Silahkan gunakan kotak komentar untuk bertanya atau diskusi terkait materi yang ditulis.

Posting Komentar

Popular Posts