Sabtu, 09 Juni 2012

Apa yang Dimaksud Form A, B dan C Kendaraan Bermotor?

Tahukah Anda apa yang dimaksud dengan Form/ Formulir A, Formulir B dan Formulir C untuk kendaraan bermotor? Formulir-formulir tersebut merupakan surat keterangan yang berkaitan dengan pungutan bea masuk dan pajak dalam rangka impor atas kendaraan bermotor yang diimpor, yang dikeluarkan oleh Bea dan Cukai.

Formulir-formulir tersebut digunakan sebagai kelengkapan atau persyaratan administrasi dalam mengurus Surat Tanda Kendaraan Bermotor (STNK/ STCK) di Kepolisian. Dokumen tersebut dikeluarkan oleh Bea Cukai, karena berkaitan dengan pemasukan barang dan status pembayaran bea masuk dan pajaknya.


Formulir A adalah surat keterangan mengenai pemasukan kendaraan bermotor impor yang sudah dilunasi bea masuk dan pajak dalam rangka impornya.

Formulir B adalah surat keterangan mengenai pemasukan kendaraan bermotor impor yang bea masuk dan pajak dalam rangka impor seluruhnya atau sebagian belum dilunasi (ditangguhkan).

Formulir C adalah surat keterangan mengenai pelunasan bea masuk dan pajak dalam rangka impor atas impor kendaraan bermotor yang menggunakan formulir B.

Demikian informasinya, semoga bermanfaat..

1 komentar:

  1. Jadi sebagai importir hanya menyiapkan salah satu form saja yang tergantung dengan kondisi barang yang di import? Apakah sama jika kita mengekspor kendaraan?

    jasa pindahan rumah

    BalasHapus