Pages

Sabtu, 09 Juni 2012

Apa yang Dimaksud Form A, B dan C Kendaraan Bermotor?

Tahukah Anda apa yang dimaksud dengan Form/ Formulir A, Formulir B dan Formulir C untuk kendaraan bermotor? Formulir-formulir tersebut merupakan surat keterangan yang berkaitan dengan pungutan bea masuk dan pajak dalam rangka impor atas kendaraan bermotor yang diimpor, yang dikeluarkan oleh Bea dan Cukai.

Formulir-formulir tersebut digunakan sebagai kelengkapan atau persyaratan administrasi dalam mengurus Surat Tanda Kendaraan Bermotor (STNK/ STCK) di Kepolisian. Dokumen tersebut dikeluarkan oleh Bea Cukai, karena berkaitan dengan pemasukan barang dan status pembayaran bea masuk dan pajaknya.


Formulir A adalah surat keterangan mengenai pemasukan kendaraan bermotor impor yang sudah dilunasi bea masuk dan pajak dalam rangka impornya.

Formulir B adalah surat keterangan mengenai pemasukan kendaraan bermotor impor yang bea masuk dan pajak dalam rangka impor seluruhnya atau sebagian belum dilunasi (ditangguhkan).

Formulir C adalah surat keterangan mengenai pelunasan bea masuk dan pajak dalam rangka impor atas impor kendaraan bermotor yang menggunakan formulir B.

Demikian informasinya, semoga bermanfaat..

10 komentar:

  1. bagaimana proses perubahan formulir dari B ke C

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setelah dilunasi nanti akan diterbitkan form c.. silahkan datang ke Bea Cukai Priok, Tanya ke information desk, karena di sana banyak menangani impor kendaraan bermotor..

      Hapus
    2. Klo hilang form a,bisa diurus ga mas

      Hapus
  2. Saya juga kehilangan form a dan tidak bisa daftar mutasi masuk ke jakarta

    BalasHapus
  3. Ijin bertanya, peraturan yang mengatur tentang form a, b dan c di peraturan apa nomor berapa? terimakasih

    BalasHapus
  4. Saya di mintaiin form c karna bpkb kendaraan saya hilang padahal stnk nya ada saya dapat mobil pelanggan dari irigasi tapi bpkbnya hilang bagaimana caranya ngurus porm c dan biayanya berapa berkas kehilangan sudah lengkap dan sudah di siarkan di semua radio dan surat kabar ..

    BalasHapus
  5. mau Tanya donk , form A kalau beli mobil off the road dapat berapa ya , saya hanya punya satu lembar untuk berkepentingan saja

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Kalo mengurus BPKB dengan berkas form c , pengurusannya kemana dan biayanya berapa ya?

    BalasHapus

Popular Posts