Pages

Jumat, 06 Februari 2015

Mengenal Peti Kemas

Peti kemas atau container adalah peti atau kotak yang memenuhi persyaratan teknis sesuai dengan International Organization for Standardization (ISO) sebagai alat atau perangkat pengangkutan barang yang bisa digunakan diberbagai moda, mulai dari moda jalan dengan truk, kereta api dan kapal laut.

Peti kemas pertama kali dirancang pada dekade tahun 1950-an yang digunakan pada Mc Lean Shipping Line yang mengarungi pelayaran antara New York dan Houston Amerika Serikat. Selanjutnya Customs Convention on Container yang diadakan pada tahun 1972 di Geneva, Swiss menetapkan pengertian Peti Kemas sebagai alat pengangkutan barang yang:
  • Seluruhnya atau sebagian tertutup, sehingga berbentuk peti atau kerat dan dimaksudkan untuk diisi barang yang akan diangkut;
  • Berbentuk permanen dan kokoh, sehingga dapat dipergunakan berulang kali untuk pengangkutan barang;
  • Dibuat sedemikian rupa sehingga memungkinkan pengangkutan barang dengan sesuatu kendaraan tanpa terlebih dahulu dibongkar lagi; 
  • Dibuat sedemikian rupa untuk langsung dapat diangkut, khususnya apabila dipindahkan dari satu ke lain kendaraan; 
  • Dibuat sedemikian rupa sehingga mudah diisi dan dikosongkan; 
  • Mempunyai isi, bila diukur dari dalam sebesar satu meter kubik atau lebih; 
  • Dibuat dari baja, aluminium, fiber glass dan dilengkapi dengan pintu yang dapat dikunci dari luar; 
  • Termasuk perlengkapan/ peralatannya yang diangkut bersama-sama container bersangkutan. 

Jenis-Jenis Peti Kemas


Berikut ini adalah jenis-jenis peti kemas yang banyak digunakan dalam perdagangan internasional:
General Purpose Container
General Purpose Container
Peti kemas yang seluruh bagian sisinya tertutup dengan rapat agar tahan terhadap cuaca luar, memiliki dinding atap, sisi dan lantai  yang keras. Salah satu sisi nya dilengkapi dengan pintu untuk pemuatan dan pembongkaran muatan. Kegunaan peti kemas jenis ini adalah untuk mengangkut berbagai jenis barang dalam kondisi kering, termasuk yang dikemas dalam karton, sack, pallet, drum dan lain-lain. 
Temperature Controlled Container
Temperature Controlled Container
Kategori peti kemas ini adalah peti kemas yang dilengkapi dengan perlengkapan listrik (heater) atau alat mekanik (refrigeration) untuk kepentingan pemanasan atau pendinginan udara di dalam ruangan peti kemas.  Temperatur yang dapat dikondisikan dengan alat tersebut sekitar -25 ° C sampai 25 ° C. Kegunaan utama peti kemas jenis ini adalah untuk mengangkut barang-barang yang memerlukan kondisi suhu tertentu, agar kualitasnya dapat dipertahankan. 

Open Top Container
Open Top Container
Peti kemas jenis open top memiliki struktur yang hampir sama dengan general purpose container, hanya saja jenis open top memiliki sisi atap yang fleksibel dan dapat bergerak secara mekanis untuk membuka atau menutup. Kegunaan peti kemas jenis ini terutama untuk mengangkut cargo yang berat dan/atau besar yang hanya dapat dimasukan lewat atas.
Open Side Container
Open Side Container
Peti kemas yang bagian sampingnya dapat dibuka untuk memasukkan dan mengeluarkan barang. Sisi samping didesain dapat dibuka untuk memudahkan forklift menata barang di dalam ruangan peti kemas.  Kegunaannya adalah untuk mengangkut rak-rak botol bir atau minuman lainnya maupun kayu-kayu timber. 
Ventilated Container
Ventilated Container
Peti kemas jenis ventilated container memiliki struktur tertutup sama seperti general purpose container, namun dilengkapi dengan ventilasi yang dapat menjamin sirkulasi  udara di ruangan peti kemas.  Kegunaannya adalah untuk mengangkut barang-barang organik seperti kopi, cengkeh, biji-bijian atau hasil bumi lainnya yang memiliki kandungan air tinggi.  
Tank Container
Tank Container
Peti kemas jenis tanki adalah peti kemas yang terdiri dari dua elemen dasar yaitu tanki tempat menampung benda cair, dan kerangka yang berguna untuk melindungi tanki selama dalam pengangkutan. Kegunaan peti kemas ini adalah untuk mengangkut muatan benda cair yang berbahaya (hazardous) maupun yang tidak berbahaya. Untuk memudahkan pengisian maupun pengosongan muatan, biasanya tanki tersebut telah dilengkapi dengan perlengkapan pengisian.   
Dry Bulk Container
Dry Bulk Container
Adalah container yang dipergunakan khusus untuk muatan curah (bulk cargo). Untuk memasukkan atau mengeluarkan muatan tidak melalui pintu depan, akan tetapi melalui lubang atau pintu di bagian bawah (gravity discharge). Lubang atas dapat juga dipergunakan untuk membongkar muatan dengan cara dihisap (pressure discharge). 
Platform Container
Adalah peti kemas yang terdiri atas lantai dasar. Jenis peti kemas ini dibagi menjadi dua:
Flat-rack Container: Ciri khas peti kemas jenis ini adalah sisi dindingnya dapat dilipat hingga sejajar dengan sisi dasarnya. Sisi dasar peti kemas ini dirancang untuk mengangkut barang-barang yang memiliki bobot yang sangat berat. Kegunaannya adalah untuk pengangkutan barang yang berat, besar dan lebih tinggi dari ukuran peti kemas  
Flat-rack Container
Platform Based Container atau Bolster: Definisi Platfrom atau Bolster adalah kontainer yang hanya memiliki sisi dasar atau lantai saja. Jenis kontainer ini terutama digunakan untuk membawa barang-barang yang berat dan tebal serta barang setengah jadi, seperti barrel dan drum, mesin-mesin, crate dan sebagainya.
Platform Based Container atau Bolster

Nomor Peti Kemas    


Pada peti kemas terdapat nomor yang merupakan kombinasi angka dan huruf. Biasanya nomor peti kemas terdapat di pintu peti kemas dan di samping dinding peti kemas baik di dalam maupun di luar. Nomor peti kemas atau lebih dikenal dengan marking code merupakan salah satu alat yang digunakan mengenali peti kemas dan telah ditetapkan secara internasional oleh ISO. Berikut adalah contoh nomor peti kemas:

DLCU 167435 – 3 RIX 2 3 1 5
Keterangan:
DLCU: kode pemilik peti kemas, dalam hal ini Djakarta Lloyd
167435: nomor seri (1: close container, 6: peti kemas 20 kaki, 7435: nomor peti kemas)
3: nomor periksa
RIX: kode negara Indonesia.
2 3: ukuran peti kemas (2: ukuran 20 kaki, 3: tinggi 8’6”)
1 5: tipe peti kemas (1: closed ventilated container, 5: mechanical ventilated)

==
Diolah dari berbagai sumber.

5 komentar:

  1. Banyak fungsi dari container ya, terima kasih informasinya Informasi Reefer Container

    BalasHapus
  2. Menyediakan Jasa Sewa dan Jual Tenda Kerucut / Tenda Sarnafil untuk seluruh daerah di Indonesia. Tenda yang memiliki bentuk atap mengerucut ini sudah sangat familiar di kalangan masyarakat, dengan ukuran yang beragam dan desain gambar atau warna yang bisa di sesuaikan dengan kebutuhan, makannya tenda ini sering di gunakan untuk:
    -Event outdor / pameran
    -Tenda Drive thru
    -Tenda posko
    -Posko pengaman mudik
    -Posko pengamanan pawai obor
    -Posko pengamanan idul fitri
    -Tenda jaga polisi
    -Tenda posko polisi
    -Tenda darurat
    -Tenda portable
    -Tenda promosi
    -Tenda jualan
    -Tenda pameran
    -Tenda event / frestival
    -Posko pengamanan covid
    -Posko Polisi sementara
    -Posko darurat Rumah Sakit
    -Ruangan darurat rumah Sakit dan masih banyak kegunaan lainnya.

    Tenda kerucut / sarnafil dapat menutup sempurna dengan menggunakan dinding untuk menghindari panas matahari langsung ataupun air hujan, untuk ukuran tenda kerucut / sarnafil yang biasa di gunakan beberapa macam yaitu 3x3m, 4x4m, 5x5m, dan 10x10m. dengan beberapa pilihan bahan yaitu:

    -Bahan pvc flexy korea 440 gsm
    -Bahan pvc flexy korea 340 gsm
    -Bahan pvc terpaulin 340 gsm
    -Bahan pvc 410 gsm
    -Bahan pvc 550 gsm



    untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi kami di:

    No.wa : 083898841775 / 081977000899 / 081112300319 / 081112520816

    Alamat: Taman Ubud Cendana 1 No.19 Lippo Village, Tangerang Banten



    #TENDAVAKSINASI #TENDAEVENT #TENDAWEDDING #TENDABAZAR #TENDARODER #TENDATRANSPARAN #POSKOPENGAMANAN#TENDAPOSKOMUDIK #TENDAPOSKOPENGAMAN #TENDASWABTEST #TENDAPOSKOPERISTIRAHATAN #TENDAPOSPENGAMANANLEBARAN #TENDAKERUCUT #TENDASARNAVIL#POSKOPENGUNGSIAN #BILIKDESINFEKTAN #TENDAPAMERAN #TENDAEXPO #FRESTIFALMUSIK #KONSERMUSIK #KONSER #JAKARTA #BANDUNG #KARAWANG #JAWATIMUR #JAWABARAT #JAWA TENGAH #SURABAYA #KALIMANTAN #PISKOPENGANAMANANCOVID #RUANGANDARURATRUMAH SAKIT
    #TENDAVAKSINASI #TENDARODER #TENDATRANSPARAN #POSKOPENGAMANAN #TENDAKERUCUT #TENDASARNAVIL #TENDASERBAGUNA #TENDADRIVETHRU #TENDAVAKSIN #TENDAPEMAKAMAN #TENDA MEMBRAN #TENDA CAFE #OODFRESRIFAL #KONSERMUSIK #FRESTIFALSENI #EVENTORGENAIZER #ACARAMUSIK #KONSERSENI #BOOTHPAMERAN #STANDPAMERAN #EVENTPAMERAN #TENDAPAMERAN #TENDAEVENT #TENDAKONSER #TENDABESAR #SEWATENDA #SEWATENDAKERUCUT #SEWATENDASARNAFIL #SEWATENDARODER #SEWATENDATRANSPARAN #SEWATENDAWEDDING #SEWATENDAUPACARA #SEWATENDAFOODFRESTIVAL #TENDAMURAH #TENDATERLENGJAP #VENDORTERPERCAYA #VENDORTERMURAH #TENDAMURAH #TENDAPAMERAN #TENDAEXPO #TENDARUMAHSAKIT #TENDASERBAGUNA #TENDASEMIPERMANEN #TENDAEVENT #TENDAPAMERAN #TENDAKECIL #TENDASIRCUIT #TENDAARENABALAP #SEWATENDASIRCUIT #SEWATENDAAREABALAP #SEWATENDAUNTUKMOTORGP #SEWATENDAEVENT #TENDARODER #TENDATRANSPARAN #TENDAKERUCUT #TENDA SARNAFIL #TENDATERLARIS #TENDATERMURAH #TENDAMURAH #TENDALARIS #TEND3X3M #TENDASARNAFIL3X3M #TENDAKERUCUT3X3M #TENDASARNAFIL5X5M #TENDASARNAFIL4X4M #TENDASARNAFILMURAH #PRODUSENTENDA #PRODUSENTENDASARNAFIL #JUALRANGKATENDA


    https://www.tendaroderindonesia.com/

    https://shopee.co.id/pasaronlinetangerang

    https://shopee.co.id/dewi.melansari

    https://www.tokopedia.com/annarosianti

    https://www.tokopedia.com/meylans

    https://www.facebook.com/profile.php?id=100055894358161

    https://www.instagram.com/juragantendaofficial/

    https://wordpress.com/home/juragantendaofficial.wordpress.com

    https://twitter.com/IndonesiaRoder

    BalasHapus
  3. Di era digital ini, internet tidak hanya menjadi sumber informasi tetapi juga memberikan peluang untuk menghasilkan uang secara online. Banyak orang mencari cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan atau bahkan mencari sumber penghasilan utama dengan cepat. Berikut adalah beberapa cara praktis untuk mendapatkan uang secara online dengan cepat.

    BalasHapus
  4. Dunia vaping telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir, dengan inovasi yang terus muncul di pasar. Salah satu inovasi terbesar dalam dunia vape adalah liquid saltnic, yang telah menjadi pilihan populer bagi banyak Vapers.

    BalasHapus

Popular Posts