Selasa, 09 Februari 2016

Kirim Madu ke Luar Negeri, Butuh MSDS?

Saya mau kirim contoh madu sebanyak 1/2 Kg ke calon pembeli saya di Norwegia via Kantor Pos. Apa harus buat MSDS? Juga Norwegia katanya suka nyita madu di bandara ya mas? Syukran atas masukannya 

Abufajree Ahmad 

-------------------

MSDS atau Material Safety Data Sheet adalah sebuah dokumen yang berisi informasi penting tentang produk barang kimia atau barang berbahaya. Dokumen tersebut berisi informasi tentang indentitas bahan dan produsen, bahaya, kandungan, cara penanganan, cara pengangkutan sampai dengan cara pembuangan limbahnya. 

Beberapa informasi yang terdapat dalam MSDS adalah Identitas bahan dan perusahaan, Identifikasi bahaya, Komposisi bahan, Tindakan pertologan pertama pada kecelakaan, Tindakan penanggulangan kebakaran, Tindakan terhadap tumpahan dan kebocoran, Penyimpanan dan penanganan bahan, Pengendalian pemaparan dan perlindungan diri, Sifat-sifat fisika dan kimia, Reaktifitas dan stabilitas, Informasi toksikologi, Informasi ekologi, Pembuangan limbah, Informasi pengangkutan, Peraturan perundang-undangan, dan Informasi lainnya. 

Informasi tersebut tentunya dibutuhkan bukan hanya oleh pihak yang akan mengangkut atau mengirim barang, akan tetapi kadang pihak pembeli juga membutuhkannya. Pihak otoritas kepabeanan seperti bea cukai juga terkadang membutuhkan dokumen yang berkaitan dengan barang tersebut. Walaupun barang tersebut sebenarnya bukan barang yang berbahaya. 

Jadi komunikasikan lagi dengan calon pembeli barang Anda, dan tanyakan kebijakan tentang impor madu di negaranya, dalam hal ini Norwegia.

6 komentar:

  1. Maaf pak saya mau tanya, prosedur untuk penjualan bahan baku asal impor dari KB ke TTLDP. Apakah ada pungutan negara selain BM, PPh, dan PPN

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bayar bea masuk dan pajak impor yang ditangguhkan..

      Hapus
  2. You have the idea of high creativity, no one if I am a frequent visitor to your blog because your blog has quality content. I would go back again tomorrow..

    BalasHapus
  3. mau tanya kalau mau kirim madu dalam jumlah banyak( 48 botol @500gr = kira2 25 kg) ke korea selatan menggunakan kapal laut, apa saja syarat2nya ya?

    BalasHapus
  4. assalamualaikum pak, saya beli 9 bibit tanaman dari aliexpress (china) setiap bibit beda seller, kemudian 1 bibit saya sudah sampai di indo dengan pemberitahuan melalui surat dari BC semarang untuk mengirim ijin karantina, sedangkan saya belum punya ijin, nah bagaimana saya mengurus ijin karantina tsb? jika saya tidak mempunyai npwp apa bisa mengurusnya pak?

    nb: kesalahan saya waktu membeli, tidak membaca dulu untuk impor bibit, karena sebelumnya saya pernah membeli barang dari china tidak seribet ini

    BalasHapus
  5. Malam pak, ada email yg bs di hubungin pak? Sya mau bertanya-tanya seputar pajak bea masuk impor barang dari cina.
    Thanks.

    BalasHapus

Recent Posts

Recent Comment

Popular Posts

KenaliDia.Com