Pages

Senin, 12 Desember 2016

Aturan Baru Barang Kiriman dari Luar Negeri (PMK 182 - 2016)


Beberapa hari kemaren telah diundangkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 182/PMK.04/2016 tentang Ketentuan Impor Barang Kiriman. Peraturan yang akan berlaku 60 hari sejak tanggal 29 November 2016 tersebut menggantikan peraturan sebelumnya yang mengatur impor barang kiriman, yaitu Pasal 23 sampai dengan Pasal 31 Peraturan Menteri Keuangan Nomor 188/PMK. 04/2010 tentang Impor Barang yang Dibawa oleh Penumpang, Awak Sarana Pengangkut, Pelintas Batas dan Barang Kiriman.

Banyak perubahan yang mendasar dari aturan sebelumnya. Saya coba telaah dan sederhanakan melalui uraian tulisan berikut ini:

PERBEDAAN MENDASAR

Perbedaan mendasar dari ketentuan yang mengatur sebelumnya adalah mengenai kewajiban atas pembayaran bea masuk dan pajak impor serta nilai pembebasan yang diberikan. Peraturan ini menurut saya lebih menguntungkan bagi Anda, namun juga lebih jelas beban dan tanggung jawab yang ditanggung oleh si pemilik barang.

KEWAJIBAN MEMBAYAR

Untuk aturan baru ini, pihak Pos/PJT atau saya singkat pihak Pos yang bertanggung jawab atas kewajiban pembayaran bea masuk dan pajak impornya atas barang yang masih dalam batas yang ditentukan. Pihak Pos lah yang nantinya berhubungan langsung dengan Bea Cukai berkaitan dengan barang kiriman Anda. Sedangkan, Anda nanti hanya berhubungan dengan pihak Pos yang menangani barang kiriman Anda jika nilainya masih dalam batas yang ditentukan.

PEMBEBASAN BEA MASUK LEBIH TINGGI MENJADI FOB $100, SERTA PEMBEBASAN CUKAI

Yang menarik dari aturan baru ini adalah mengenai jumlah pembebasan barang kiriman yang diberikan oleh Bea Cukai untuk Anda. Semula Bea Cukai memberikan pembebasan bea masuk sebesar FOB $50 setiap penerima barang per kiriman, sekarang menjadi FOB $100 setiap penerima barang per kiriman.

Namun disini ada perbedaan dari perhitungan sebelumnya. Jika dulu barang yang melebihi pembebasan akan dikenakan bea masuk dan pajak impor atas kelebihannya, sekarang atas barang kiriman yang melebihi nilai pembebasan (FOB $100) akan seluruhnya dikenakan bea masuk dan pajak impor. Hehe lebih longgar pembebasannya, namun kalo lebih ya dibea semua (baik tapi teges kan??).

Untuk barang kiriman berupa barang kena cukai diberikan pembebasan bea masuk, cukai, dan/atau pajak dalam rangka impor untuk setiap Penerima Barang per kiriman dengan jumlah paling banyak: 40 (empat puluh) batang sigaret, 10 (sepuluh) batang cerutu, atau 40 (empat puluh) gram tembakau iris/hasil tembakau lainnya; dan/ atau 350 (tiga ratus lima puluh) mililiter minuman yang mengandung etil alkohol. Kalau lebih dari 1 (satu) jenis, pembebasan bea masuk dan cukai diberikan setara dengan perbandingan jumlah per jenis hasil tembakau tersebut. Dan kalau jumlahnya lebih, atas kelebihan barang kena cukai tersebut dimusnahkan oleh Pejabat Bea dan Cukai dengan disaksikan Penyelenggara Pos yang bersangkutan.

DOKUMEN DASAR PERJANJIAN PENGIRIMAN BARANG

Oh ya, Bea Cukai dalam hal ini akan selalu berpedoman pada Dokumen Pengiriman Barang atau yang disebut dengan Consignment Note yang diberikan oleh pihak Pos.Dokumen ini memiliki kode CN- 22/CN-23 atau dokumen sejenis yang merupakan dokumen perjanjian pengiriman barang antara pengirim barang di luar negeri dengan Penyelenggara Pos untuk mengirimkan Barang Kiriman kepada Penerima Barang di dalam negeri.

Apabila dari hasil penelitian ternyata barang Anda memiliki nilai diatas FOB $1500, maka pihak Pos akan memberitahukan Anda agar membuat dokumen impor sendiri, yaitu berupa Pemberitahuan Impor Barang Khusus (PIBK). Nanti dokumen PIBK ini dikuasakan ke Pos dan diserahkan ke Bea Cukai. Dan Anda sendiri yang menghitung bea masuk dan pajak impornya serta kewajiban pemenuhan ketentuan larangan dan pembatasan atas barang kiriman tersebut.

PEMERIKSAAN PABEAN SIMPEL DENGAN MANAJEMEN RISIKO, DAN PENERAPAN SATU TARIF BEA MASUK 7.5%

Seperti biasa Bea Cukai dengan manajemen risiko akan melakukan pemeriksaan pabean atas barang kiriman Anda.
  • Melakukan pemeriksaan fisik yang disaksikan oleh pihak Pos.
  • Barangnya sampai dengan FOB $100, maka diberikan persetujuan pengeluaran.
  • Barangnya lebih dari FOB $100 s.d. FOB $1500, maka melalui pihak Pos akan memberitahukan Anda mengenai dokumen pelengkap yang Anda punya, sebagai dasar pengenaan bea masuk dan pajak impor serta pemberitahuan kepada Anda mengenai kewajiban pemenuhan larangan dan pembatasan atas barang tersebut. Atas barang ini dikenakan tarif bea masuk sebesar 7.5% kecuali untuk barang kiriman berupa buku ilmu pengetahuan. Bea Cukai akan mengeluarkan dokumen Surat Penetapan Pembayaran Bea Masuk, Cukai, dan/ atau Pajak (SPPBMCP) yang merupakan dasar pembayaran bea masuk dan pajak impor serta merupakan persetujuan pengeluaran barang. Disini pihak Pos yang membayar bea masuk dan pajak impornya yang terutang, dan Anda yang membayar ke pihak Pos nya termasuk biaya handling dan packing ulang serta biaya lainnya yang dikenakan pihak Pos.
  • Barangnya lebih dari $1500, Bea Cukai melalui Pos memberitahukan Anda agar menyampaikan PIBK atau Pemberitahuan Impor Barang (PIB) apabila penerima barang merupakan badan usaha (bukan perseorangan). Anda hitung dan bayar sendiri bea masuk dan pajaknya dan kalau tidak ada Surat Penetapan Tarif dan Nilai Pabean (SPTNP) dari Bea Cukai berarti barang Anda boleh dikeluarkan, dan jika ada SPTNP maka bayar dulu jika terjadi kekurangan.
PENGAJUAN KEBERATAN

Penerima Barang dapat mengajukan keberatan secara tertulis kepada Direktur Jenderal terhadap penetapan Pejabat Bea dan Cukai dengan dilampiri data dan/ atau bukti yang mendukung alasan pengajuan keberatan.

--

Mungkin sampai di sini dulu ulasan dari saya mengenai barang kiriman dari luar negeri. Tulisan lain termasuk Kalkulator Bea Masuk dan Pajak Impor akan saya usahakan sudah disesuaikan dengan ketentuan ini, sehingga dapat memudahkan Anda untuk memperkirakan besarnya pungutan atau biaya yang dikeluarkan atas barang kiriman Anda. Terima kasih..

168 komentar:

  1. Halo,
    Trims info, mohon di jelaskan cara menghitung pajak impor sebagai contoh nilai CIF : $101.
    wassalam.
    Bin Jakfar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan baca tulisan saya tentang kalkulator bea masuk dan pajak impor..

      Hapus
    2. maaf tulisannya kurang jelas, karena ga ada contohnya. mohon kasih contoh jika ada pembelian barang 150$. berapa total yang harus dibayar?

      Hapus
    3. Banyak faktor yg memoengaruhi nilai pajak anda harus paham hs code.. dimana nilai pajak ada 3 BM PPN dan PPH besaran BM atau Bea masuk tertyang dalam kamus besar HS CODE jika tertarik email saya di mihar.gl@gmail.com

      Hapus
    4. Misalkan saya impor hp dengan nominal 94 usd dan free delivery apakah saya kena pajak?

      Hapus
    5. Saya telah mencoba kalkulator Hitung Bea Masuk. Ada pertanyaan pak.
      1. Mengapa perhitungan BM, PPh dan PPn dihitung dari FOB+Insurance+Freight?
      2. Menurut pengertian kami bahwa pajak dan bea masuk dikenakan terhadap barang yang di import, agak aneh setelah menyadari bahwa biaya Freight dikenakan bea masuk+pph+ppn
      Kalau memang ada peraturan dari BC ttg dikenakan BM+PPH+PPN untuk freight, bisa minta bantu peraturan nomor berapa? Terima kasih

      Hapus
    6. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  2. Bagaimana pemberlakuan pembelian yang terjadi sebelum tanggal berlaku perubahan aturan pajak import (sblm tanggal 28 jan 2017)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelum perberlakuan tentu tetap menggunakan PMK 188, pembebasan fob $50, kelebihan nya dipungut bea masuk dan pajak impor..

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  3. Info yang selalu membatu & bermanfaat dari Bang Muparrih Mahfud.. Sukses sehat selalu Bang.. tampaknya saya akan tanya2 juga lain waktu

    BalasHapus
  4. Halo pak selamat malam apakah untuk mengimpor mesin sepeda motor bekas di perbolehkan pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Barang bekas gak boleh diimpor pak..

      Hapus
    2. Kalo kita beli motor atau mobil dari cina boleh apa enggak ya

      Hapus
    3. Baca tulisan saya tentang impor Mobil dari jepang.. boleh saja impor..

      Hapus
  5. Baru aja kejadian. Beli parts mobil via aliexpress. Kirim pake DHL. Total harga barang plus shipping USD 97.00. Ternyata kena tax. Sempet agak ngotot sama orang DHL via tlp, karena saya menanyakan knp barang blm diantar sementara status di website DHL brang sudah di tangan kurir, pihak DHL menjelaskan bahwa barang saya terkena tax.
    Akhirnya saya coba download dan baca PERATURAN MENTERI KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 182/PMK.04/2016 TENTANG KETENTUAN IMPOR BARANG KIRIMAN dan PERATURAN DIREKTUR JENDERAL BEA DAN CUKAI NOMOR PER-02/BC/2017 TENTANG PETUNJUK PELAKSANAAN IMPOR BARANG KIRIMAN. Ternyata dari kesimpulan yang saya baca, peraturan baru ini efektif kira2 pertengahan tahun 2017. Mungkin bisa sebagai masukan. Terima kasih.

    BalasHapus
  6. Kesimpulan ini saya ambil setelah membaca PERATURAN DIREKTUR JENDERAL BEA DAN CUKAI NOMOR PER-02/BC/2017 TENTANG PETUNJUK PELAKSANAAN IMPOR BARANG KIRIMAN pada halaman 33 BAB VII tentang KETENTUAN PERALIHAN pasal 32.

    BalasHapus
  7. Hallo Pak, kalo barang yang diimpor lebih dari 100kg dan tidak mempunyai API gimana Pak.
    apakah barang tidak bisa dikeluarkan dari bea cukai?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di PMK 182 ini sudah tidak melihat weight tpi lebih melihat value , akan tetapi weight lebih diberatkan ke Cost Insurane dan Freight .
      Logicanya , value $10 berat sampai 100Kg , PDTT akan menghitung ulang untuk biaya cost dan freightnya .

      Hapus
  8. Ini peraturannya udah berlaku belum ya mas ? Aku ada beli album total + shippingnya usd90an tp ttep kena, padahal kan udh lewat 60hari dari 29 Nov 2016 ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sharing pengalaman. Sy juga pake D*L tetap kena. Katanya D*L di jakarta baru berlaku tgl 27 april 2017. Sedangkan PT Pos dari januari sudah berlaku. Menurut pihak D*L tergantung lg masing2 jasa pengiriman kapan mereka siap implementasiinnya. Dan tiap2 kota bisa beda2 kapan mulai berlakunya. Karena katanya D*L batam dan surabaya 1 april sdh berlaku. Paling bener pake pt pos krn dari akhir januari sudah berlaku.

      Hapus
  9. Kira kira kapan tuh permen berlaku min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf hanya bantu info, PMK ini brlaku mulai tgl 27 April 2017 :)

      Hapus
  10. Kalo belanja gak nyampe 10 dollar dari china kena bea juga ya? Tadi Pak Pos mau antar bilang biayanya 20rbu rupiah. Mohon penjelasannya.. trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya bantu jawab, 20rb itu adalah tarif bungkus ulang dll. bukan termasuk pajak. jika sblmnya bea lalu bea bungkus ulang sekitar 3000-10000, sekarang naik tarif flat semuanya menjadi 20rb. tdk ada 3rb 7rb 10rb lgi.

      Hapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Sedikit masukan .
    Untuk para importir jika membeli barang dari luar dengan value >100 s/d <1500 dikekanan ke CN Duty , yang artinya kena tax yg didebankan ke importir ,
    Jika tidak mencantumkan NPWP dikenakan 20% , jika ada 10% .
    Catatan penting ..
    Soal HS yang terkena lartas , karna itu bisa menyebabkan barang akan lama diterima oleh penerima, karna akan terkena jalur merah .
    Untuk deskripsi barang dan pemilihan hscode minta agar shiper berhati" sebelum mengirim ke indonesia .
    Untuk yg <100 insya allah aman jika barang tersebut masih dibawah maxsimum dan jelas uraian barang and CIF secara logika .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk para importir jika membeli barang dari luar dengan value >100 s/d <1500 dikekanan ke CN Duty , yang artinya kena tax yg didebankan ke importir ,
      Jika tidak mencantumkan NPWP dikenakan 20% , jika ada 10% .
      >>>>>> tax pph impor 10% (ada NPWP)dan 20% (tanpa NPWP) ini sebenernya aturan dari mana ya??
      saya sudah coba baca2 aturan PMK yang disebut2 tapi koq gak nemu yaa... biasa bayar pph 2.5% sekarang bayarnya 10% (nangis bombay nih)

      Hapus
    2. ijin bantu jawab....pengenaan pph pasal 22 impor diatur di pmk-34/pmk.010/2017. di psl 2 ayat (4) disebutkan, apabila tidak dapat menunjukkan npwp dikenakan tarif 100% lebih tinggi daripada yg dapat menunjukkan npwp.

      Hapus
    3. Bagaimana cara menyantumkan NPWP, apa kita mengirim pesan ke seller untuk minta tolong menuliskan NPWP kita di paket yang kita beli ?

      Hapus
    4. Benar sejak PMK 34/2017 diterbitkan pengenaan PPh pasal 22 untuk orang yang tidak dapat menunjukan npwp menjadi 100% lebih tinggi. Untuk masalah pencantumannya silahkan informasikan NPWP Anda ke pihak Pos/Jsa Titipan.

      Hapus
  13. bang saya mau beli jam tangan seharga $4.89 (Rp.66.015) sebanyak 10 buah

    $4.89 x 10 = $48.9 (Rp.660.150)
    ongkir $1.26 (Rp.17.010)

    $48.9 + $1.26 = $50.16(Rp.677.160)

    apa nanti bisa kena pajak?
    tolong jelaskan Jumlah & Berat maksimum yang diperbolehkan agar tidak terkena pajak..terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya udah bebas bea masuk klo cuma segitu gan.

      Hapus
  14. Pak tolong tanya mungkin Bapak tahu kalau misalnya mau masukkan kursi mobil bekas untuk orang cacat, belinya lewat ebay, dan harga nya di atas USD 100 tapi di bawah USD 1500 bagaimana itu? Kena pajak 7.5% ya? Apakah diperbolehkan import barang bekas untuk orang cacat? Terima kasih

    BalasHapus
  15. Mau tanya kalo barang impor berupa kaos kaki lebih dari 10 pasang, apakah bisa minta surat izin lebih dari ketentuan 10 barang?

    BalasHapus
  16. Yah , Harus Menggunakan IJIN ,karna lebih dari batas letentuan, karna untuk personal max hanya 10 Pcs , solusinya di split .
    Dengan nama yg berbeda tpi alamat yg sama .
    Trakhir kemarin , saya sangat kasihan ada importir import kaos kaki sampai 16Kg , walhasil barang tidak bisa dipakai karna kena lartas .

    BalasHapus
  17. Dear Daisy .
    Riques kepada penjual di ebay untuk tidak menggunakan Kata REPAIR atau sejenisnya seperti menunjukan barang Bekas ,
    Karna sangat sulit .
    Dan pastikan Deskripsi barang yang simple tapi tidak terlalu mencolok .
    Pilih hscode yang tidak kena Lartas .
    Untuk BM sudah flate menjadi 7.5% , untuk pph jika mbak tidak menelpon broker di indo dan tidak melampirkan NPWP akan dikenakan 20% dari totaltax .
    Jika melampirkan NPWP menjadi 10% .

    BalasHapus
  18. Mau tanya pak saya beli sepatu dari website Size.co.uk ( UK ) seharga 130 poundsterling dan shippingnya 15 poundsterling.... Lalu saya telfon D*L, dan saya kena Pajak sebesar Rp 1.117.000 untuk pengambilan barangnya... Bagaimana bisa begitu ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba conversikan terlebih dahulu dari poundsterling ke USD , pastikan sudah terkena freight atau belum , pakai asuransi yg dibyar oleh shiper atau tidak . Jika barang mewah CIF diperhitungkan .

      Hapus
  19. Kebijakan tersebut ‎dalam rangka mendukung pelaksanaan Paket Kebijakan Ekonomi Jilid 14 untuk mendorong pertumbuhan e-commerce dan untuk meningkatkan efisiensi, kecepatan, akurasi, kemudahan perhitungan tarif, serta penelusuran barang kiriman.http://apa50.weebly.com/regulasi.html

    BalasHapus
  20. mau tanya, saya ingin membeli satu baju seharga 40 usd dan onkos kirim 30 usd, itu pajaknya bagaimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan telah menerbitkan aturan baru terkait impor barang kiriman, yaitu Perdirjen No. PER-2/BC/2017. Peraturan ini menetapkan kenaikan batas pembebasan bea masuk atas barang kiriman dari US$ 50 menjadi US$ 100.

      Dalam PMK-160/PMK.04/2010 tentang Nilai Pabean untuk Penghitungan Bea Masuk, ditetapkan bahwa nilai pabean untuk penghitungan bea masuk adalah dalam terminologi CIF (Cost, Insurance, Freight)

      Hapus
  21. Halo, numpang tanya dong...
    Saya pelajar di china yg sebelumnya dari Indonesia membawa 3 buah handphone, dan sama skali tidak membeli di luar negeri. Apakah saat saya pulang ke Indonesia handphone saya akan dikenakan bea?
    Ada teman saya yg menitipkan hp yg dia bawa dr Indonesia juga, apakah akan kena bea juga?

    Trima Kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya bantu jawab sebisa mumgkin...jika anda punya invoice pembelian atau yang membuktikan bahwa hp tersebut dibawa dari indonesia, kemungkinan tdk kena. jika tdk bsa membuktikan akan dikenakan sesuai aturan yg berlaku.

      Hapus
  22. Mas saya mau bertanya,
    Apakah pembebasan Bea masuk <$100 ituapakah per INVOICE atau tidak ?

    Contoh kasus: kalau misalkan saya membeli 3 item barang dari suplier yg berbeda ( 3 INVOICE ), dimisalkan Free Ongkir :

    Suplier A. 1 pcs x $40
    Suplier B. 1 pcs x $40
    Suplier C. 1 pcs x $50

    Total 3 INVOICE sebesar $130
    Apakah kasus diatas terkena pajak Bea masuk ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya bantu jawab,Jika 3 barang tersebut dikirim dengan 3 tracking number yang berbeda. sesuai aturan baru akan bebas pajak. jika dijadikan 1 dan hanya 1 tracking number akan dikenakan pajak.

      Hapus
    2. kalo paketnya datang di hari yang sama di kantor pemeriksaan bea cukainya maka semuanya akan ditotal.


      ini berdasarkan pengalaman dan penjelasan dari pihak bea cukainya.

      Hapus
  23. sy ada blanja di aliexpres,harga yg sy bayar sebesar $83..harga itu dari harga normal $130 yg didiskon..kira2 bakal kena pajak ga?

    BalasHapus
  24. Halo. Saya mau bertanya, apabila kita beli baju online dari China (aliexpress) kurang dari 10 pcs, apa diperbolehkan? saya ada menghubungi bea cukai, disebutkan boleh dalam bentuk kiriman. Kiriman = pembelian pribadi?

    Dan apakah aksesoris seperti gelang, jam tangan kain termasuk lartas?
    Terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleeh mba , yang penting sesuai dengan Comersial Invoice .
      Jangan kurang atau lebih .

      Hapus
  25. terima kasih atas informasi dan pencerahannya.
    Saya ingin tanya, kalau mau mengirim biji kopi yang sudah digongseng, saya beli dari roastery di Eropa untuk hadiah kawan di Indonesia jumlah 8 pack dengan berat masing2 250gr (jdi total sekitar 2kg) nilainya total cm sekitar 90 usd, apakah kena bea masuk atau pajak? apakah kopi juga termasuk lartas? terima kasih

    Salam, Setya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya bantu jawab.. kalau belanja dibawah $100(termasuk ongkir) tidak kena pajak

      Hapus
  26. Salam untuk semuanya, mohon penjelasannya yach maklum newbie.
    1. Saya mau beli celana dalam di alibaba sejumlah 44 potong dengan total harga $ 40,27,- plus free ongkir. apakah kena pajak barang tersebut???
    2. Berapa picis/potong batas maximal pembelian yg tdk kena bea saat masuk indonesia
    Makasih sebelumnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akan terkena lartas .
      Maksimal pembelian untuk perorangan 10 Pcs .

      Jika dilihat dari value bebas bea masuk (BBM). Tetapi terkena lastar atau pengeluaran sebagian .

      Hapus
    2. Makasih ntuk pencerahaanya, mantap banget dijawab dgn singkat namun kena sasaran....

      Hapus
  27. Maaf gan.. maaf saya masih newbie
    Saya ingin import sebuah smartphone seharga $191 tanpa asuransi dan freeshipping.. nah saya sudah coba hitung dan hasilnya Rp. 766.000. apakah perhitungan saya sudah benar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Estimasi sekitar segitu gan jika melampirkan NPWP , jika tidak melampirkan npwp Pph menjadi 20% total duty and tax sekitar 1.100.000,-

      Hapus
  28. Tgl 30 bulan 8 2017 kemarin saya membeli barang online dengan harga US $137.8 + ongkos kirim US $12.14 + Asuransi US $O.OO Total US $149.94. Dari harga barang ini saya di kenakan pajak sebesar Rp812.000 oleh kantor pajak wilayah Kediri..Ohhh..terasa di sambar petir. Saya yakin 100% ada yang salah disini, saya tidak terima HAK saya di BEGAL oleh pihak pihak tertentu, Saya sudah mencari info kesana kemari tentang rumus penghitungan pajak masuk dan bea cukai tapi belum ada yang bisa menjelaskan secara pasti seolah olah sengaja di bikin kabur oleh pihak pihak tertentu, di sini saya meminta bantuan tentang cara/rumus penghitungan terbaru(2017) yang lebih akurat, bagi kalian semua yang tau cara penghitungan pajak barang impor mohon kiranya untuk memberi tau saya tentang cara penghitungan pajak ini. Sekian dan terimakasih atas perhatiannya.
    Tulungagung 20 Sebtember 2017.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malam Gan .
      Coba saya luruskan dari apa yang saya tau .

      Untuk menghitung nilai bea masuk .
      Fob :137.8
      Freight :12.14
      Asuransi :0
      (Nilai Dasar Perhitungan Bea Masuk)=149.94*13346(KURS)=2,001,099.24
      BeaMasuk(BM) 7.5% = 150,082
      Pph 10 % dan 20 % = 200,109/400,219
      Ppn = 200,109
      Total duty and tax yg agan harus bayar adalah .
      BM+Pph+Ppn = Rp. 550,300 Pph 10% Tanpa Npwp / Rp. 750,410 Pph 20% tanpa Npwp
      Note :
      jika mengacu pada PMK 182 nilai BM ditetapkan flat yaitu 7.5 untuk fob <1500 .

      Nilai Kurs/BM bisa mempengaruhi duty and tax yg agan bayar .

      Yg saya info di atas estimasi/informasi yg saya hitung secara manual .

      Semoga bermanfaat gan .

      Hapus
    2. Tambahan .
      Untuk FOB <100$ diberikan pembebasan Bea Masuk .

      Hapus
    3. Koreksi dikit gan, pengenaan PPN dan PPh terhadap nilai CIF + Bea Masuk. Bukan ke CIF saja.

      Hapus
    4. Betul banget gan , nuhun koreksinya .
      Lupa saya tambah waktu semalam .
      😊😆

      Hapus
    5. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
    6. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  29. Gan, sy beli sepatu dari ebay, dgn nilai 50$ yg kmudian sy forward ke shipito agar tidak terkena Global shipping program ebay, kmudian dikirimkan lagi dgn biaya shipping sekitar 67 $, yg mau sy tanyakan invoice dari ebay adalah 50$+ shipping ke alamat us sy 17 $ total 67 $ utk custom declarationnya apakah fisebutkan semuanya atau hanya harga barangnya saja? Kemudian ketika dikirmkan kembali dgn shipping yg lebih mahal (67 $) totalnya 50$+67$ sekitar 117 $, apakah invoice yg pertama akan tetap dipakai/ dijumlahkan dgn shipping yg kedua (117$+17$) Atau hanya invoice kedua yg akan ditanyakan di bea cukai indonesia (117$) kemudian kalau 117$ yg harus sy bayarkan di bea cukai berapa ya? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari yang saya tau .
      CI yang masuk ke ID yg akan dikenakan Bea Masuk .
      Yaitu -- 117 USD .
      Estimasi .
      BM = 117,000
      Pph 10% = 168,000 Pph 20% = 335,000
      Ppn 10% = 168,000
      Total = 453,000 - jika melampirkan Npwp
      Total = 620,000 - jika tidak melampirkan Npwp

      Hapus
  30. apakah barang kirimn juga di berlakukan lartas? contoh saya beli speaker harga USD50 kalo liat hs codenya itu kena lartas Laporan surveyor... apakah lartas itu di berlakukan juga?
    terimakasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari hal yang saya tau .
      Iyah kena laporan surveyor itupun jika fob >1500 .

      Hapus
  31. misi, mau tanya. sy beli teko stainless untuk kopi

    10 pcs @ $7.8, total = $78.00

    bebas bea tidak.. takut nya karena 10 pcs jd di kenakan bea cukai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya allah tidak kena asal agan mempunyain invoice yg legal , kemungkinan cek fisik pasti .

      Hapus
    2. Sy mau tanya,sy da pesan lampu bintang dr luar negri sejumlah 50 pacs,1 pacs hrganya 6.000..jd totalnya 300 rb,ongkir 236.000..
      Total 300+236=536 rb..apa paket saya kena bea cukai?mksh kk

      Hapus
  32. sy ada baca komen di atas

    jika dari 3 TRACKING NO yg berbeda dan total NYA LEBIH dari $ 100
    tapi PER tracking No nya di BAWAH $100 = BEBAS BEA, bner kan?

    tapi jika di terima di kantor BEA nya pd hari yg sama, itu kena Bea cukai, bner kan?

    sy cuma kwatir, sengaja di lama in di kantor pos nya, nunggu barang2 sudah terkumpul dan lebih dari $100, baru kita di kasih surat untuk tebus..

    seperti sy skrg sudah 1.5 bln brng ke tahan di kantor pos.. total skrg sudah ada 3 kirim an.. total $ 150

    ada solusi..? thank you dah mau baca dan bantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sudah beberapa mengorder barang dari luar negeri dari bermacam macam retailer, dan dikirim dengan jasa pengiriman bermacam macam pula spt Fedex, DHL, DPD / Aramex, Pos. Mau coba bantu aja, Kalau seandainya ada 3 paket kiriman dengan nama penerima & alamat yang sama dan diproses bea cukai pada hari yang sama, maka penetapan pajak tidak dihitung dari total 3 barang kiriman yang terpisah tersebut. Penetapan pajak dihitung berdasarkan per paket kiriman, jadi kalau ada 3 paket kiriman dengan nama & alamat penerima yang sama dengan masing masing paket, invoice-nya dibawah 100 usd maka saya pikir tidak akan terkena pajak. Hanya membayar bea lalu di kantor pos sebesar 20 ribu per paket kiriman jika seandainya dikirim melalui pos. Mungkin yg lainnya bisa membantu, koreksi saya jika saya salah.

      Hapus
    2. Benar apa yang dikatakan Bapak @bernard Hutahaean . Tidak akan terkana BM jika dibuat single dari masing masing tracking .
      Tpi bisa juga kemungkinan kena jika dari shipper dibuat consol dan dijadikan satu untuk hemat biaya freight.
      Koreksi dari saya .
      @Bernard Hutahaean sekali sekali pakai UPS pak . Hehe

      Hapus
    3. Untuk jasa kirim DPD, DHL, Fadex apakah sama seperti di indonesia. Dalam arti, biaya dihitung perkilo.

      Hapus
    4. Kalo untuk biaya per KG kewenangan dari masing" PJT untuk Beban biaya sewa gudang sendiri gan , untuk biaya customs deklarasion mengacu pada value belanja yang agan beli .

      Hapus
    5. Apa semua ekspedisi tersebut mengenakan tarif gudang ?

      Hapus
    6. Saya hampir tidak mengerti yang agan tanyakan .
      😊

      Hapus
    7. Pertanyaan di atas mungkin bisa di abaikan dulu, nanti coba saya tes menggunakan sistem perhitungan pada online shop yang bersangkutan.

      Begini mas HK Maintenance, saya lagi belajar import. Beberapa jenis barang sudah saya beli dgn free shipping, namun barusan saya dapat informasi dari postingan lain, tang menyatakan jika pembelian barang di atas 2 item akan di tanyakan surat keterangan sebagai importir. Apa hal itu benar demikian, dan bagaimana dgn paket² saya yg sedang dalam perjalanan. Apakah semua akan di sita begitu saja.

      Hapus
    8. Tergantung apa yang agan beli dari luar sanah , semua sudah terklasifikasi sesuai komoditi masing masing , agan bisa cek di eservice.insw.go.id , apakah barang yg agan beli terkena lartas dan sebagainya tidak.
      Karna jika sudah mengacu pada junlah Item yang banyak butuh badan usaha , dan non badan usaha tidak bisa membeli diluar komoditi yang sudah ditetapkan oleh eservice.insw.go.id .
      Sekian dan terimakasih

      Hapus
    9. Oke, terimakasih atas semua masukannya.
      Semoga komentar ini dapat memberi referensi rekan² yg lainnya.

      Hapus
    10. thank u pak @bernard Hutahaean , @HK Maintenance sy maren pake www.citylinkexpress.com pertama bilang / kg kena Rp 30.000. ntung nya sy sudah mulai mengerti, kemudian tetap di minta Rp 30.000/parcel. apa bner yah Rp 30.000, yah ga mahal, cuma males aja klo di tipu2..

      Hapus
  33. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  34. Mau tanya gan , kalau kita belanja berulang2 untuk produk yang sama
    misalnya kita beli jack kabel 100 pcs dengan harga 0.25 usd

    setelah barang tiba kita order lagi apakah akan dikenakan pajak gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aman gan.. Sy tiap minggu beli barang umum non lartas 100 pcs, asal harga totalnya dibawah 100USD.. Asal jangan bentrok aja di hari yg sama..

      Hapus
    2. Saya suka ini.
      Memang karena paket lama datang, jadi sekalian order minggu berikutnya. Saya sedikit khawatir, karena saya pikir barang diatas 2 item perlu API. Sedangkan paket belum ada yg sampai.

      Hapus
    3. kalo brng nya 100 pcs kecil2 mungkin gampang lewat. @willy ari, boleh tau pak, brng yg biasa di beli 100 pc itu apa..? karena skrg sy beli teko Stainless 10 pcs aja, sudah di tanya in AWB

      Hapus
  35. Dan misalkan saya belanja beberapa kali

    kemudian untuk keseluruhan biayanya 164,55 USD
    apakah di hitung kena pajak

    walau ordernya pecah2
    ada stiker dinding , baju , senter led , jack kabel , mainan, dan sendal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pagi agan . Semangat selalu .

      Dari yg saya tau , jika belanja menggunakan vendor yg ada di indonesia hanya membayar biaya belanja dan ongkos kirim . Beda jika agan langsung belanja dari website luar,
      Untuk proses yg agan maksud jika dibuat consol akan terkena BM , jika dibuat single tidak .

      Hapus
    2. Vendor ini apa punya layanan penitipan order mas.

      Maksudnya gini mas, saya kan gak punya ijin belanja grosir/importir. Nah si vendor ini apa punya ijin/akses yang bisa di pinjam. Jadi saya cuma nitip belanjaain barang. untuk masalah perijinan dan pengiriman vendor yang menangani ?

      Hapus
  36. Mas, bila saya mau impor kaos polos sebanyak 30 biji akan di tahan kah oleh bea?

    BalasHapus
    Balasan
    1. http://catatankecik.blogspot.co.id/2017/02/tips-membeli-pakaian-jadi-dan.html

      Hapus
  37. Balasan
    1. >10 pcs untuk semua item..? bagaimana dgn peralatan dapur lainnya...contoh: botol air, teko..

      @HK Maintenance

      Hapus
    2. Sepertinya kena gan .

      Coba agan baca baca .

      Peraturan Menteri Perdagangan
      nomor 36/M-DAG/PER/7/2013
      tentang Ketentuan Impor Bahan
      Baku Plastik .
      - IP-Bahan Baku Plastik atau
      - Persetujuan Impor Bahan Baku Plastik .

      Hapus
  38. HK Maintenance pak, apa barang yg di bwh $100, butuh untuk memperlihat kan NPWP kita..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika dibutuhkan untuk kelengkapan document berikan saja gan , guna mencocokan nama dan alamat serta id npwp yg tercantum .
      Demikian yg saya tau .

      Hapus
  39. Mau tanya dong gan, kemaren tgl 17 Oktober 2017 ane order sepatu lewat online shop dari luar, harga barang asli lebih dari 100$, tapi waktu itu lagi diskon jadi di bawah 100$, sudah ane beli dan check out total sampai indonesia sekitar 92$, yang saya tanyakan apa nanti kena pajak,dan apakah yg di hitung berdasarkan nilai barang aslinya sebelum diskon atau nilai barang sesudah diskon? Ini aku track sih masih di Jakarta dengan status departure from inward Oe adpis 002951 dan sampe sekarang blm berubah statusnya dari tgl 23okt ketika sampe Indonesia, kemungkinan lama tidak di kirim ke kota Surabaya? Thank you

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diskon dapat mengurangi harga barang impor sepanjang diskon tersebut berlaku umum dalam perdagangan. Jadi nanti yang dilihat harga setelah dikurangi diskon.

      Hapus
  40. Kalau saya bawa sepatu bekas 50 psg di dalam koper dan tas,, kena bea masuk gak om?? saya di perbatasan indonesia-kuching,, jadi cuma pake bus lintas negara.. mohon informasinya om

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada beberapa yang harus diketahui:
      Pertama barang bekas tidak boleh dibawa masuk/ diimpor;
      Kedua barang impor berupa sepatu atau alas kaki merupakan barang yang dibatasi impornya, untuk barang penumpang dibatasi maksimal senilai $1500, selebihnya harus memenuhi ketentuan tata niaga impor, seperti API dan LS;
      Ketiga apabila Bapak merupakan penduduk yang tinggal di perbatasan dengan Malaysia, mendapatkan pembebasan bea masuk sampai dengan 600 ringgit malaysia untuk jangka waktu 1 bulan.

      Hapus
  41. Malam mau bertanya , kalau lusa kemarin sy pesan sepatu dari luar sekitar 65 poundsterling dan itu sudah dlm pengiriman . Lalu hari ini sy mau memesan lagi hrgany sekitar 75 poundsterling . Itu nanti dijadikan ditotal dan lebih dri 100 dollar dikenakan atau 1 hari max 100 USD ya?? Mohon bntu jawab makasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak mas, nilai pabean yang dibebaskan paling banyak FOB USDl00.00 (seratus United States Dollar) untuk setiap Penerima Barang per kiriman.

      Hapus
  42. Assalamualaikum.

    Saya ada paket harga: US $81, ongkir: $12.50, non NPWP.
    Berapa Bea masuk yg harus saya bayar untuk negara.

    Mohon rekan² bantuannya.

    Terima kasih,

    Makmur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalakum salam Mas.. Kalo harganya dibawah $100 gak kena bea masuk sama pajak.

      Hapus
  43. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  44. @ HK Maintenance, mlm numpang nanya, klo barang elektronik, contoh nya: solder,mesin uap. kanada elektronic nya, boleh ga ya? atau akan kena cek SNI dan sebagai nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari hal yg saya tau .
      Ada pengecualian jika value dibawah 1500 $ .

      Hapus
    2. sori, klo bicara soal quantity..? apa ada max nya?
      thank you, bantuan nya...

      Hapus
  45. jika order 100 pieces, harga usd 0.95 / pcs. total usd95.
    apakah kena bea?

    BalasHapus
  46. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  47. Mohon pencerahannya Min!!! Misalkan sy beli barang 10 jenis barang dengan 10 invoice juga,tapi nilai keseluruhan tdk melebihi 100 dollar.Apakah akan dikenakan pajak bila semuanya tiba di hari yang sama???

    BalasHapus
  48. kamera kuno dari ebay bisa masuk ga?? harga ga sampe 100$

    BalasHapus
  49. Bantu jawab aja. Jenis barang bekas termasuk lartas(dilarang oleh bea cukai). Barang akan ditahan saat masuk indonesia atau di kembalikan ke penjual.

    BalasHapus
  50. mlm, numpang tanya, klo brng elektronik,beli lebih dari 10 pc, apa boleh..? misalkan, charger HP, alat solder.. klo pakaian kan mentok di 10 pcs

    terima kasih atas bantuan nya

    BalasHapus
  51. Gan saya mau tanya, saya baru saja membeli barang ( suplemen )di uk dan saya sudah membayar dengan ongkos kirim, tetapi kemarin saya baru dapat kabar dari si penjual barang saya di tahan oleh cukai malaysia karena mereka bilang melakukan custom agar barang di tarnsit di malaysia lalu dikirim menggunakan tnt dari malaysia ke indonesia agar di indonesia tidak terkena cukai, apakah hal tersebut memang bisa dilakukan?? Saya belum membayarnya karena saya merasa ada yang janggal dan ini kali pertama saya membeli barang di luar negri jadi saya masih mencari informasi sebelum membayar biaya tersebut dan si penjual bilang semua harus di bayar kepada dia dan dia akan bayar ke perusahaan pengiriman yang dia gunakan kemudian perusahaan tersebut yang membayar ke ke tnt ekspres di malaysia kemudian pihak tnt yang membayar cukai di malaysia dan barang akan dikirim ke rumah saya langsung tanpa membayar lagi cukai di indonesia.

    Apa benar hal tersebut bisa dilakukan yang dia bilang dia meng custom impor jadi bisa dilakukan seperti itu, mohon penjelasannya.

    Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sy bantu jawab yah... sy pernah beli suplemen jg dari UK.. pas brng sampe di indo, beberapa hr kemudian dapet surat dari bea cukai pasar baru.. dan sy ke kantor nya, alhasil suplemen itu ternyata di larang gan... semua yg termasuk suplemen lah pokoknya...

      untuk kluar in ada kemungkinan bs, cuma proses nya ribet.. salah satu nya kt harus ke BPOM..

      u tau sendiri deh di indonesia.. ngurusin gitu-an bisa minimal 1 -2 bln...

      saran sy sih, lupakan sy paketmu... but good luck klo mau coba

      Hapus
    2. Mulai 15 januari 2018 impor brg kiriman dan bawaan penumpang berupa supplement, obat2an (dll. Baca perka 30 th 2017) utk konsumsi pribadi Dan tdk diperjualbelikan diperbolehkan, dg mengisi formulir yg disediakan.

      Hapus
    3. untuk saat ini peraturan beacukai telah di perbaharui dan terdapat pengecualian khusus untuk paket-paket tertentu yang di indikasi terkena lartas BPOM melalui lampiran pemberitahuan pemasukan obat dan makanan melalui jasa pengangkutan untuk keperluan pribadi yang nanti di ajukan ke Balai pengawas obat dan makanan salemba untuk mendapat persetujuan oleh kepala BPOM salemba.

      sementara untuk proses custom di negara lain tidak dibenarkan atau dapat di indikasi sebagai penipuan transaksi elektronik. beacukai indonesia akan selalu menerbitkan bukti penerimaan negara atau faktur pajak ketika menerima pembayaran pajak dari importir

      perihal pajak bukan ditentukan dari negara pengirim namun nilai dari paket yang di import. apabila lebih dari 1500 USD wajib di proses dengan PIB ( perusahaan ) / PIBK ( personal / perorangan )

      Hapus
  52. gan mau tanya...hitungan pajak itu sudah sama ongkos atau cuma nilai barang aja untuk aturan yg baru....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk menghitung pajak, maka harus dicari dulu nilai pabean CIF. Gampangnya Nilai barang + asuransi + biaya angkut. Silahkan baca kalkulator pabean.

      Hapus
    2. perhitungan pajak yaitu : harga barang(FOB) + ongkir ( Freight ) = Cost and freight x 0.5 % ( Insurance ) = CIF ( cost insurance freight ) untuk menentukan nilai freight diperoleh dari perhitungan tarif IATA ( international air transport asociation )

      setelah itu baru di kurs kan dalam rupiah sesuai dengan kurs pada saat kedatangan barang di pelabuhan bongkar / pecah pos

      Hapus
  53. sorry gan mau tanya, ada yang bisa jelasin hal pertama yang dilakukan untuk ekspor barang skala besar, minimal satu container. Soalnya mau ekspor skala pabrik. Jika ada yang berkenan tolong kasih link atau ada yang punya file nya.
    atau bisa chat via email.
    Makasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Googling aturan Tata laksana kepabenan di bidang ekspor..

      Hapus
    2. https://peraturan.beacukai.go.id

      Hapus
  54. Halo pak. Tolong tanya mengenai membeli barang yang terkena aturan LARTAS. Saya membeli ban sepeda di Jerman dan dikirimkan melalui DHL. Nilai barang sekitar 40 Euro dan pengiriman 20 Euro. Total 60 Euro. Saat ini barang berada di Bea Cukai dan terkena LARTAS sudah 1 minggu. Akan tetapi pihak kurir DHL belum menghubungi saya.

    1. Apakah biasanya pihak kurir DHL akan mengurus perihal pengurusan barang yang terkena aturan LARTAS?
    2. Apakah harus diurus sendiri? Jika ya, bagaimana caranya.

    Sekian, sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih atas pencerahannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diurus sendiri mas.. krn Anda importirnya.

      Hapus
    2. di coba call ke cs nya DHL saja.mungkin shpr tidak mencantumkan nomor tlp penerima atau email...

      pihak importir berhak melakukan pengurusan sendiri proses clearance dengan melalui PPJK ( perusahaan penyedia jasa kepabeanan ) untuk lartas tidak pernah pihak PJT melakukan pengurusan ijin lartas, importir yang wajib mengurusnya. apabila keberatan dapat datang langsung ke PLI Beacukai dimana tempat paket tersebut pecah POS ( tiba )

      Hapus
  55. mau nanya kenapa pejabat bea cukai membutuhkan waktu lama sekali untuk menetukan FOB ( 1 minggu ) padahal kan sudah ada di invoice nya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya mungkin menetapkan tarif dan nilai pabean. Dalam UU Pabean penetapan tarif dan nilai pabean itu dilaksanakan paling lama 30 hari.. Menurut say penetapan Bea Cukai utk brg kiriman itu sudah sangat cepat. Coba lihat status penanganan barang, berapa lama Bea Cukai melakukan penanganan barang Anda. Banyak pihak yg terlibat dlm penanganan brg kiriman, spt pihak airlines dan penyelenggara POS.

      Hapus
    2. tergantung jasa pengiriman yg digunakan, kalau pos memang lama. namun untuk jasa pengiriman swasta rata2 1-3 hari dan dapat di lacak di www.beacukai.go.id/barangkiriman

      Hapus
  56. Mohon info, adakah batasan jumlah impor HP melalui website semisal gearbest, aliexpress, ato alibaba lewat kantor pos? boleh kah lebih dari 2 unit dalam sekali pengiriman ke Indonesia?Makasih

    BalasHapus
  57. #ask mas
    Saya pengen impor tempered glass buat hp 20pcs, dan jumlah total kurang dari 100usd. apakah jumlah maksimal pcs barang impor adalah 10pcs? Dan apakah tempered glass termasuk barang lartas? Terimakasih

    BalasHapus
  58. Maaf pak. Kadang saya beli barang di gearbest dan aliexpress. Numpang tanya. Apa benar sekarang untuk belanja online dari luar perbulan hanya boleh terima barang impor 1x saja? Dan tiap impor max hanya 3pcs.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu untuk barang impor kiriman berupa mainan untuk umur 14 tahun kebawah..

      Hapus
    2. untuk barang kiriman tidak dibatasi berapa kali dalam 1 bulan. mohon di siapkan hs code nya agar tidak terkena ijin SNI saja

      Hapus
  59. Permisi Bapak, mau nanya..
    perihal jasa handling oleh Kantor Pos kalo kita ada pengiriman dari luar negeri yg lebih dari $ 100 dollar itu tarifnya berapa? dan apakah ada tarif lain selain jasa handling dan pajak? terima kasih atas jawabannya

    BalasHapus
  60. Permisi mau tanya, saya impor spedometer dan karburator masing" 10pcs,dan harga tiap invoice di bawah $100, apakah barang tersebut terkena pembatasan seperti baju?

    BalasHapus
  61. Pak mohon bantaun,
    Saya ingin membeli barang dari e-commerce aliexpress berupa laser modul http://s.aliexpress.com/NJrIfM7n?fromSns=Copy
    Barang tersebut HS CODE bepara? Saya coba cari masih bingung,
    Apakah barang tersebut termasuk lartas, dan apakah perlu ijin2. Harga barang skitar US$65
    Terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
  62. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  63. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  64. permisi mau tanya. kalau harga barang <$100 bebas pajak. tetapi maksimal jumlah pcsnya berapa ya untuk barang non lartas?
    ijin apa saja yang diperlukan untuk impor barang non lartas?

    BalasHapus
  65. Mau tanya, klo hasil tracking kaya gini maksudnya gmn ya? Itu ada FOB BC= USD 50 maksudnya gmn, soalnya invoice kurang dr usd 100.


    HASIL PENCARIAN BARANG KIRIMAN
    Pemberitahu PT. POS INDONESIA (PERSERO)
    Penerima ****
    Pengirim NN
    See Less
    INFORMASI NOMOR BARANG
    No Barang/AWB/Resi RB45******SG (FOB BC= USD 50)
    Tgl AWB 2018-02-05
    TAGIHAN BILLING - TIDAK DITEMUKAN
    HISTORY STATUS
    2018-02-09 10:53:53.0 305 PERMINTAAN DOKUMEN OLEH PEJABAT BEA CUKAI :
    bukti bayar/transfer dataidokumen pendukung transaksi npwp email bc.pos.solo@gmail.com
    2018-02-09 10:53:30.0 205 PENELITIAN OLEH PEJABAT BEA CUKAI
    2018-02-07 17:44:08.0 206 LAPORAN PEMERIKSAAN TELAH DIREKAM
    2018-02-07 17:44:07.0 307 BARANG AKAN DIPERIKSA FISIK, MENUNGGU PENYIAPAN BARANG OLEH PENYELENGGARA POS
    2018-02-07 17:44:07.0 102 BARANG TELAH MELALUI PEMINDAI (X-RAY)
    2018-02-05 17:43:57.0 203 SELESAI VALIDASI SISTEM BEA CUKAI
    2018-02-05 17:43:57.0 202 PROSES VALIDASI SISTEM BEA CUKAI
    2018-02-05 17:43:57.0 201 CEK DATA WAJIB SELESAI
    2018-02-05 17:43:57.0 100 DOKUMEN DITERIMA UNTUK DIPROSES BEA CUKAI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah... barang udah diterima saya ambil sendiri ke BC, dan ga kena pajak, masih dibawah 100

      Hapus
    2. Kemaren bea cukai minta persyaratan apa aja mas/mba? Sy juga lagi diperiksa fisik, mau siap2 aja kalo2 kejadian ky gini juga.. Makasih!

      Hapus
    3. Apa aja syaratnya untuk kasus seperti berikut

      Hapus
    4. mau tanya ini langsung dateng aja ke kantorpos BC nya mas? prosesnya gimana? saya juga mengalami hal yang sama

      Hapus
  66. INFORMASI NOMOR BARANG
    No Barang/AWB/Resi RF*********SG (FOB BC= USD 20)
    Tgl AWB 2018-07-09
    TAGIHAN BILLING - TIDAK DITEMUKAN
    HISTORY STATUS
    2018-07-11 11:20:21.0 305 PERMINTAAN DOKUMEN OLEH PEJABAT BEA CUKAI :
    1. Faktur pembelian; 2. Bukti transfer; 3. NPWP a.n. penerima barang Kirim melalui surat atau email ke bcpospekanbaru@gmail.com dengan subject NPD#NO.TRACKING jika dalam waktu 14 hari sejak diterbitkannya Nota ini tidak mengajukan data barang tersebut, maka barang kiriman tersebut akan ditetapkan Bea Masuk dan Pajak Dalam Rangka Impornya.
    2018-07-11 11:19:56.0 205 PENELITIAN OLEH PEJABAT BEA CUKAI
    2018-07-11 11:15:09.0 206 LAPORAN PEMERIKSAAN TELAH DIREKAM
    2018-07-11 11:15:07.0 307 BARANG AKAN DIPERIKSA FISIK, MENUNGGU PENYIAPAN BARANG OLEH PENYELENGGARA POS
    2018-07-11 11:15:07.0 102 BARANG TELAH MELALUI PEMINDAI (X-RAY)
    2018-07-09 14:29:51.0 203 SELESAI VALIDASI SISTEM BEA CUKAI
    2018-07-09 14:29:51.0 202 PROSES VALIDASI SISTEM BEA CUKAI
    2018-07-09 14:29:51.0 201 CEK DATA WAJIB SELESAI
    2018-07-09 14:29:51.0 100 DOKUMEN DITERIMA UNTUK DIPROSES BEA CUKAI

    Saya juga ngalami seperti ini. Saya bingung nih maksudnya gimana? Saya di bantu teman waktu mesennya. Barangnya cuma smartban cina. Kenapa ya kok g ada faktur pembeliannya di barang. Saya kira barang dibawah $100 jadi g perlu simpan bukti perlunya cuman nomor resi untuk cek.

    Jadi apa aja yg perlu yah kalo kasusnya kayak saya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya ngalamin kayak gini juga mas/mba. jadinya gimana, harus dibawa langsung apa gimana?

      Hapus
  67. kok ud 4 hari status pesanan saya tidak berubah ya ,masih BARANG AKAN DIPERIKSA FISIK, MENUNGGU PENYIAPAN BARANG OLEH PENYELENGGARA POS .. kalo status seperti ini , tunggu saja atau gmn ? thx

    BalasHapus
  68. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  69. Perkenalakan kami PT. Astro Pasifik Logistik perusahaan forvader yang bergerak di bidang jasa Export/Import, Door to Door (borongan), Undername, Custom clearane via laut atau udara, juga pengiriman domestik utk barang cairan via udara.
    Untuk info lebih lanjut dapat menghubungi kami:

    Rizal
    PT. Astro – Pasifik Logistik
    T : +6221 551 8073/5577 1083
    F : +6221 551 8073
    Mobile. 0812 8824 1527
    www.astro-pasifik.co.id

    BalasHapus
  70. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  71. Bagaimana cara buat/ proses consignment note? Apakah harus ke PJT?

    BalasHapus
  72. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  73. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  74. saya berencana beli barang dari china ,kalau misal barang ada 4 macam tp masih di bawah 75 USD kena pajak atau tidak ya gan?barang dikirim di hari yg sama.

    BalasHapus
  75. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  76. Agen Judi Poker Online terbaik Indonesia deposit pulsa telkomsel dan XL tanpa potongan hadir memberikan layanan taruhan permainan kartu online hingga 11 jenis permainan. Rating kemenangan tertinggi tanpa adanya robot serta admin. Daftar Poker Online

    11 Permainan Dalam 1 Akun
    * Poker
    * DominoQQ
    * Bandar Ceme
    * Ceme Keliling
    * Capsa Susun
    * Super10
    * Omaha
    * Blackjack
    * Superbull
    * Capsa Susun (New Versi)
    * QQ Spirit

    Promo Terbaru MuseumPoker
    - Bonus Deposit Harian
    - Deposit Via Pulsa Telkomsel & XL / Axis
    - Bonus Deposit New Member 20%
    - Bonus Mingguan 0.5%
    - Bonus Jackpot

    poker online deposit pulsa tanpa potongan
    situs poker via dana
    poker pulsa tanpa potongan
    Daftar Club388

    BalasHapus
  77. Mari Bergabung Di situs online judi kami sekarang juga kalau tidak sekarang kapan lagi bos ku !!

    Yuk buruan daftarkan bos ku !!

    Dimana Setiap Member Baru Mendapatkan Promo Bonus Deposit Sebesar 15% Pada Deposit Pertama.

    Berlaku Untuk Semua Permainan Slot Online Yang Lengkap Tersedia Di Bvgaming. Lebih Dari 10ribu Permainan Slot Dapat Anda Mainkan Hanya Dengan Menggunakan 1 Account Saja !

    Untuk Informasi Selengkapnya, Bisa Hubungi Cs BvGaming ya..
    Whatsapp : +62812-2222-995

    BalasHapus
  78. Daftar Akun Judi Bola Online Dapatkan Bonus Bergabung 10% Langsung!

    Promo Undian Tahun Baru Bolavita 2022

    Total Hadiah 50 Pemenang

    Hadiah Utama
    1.Laptop MSI GF63 Thin 10UC
    2.Tab Samsung Galaxy S6 lite
    3.Headphone JBL Club 700
    4.Mi Air purifier hepa
    5.Mi Smart Air Fryer 3.5L
    Hadiah Hiburan
    6 - 10 Headset JBL Live 200 BT
    11 - 29 voucher pulsa 100.000
    30 - 50 voucher pulsa 50.000

    Menerima Deposit Via PUlsa, E-money ( OVO, DANA, GOPAY, LINKAJA)

    DAFTAR Sekarang JUGA

    Manfaat dan Khasiat Air Kelapa Untuk Ayam Aduan Bangkok

    LINK DAFTAR : Daftar Sabung Ayam Online Gratis

    Kontak WHATSAPP : 0812-9739-2623

    BalasHapus

Popular Posts