Senin, 12 Desember 2016

Aturan Baru Barang Kiriman dari Luar Negeri (PMK 182 - 2016)

Beberapa hari kemaren telah diundangkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 182/PMK.04/2016 tentang Ketentuan Impor Barang Kiriman. Peraturan yang akan berlaku 60 hari sejak tanggal 29 November 2016 tersebut menggantikan peraturan sebelumnya yang mengatur impor barang kiriman, yaitu Pasal 23 sampai dengan Pasal 31 Peraturan Menteri Keuangan Nomor 188/PMK. 04/2010 tentang Impor Barang yang Dibawa oleh Penumpang, Awak Sarana Pengangkut, Pelintas Batas dan Barang Kiriman.

Banyak perubahan yang mendasar dari aturan sebelumnya. Saya coba telaah dan sederhanakan melalui uraian tulisan berikut ini:

PERBEDAAN MENDASAR

Perbedaan mendasar dari ketentuan yang mengatur sebelumnya adalah mengenai kewajiban atas pembayaran bea masuk dan pajak impor serta nilai pembebasan yang diberikan. Peraturan ini menurut saya lebih menguntungkan bagi Anda, namun juga lebih jelas beban dan tanggung jawab yang ditanggung oleh si pemilik barang.

KEWAJIBAN MEMBAYAR

Untuk aturan baru ini, pihak Pos/PJT atau saya singkat pihak Pos yang bertanggung jawab atas kewajiban pembayaran bea masuk dan pajak impornya atas barang yang masih dalam batas yang ditentukan. Pihak Pos lah yang nantinya berhubungan langsung dengan Bea Cukai berkaitan dengan barang kiriman Anda. Sedangkan, Anda nanti hanya berhubungan dengan pihak Pos yang menangani barang kiriman Anda jika nilainya masih dalam batas yang ditentukan.

PEMBEBASAN BEA MASUK LEBIH TINGGI MENJADI FOB $100, SERTA PEMBEBASAN CUKAI

Yang menarik dari aturan baru ini adalah mengenai jumlah pembebasan barang kiriman yang diberikan oleh Bea Cukai untuk Anda. Semula Bea Cukai memberikan pembebasan bea masuk sebesar FOB $50 setiap penerima barang per kiriman, sekarang menjadi FOB $100 setiap penerima barang per kiriman.

Namun disini ada perbedaan dari perhitungan sebelumnya. Jika dulu barang yang melebihi pembebasan akan dikenakan bea masuk dan pajak impor atas kelebihannya, sekarang atas barang kiriman yang melebihi nilai pembebasan (FOB $100) akan seluruhnya dikenakan bea masuk dan pajak impor. Hehe lebih longgar pembebasannya, namun kalo lebih ya dibea semua (baik tapi teges kan??).

Untuk barang kiriman berupa barang kena cukai diberikan pembebasan bea masuk, cukai, dan/atau pajak dalam rangka impor untuk setiap Penerima Barang per kiriman dengan jumlah paling banyak: 40 (empat puluh) batang sigaret, 10 (sepuluh) batang cerutu, atau 40 (empat puluh) gram tembakau iris/hasil tembakau lainnya; dan/ atau 350 (tiga ratus lima puluh) mililiter minuman yang mengandung etil alkohol. Kalau lebih dari 1 (satu) jenis, pembebasan bea masuk dan cukai diberikan setara dengan perbandingan jumlah per jenis hasil tembakau tersebut. Dan kalau jumlahnya lebih, atas kelebihan barang kena cukai tersebut dimusnahkan oleh Pejabat Bea dan Cukai dengan disaksikan Penyelenggara Pos yang bersangkutan.

DOKUMEN DASAR PERJANJIAN PENGIRIMAN BARANG

Oh ya, Bea Cukai dalam hal ini akan selalu berpedoman pada Dokumen Pengiriman Barang atau yang disebut dengan Consignment Note yang diberikan oleh pihak Pos.Dokumen ini memiliki kode CN- 22/CN-23 atau dokumen sejenis yang merupakan dokumen perjanjian pengiriman barang antara pengirim barang di luar negeri dengan Penyelenggara Pos untuk mengirimkan Barang Kiriman kepada Penerima Barang di dalam negeri.

Apabila dari hasil penelitian ternyata barang Anda memiliki nilai diatas FOB $1500, maka pihak Pos akan memberitahukan Anda agar membuat dokumen impor sendiri, yaitu berupa Pemberitahuan Impor Barang Khusus (PIBK). Nanti dokumen PIBK ini dikuasakan ke Pos dan diserahkan ke Bea Cukai. Dan Anda sendiri yang menghitung bea masuk dan pajak impornya serta kewajiban pemenuhan ketentuan larangan dan pembatasan atas barang kiriman tersebut.

PEMERIKSAAN PABEAN SIMPEL DENGAN MANAJEMEN RISIKO, DAN PENERAPAN SATU TARIF BEA MASUK 7.5%

Seperti biasa Bea Cukai dengan manajemen risiko akan melakukan pemeriksaan pabean atas barang kiriman Anda.
  • Melakukan pemeriksaan fisik yang disaksikan oleh pihak Pos.
  • Barangnya sampai dengan FOB $100, maka diberikan persetujuan pengeluaran.
  • Barangnya lebih dari FOB $100 s.d. FOB $1500, maka melalui pihak Pos akan memberitahukan Anda mengenai dokumen pelengkap yang Anda punya, sebagai dasar pengenaan bea masuk dan pajak impor serta pemberitahuan kepada Anda mengenai kewajiban pemenuhan larangan dan pembatasan atas barang tersebut. Atas barang ini dikenakan tarif bea masuk sebesar 7.5% kecuali untuk barang kiriman berupa buku ilmu pengetahuan. Bea Cukai akan mengeluarkan dokumen Surat Penetapan Pembayaran Bea Masuk, Cukai, dan/ atau Pajak (SPPBMCP) yang merupakan dasar pembayaran bea masuk dan pajak impor serta merupakan persetujuan pengeluaran barang. Disini pihak Pos yang membayar bea masuk dan pajak impornya yang terutang, dan Anda yang membayar ke pihak Pos nya termasuk biaya handling dan packing ulang serta biaya lainnya yang dikenakan pihak Pos.
  • Barangnya lebih dari $1500, Bea Cukai melalui Pos memberitahukan Anda agar menyampaikan PIBK atau Pemberitahuan Impor Barang (PIB) apabila penerima barang merupakan badan usaha (bukan perseorangan). Anda hitung dan bayar sendiri bea masuk dan pajaknya dan kalau tidak ada Surat Penetapan Tarif dan Nilai Pabean (SPTNP) dari Bea Cukai berarti barang Anda boleh dikeluarkan, dan jika ada SPTNP maka bayar dulu jika terjadi kekurangan.
PENGAJUAN KEBERATAN

Penerima Barang dapat mengajukan keberatan secara tertulis kepada Direktur Jenderal terhadap penetapan Pejabat Bea dan Cukai dengan dilampiri data dan/ atau bukti yang mendukung alasan pengajuan keberatan.

--

Mungkin sampai di sini dulu ulasan dari saya mengenai barang kiriman dari luar negeri. Tulisan lain termasuk Kalkulator Bea Masuk dan Pajak Impor akan saya usahakan sudah disesuaikan dengan ketentuan ini, sehingga dapat memudahkan Anda untuk memperkirakan besarnya pungutan atau biaya yang dikeluarkan atas barang kiriman Anda. Terima kasih..

41 komentar:

  1. Halo,
    Trims info, mohon di jelaskan cara menghitung pajak impor sebagai contoh nilai CIF : $101.
    wassalam.
    Bin Jakfar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan baca tulisan saya tentang kalkulator bea masuk dan pajak impor..

      Hapus
    2. maaf tulisannya kurang jelas, karena ga ada contohnya. mohon kasih contoh jika ada pembelian barang 150$. berapa total yang harus dibayar?

      Hapus
  2. Bagaimana pemberlakuan pembelian yang terjadi sebelum tanggal berlaku perubahan aturan pajak import (sblm tanggal 28 jan 2017)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelum perberlakuan tentu tetap menggunakan PMK 188, pembebasan fob $50, kelebihan nya dipungut bea masuk dan pajak impor..

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  3. Info yang selalu membatu & bermanfaat dari Bang Muparrih Mahfud.. Sukses sehat selalu Bang.. tampaknya saya akan tanya2 juga lain waktu

    BalasHapus
  4. Halo pak selamat malam apakah untuk mengimpor mesin sepeda motor bekas di perbolehkan pak?

    BalasHapus
  5. Baru aja kejadian. Beli parts mobil via aliexpress. Kirim pake DHL. Total harga barang plus shipping USD 97.00. Ternyata kena tax. Sempet agak ngotot sama orang DHL via tlp, karena saya menanyakan knp barang blm diantar sementara status di website DHL brang sudah di tangan kurir, pihak DHL menjelaskan bahwa barang saya terkena tax.
    Akhirnya saya coba download dan baca PERATURAN MENTERI KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 182/PMK.04/2016 TENTANG KETENTUAN IMPOR BARANG KIRIMAN dan PERATURAN DIREKTUR JENDERAL BEA DAN CUKAI NOMOR PER-02/BC/2017 TENTANG PETUNJUK PELAKSANAAN IMPOR BARANG KIRIMAN. Ternyata dari kesimpulan yang saya baca, peraturan baru ini efektif kira2 pertengahan tahun 2017. Mungkin bisa sebagai masukan. Terima kasih.

    BalasHapus
  6. Kesimpulan ini saya ambil setelah membaca PERATURAN DIREKTUR JENDERAL BEA DAN CUKAI NOMOR PER-02/BC/2017 TENTANG PETUNJUK PELAKSANAAN IMPOR BARANG KIRIMAN pada halaman 33 BAB VII tentang KETENTUAN PERALIHAN pasal 32.

    BalasHapus
  7. Hallo Pak, kalo barang yang diimpor lebih dari 100kg dan tidak mempunyai API gimana Pak.
    apakah barang tidak bisa dikeluarkan dari bea cukai?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di PMK 182 ini sudah tidak melihat weight tpi lebih melihat value , akan tetapi weight lebih diberatkan ke Cost Insurane dan Freight .
      Logicanya , value $10 berat sampai 100Kg , PDTT akan menghitung ulang untuk biaya cost dan freightnya .

      Hapus
  8. Ini peraturannya udah berlaku belum ya mas ? Aku ada beli album total + shippingnya usd90an tp ttep kena, padahal kan udh lewat 60hari dari 29 Nov 2016 ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sharing pengalaman. Sy juga pake D*L tetap kena. Katanya D*L di jakarta baru berlaku tgl 27 april 2017. Sedangkan PT Pos dari januari sudah berlaku. Menurut pihak D*L tergantung lg masing2 jasa pengiriman kapan mereka siap implementasiinnya. Dan tiap2 kota bisa beda2 kapan mulai berlakunya. Karena katanya D*L batam dan surabaya 1 april sdh berlaku. Paling bener pake pt pos krn dari akhir januari sudah berlaku.

      Hapus
  9. Kira kira kapan tuh permen berlaku min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf hanya bantu info, PMK ini brlaku mulai tgl 27 April 2017 :)

      Hapus
  10. Kalo belanja gak nyampe 10 dollar dari china kena bea juga ya? Tadi Pak Pos mau antar bilang biayanya 20rbu rupiah. Mohon penjelasannya.. trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya bantu jawab, 20rb itu adalah tarif bungkus ulang dll. bukan termasuk pajak. jika sblmnya bea lalu bea bungkus ulang sekitar 3000-10000, sekarang naik tarif flat semuanya menjadi 20rb. tdk ada 3rb 7rb 10rb lgi.

      Hapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Sedikit masukan .
    Untuk para importir jika membeli barang dari luar dengan value >100 s/d <1500 dikekanan ke CN Duty , yang artinya kena tax yg didebankan ke importir ,
    Jika tidak mencantumkan NPWP dikenakan 20% , jika ada 10% .
    Catatan penting ..
    Soal HS yang terkena lartas , karna itu bisa menyebabkan barang akan lama diterima oleh penerima, karna akan terkena jalur merah .
    Untuk deskripsi barang dan pemilihan hscode minta agar shiper berhati" sebelum mengirim ke indonesia .
    Untuk yg <100 insya allah aman jika barang tersebut masih dibawah maxsimum dan jelas uraian barang and CIF secara logika .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk para importir jika membeli barang dari luar dengan value >100 s/d <1500 dikekanan ke CN Duty , yang artinya kena tax yg didebankan ke importir ,
      Jika tidak mencantumkan NPWP dikenakan 20% , jika ada 10% .
      >>>>>> tax pph impor 10% (ada NPWP)dan 20% (tanpa NPWP) ini sebenernya aturan dari mana ya??
      saya sudah coba baca2 aturan PMK yang disebut2 tapi koq gak nemu yaa... biasa bayar pph 2.5% sekarang bayarnya 10% (nangis bombay nih)

      Hapus
  13. bang saya mau beli jam tangan seharga $4.89 (Rp.66.015) sebanyak 10 buah

    $4.89 x 10 = $48.9 (Rp.660.150)
    ongkir $1.26 (Rp.17.010)

    $48.9 + $1.26 = $50.16(Rp.677.160)

    apa nanti bisa kena pajak?
    tolong jelaskan Jumlah & Berat maksimum yang diperbolehkan agar tidak terkena pajak..terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya udah bebas bea masuk klo cuma segitu gan.

      Hapus
  14. Pak tolong tanya mungkin Bapak tahu kalau misalnya mau masukkan kursi mobil bekas untuk orang cacat, belinya lewat ebay, dan harga nya di atas USD 100 tapi di bawah USD 1500 bagaimana itu? Kena pajak 7.5% ya? Apakah diperbolehkan import barang bekas untuk orang cacat? Terima kasih

    BalasHapus
  15. Mau tanya kalo barang impor berupa kaos kaki lebih dari 10 pasang, apakah bisa minta surat izin lebih dari ketentuan 10 barang?

    BalasHapus
  16. Yah , Harus Menggunakan IJIN ,karna lebih dari batas letentuan, karna untuk personal max hanya 10 Pcs , solusinya di split .
    Dengan nama yg berbeda tpi alamat yg sama .
    Trakhir kemarin , saya sangat kasihan ada importir import kaos kaki sampai 16Kg , walhasil barang tidak bisa dipakai karna kena lartas .

    BalasHapus
  17. Dear Daisy .
    Riques kepada penjual di ebay untuk tidak menggunakan Kata REPAIR atau sejenisnya seperti menunjukan barang Bekas ,
    Karna sangat sulit .
    Dan pastikan Deskripsi barang yang simple tapi tidak terlalu mencolok .
    Pilih hscode yang tidak kena Lartas .
    Untuk BM sudah flate menjadi 7.5% , untuk pph jika mbak tidak menelpon broker di indo dan tidak melampirkan NPWP akan dikenakan 20% dari totaltax .
    Jika melampirkan NPWP menjadi 10% .

    BalasHapus
  18. Mau tanya pak saya beli sepatu dari website Size.co.uk ( UK ) seharga 130 poundsterling dan shippingnya 15 poundsterling.... Lalu saya telfon D*L, dan saya kena Pajak sebesar Rp 1.117.000 untuk pengambilan barangnya... Bagaimana bisa begitu ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba conversikan terlebih dahulu dari poundsterling ke USD , pastikan sudah terkena freight atau belum , pakai asuransi yg dibyar oleh shiper atau tidak . Jika barang mewah CIF diperhitungkan .

      Hapus
  19. Kebijakan tersebut ‎dalam rangka mendukung pelaksanaan Paket Kebijakan Ekonomi Jilid 14 untuk mendorong pertumbuhan e-commerce dan untuk meningkatkan efisiensi, kecepatan, akurasi, kemudahan perhitungan tarif, serta penelusuran barang kiriman.http://apa50.weebly.com/regulasi.html

    BalasHapus
  20. mau tanya, saya ingin membeli satu baju seharga 40 usd dan onkos kirim 30 usd, itu pajaknya bagaimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan telah menerbitkan aturan baru terkait impor barang kiriman, yaitu Perdirjen No. PER-2/BC/2017. Peraturan ini menetapkan kenaikan batas pembebasan bea masuk atas barang kiriman dari US$ 50 menjadi US$ 100.

      Dalam PMK-160/PMK.04/2010 tentang Nilai Pabean untuk Penghitungan Bea Masuk, ditetapkan bahwa nilai pabean untuk penghitungan bea masuk adalah dalam terminologi CIF (Cost, Insurance, Freight)

      Hapus
  21. Halo, numpang tanya dong...
    Saya pelajar di china yg sebelumnya dari Indonesia membawa 3 buah handphone, dan sama skali tidak membeli di luar negeri. Apakah saat saya pulang ke Indonesia handphone saya akan dikenakan bea?
    Ada teman saya yg menitipkan hp yg dia bawa dr Indonesia juga, apakah akan kena bea juga?

    Trima Kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya bantu jawab sebisa mumgkin...jika anda punya invoice pembelian atau yang membuktikan bahwa hp tersebut dibawa dari indonesia, kemungkinan tdk kena. jika tdk bsa membuktikan akan dikenakan sesuai aturan yg berlaku.

      Hapus
  22. Mas saya mau bertanya,
    Apakah pembebasan Bea masuk <$100 ituapakah per INVOICE atau tidak ?

    Contoh kasus: kalau misalkan saya membeli 3 item barang dari suplier yg berbeda ( 3 INVOICE ), dimisalkan Free Ongkir :

    Suplier A. 1 pcs x $40
    Suplier B. 1 pcs x $40
    Suplier C. 1 pcs x $50

    Total 3 INVOICE sebesar $130
    Apakah kasus diatas terkena pajak Bea masuk ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya bantu jawab,Jika 3 barang tersebut dikirim dengan 3 tracking number yang berbeda. sesuai aturan baru akan bebas pajak. jika dijadikan 1 dan hanya 1 tracking number akan dikenakan pajak.

      Hapus
    2. kalo paketnya datang di hari yang sama di kantor pemeriksaan bea cukainya maka semuanya akan ditotal.


      ini berdasarkan pengalaman dan penjelasan dari pihak bea cukainya.

      Hapus
  23. sy ada blanja di aliexpres,harga yg sy bayar sebesar $83..harga itu dari harga normal $130 yg didiskon..kira2 bakal kena pajak ga?

    BalasHapus

Recent Posts

Recent Comment

Popular Posts