Senin, 29 Januari 2018

Ketentuan Impor Barang Kiriman dan Bawaan Penumpang untuk Obat, Makanan dan Mainan

Dalam bulan ini ada 2 kabar gembira bagi shopaholic, terutama yang suka belanja obat dan makanan serta mainan anak-anak di luar negeri.

Sebelumnya mungkin banyak dari Anda yang tertahan barangnya, karena ternyata impor obat, produk biologi, obat tradisional, kosmetika, suplemen kesehatan dan pangan olahan, untuk barang kiriman dan barang bawaan penumpang tidak diperbolehkan. Dengan Peraturan Kepala Badan POM (Perka BPOM) Nomor 30 Tahun 2017 tentang Pengawasan Pemasukan Obat dan Makanan ke Dalam Wilayah Indonesia, maka impor barang bawaan kiriman dan bawaan penumpang atas barang tersebut diperbolehkan.

Impor barang berupa obat, produk biologi, obat tradisional, kosmetika, suplemen kesehatan dan pangan olahan yang diperbolehkan melalui barang kiriman dan bawaan penumpang adalah khusus untuk pemakaian sendiri atau pribadi, tanpa izin edar dari BPOM. Ketentuan ini membatasi untuk keperluan pribadi, tidak diperjualbelikan dan jumlahnya terbatas sesuai dengan kebutuhan. Anda diwajibkan mengisi formulir sebagaimana dalam lampiran Perka BPOM tersebut. Ketentuan ini mulai diberlakukan sejak 15 Januari 2018.

Sedangkan untuk impor mainan anak-anak (untuk umur dibawah 14 tahun), diperbolehkan tanpa kewajiban SNI, terhadap importasi melalui barang kiriman dan bawaan penumpang:

  • Maksimal 5 pcs per orang untuk barang bawaan penumpang melalui pesawat udara; 
  • Maksimal 3 pcs per pengiriman per 1 orang penerima per 30 hari untuk barang kiriman;
  • Apabila melebihi maka atas kelebihannya dikenakan SNI.

Lagi-lagi aturan tersebut berlaku khusus untuk keperluan pribadi dan tidak diperjualbelikan, sebagaimana dalam surat Direktur Jenderal Industri Kimia, Tekstil, dan Aneka Kementerian Perindustrian nomor 18/IKTA/1/2018 tanggal 22 Januari 2018.

6 komentar:

  1. QnC Jelly Gamat hadir untuk membantu Anda mengatasi varises secara alami, cepat dan aman. Informasi selengkapnya silakan kunjungi websitenya.. Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang kesulitan masalah keuangan ingin seperti saya.. Perkenalkan nama saya abdul rochman junaidy umur 38 tahun Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa Tumbal yaitu uang gaib karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar 785 juta saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa melunasi hutang saya. Secara tidak sengajah sewaktu saya buka-buka internet saya menemukan salah satu situs abah duihantoro saya baca semua isi situs beliau akhirnya saya tertarik untuk meminta bantuan kepada abah duihantoro. Awalnya sih memang saya ragu dan tidak percaya tapi selama beberapa hari saya berpikir, akhirnya saya memberanikan diri menghubungi abah duihantoro di nomer 085298463149 singkat cerita alhamdulillah beliau sanggup membantu saya melalui pesugihan uang gaib sebesar 2 milyard dan pada saat itulah saya sangat pusing memikirkan bagaimana cara saya berusaha agar bisa memenuhi persyaratan yg abah sampaikan sedangkan saya tidak punya uang sama sekali. Akhirnya saya keliling mencari pinjaman alhamdulillah ada salah satu teman saya yg mau meminjamkan uangnya akhirnya saya bisa memenuhi
      syarat yg abah duihantoro sampaikan.. singkat cerita selama 3 hari saya sudah memenuhi syaratnya saya dapat telpon dari abah untuk cek saldo rekening saya,, saya hampir pingsan melihat saldo rekening saya sebesar 2M 150 ribu rupiah. Singkat cerita bagi saudara(i) dimanapun anda berada jika anda menemukan pesan saya ini dan anda sudah berhasil mohon untuk di sebarkan agar saudara(i) kita yg diluar sana yg sedang dalam himpitan hutang atau ekonomi semua bisa bebas.. Jika saudara(i) ingin seperti saya silahkan konsultasi atau hubungi abah duihantoro di 085298463149 / whatsapp +6285298463149 sosok beliau sagat baik dan peramah dan sagat antusias membantu orang susah. Demi allah demi tuhan inilah kisah nyata saya abdul rochman junaidy semoga dengan adanya pesan singkat ini bisa bermanfaat sekian dan terima kasih...






      Hapus
  2. Ingin cepat pulih / sembuh setelah operasi caesar? Silakan kunjungi website kami dan temukan solusinya disini. Terimakasih..

    BalasHapus
  3. Dear Catatan Kecik, jika barang mainan yang dikirim atau dibawa telah berstandar SNI dari pabriknya di China apakah termasuk yang dimaksud oleh aturan tersebut?
    Terima kasih atas informasinya

    BalasHapus
  4. Ingin cepat sembuh setelah operasi caesar? Tidak perlu bingung, temukan tips-tips nya di website kami. Silakan kunjungi websitenya, Terimakasih.

    BalasHapus
  5. Sekarang kan bulan Haji, banyak masyarakat Indonesia yang berangkat haji, biasanya pas pulang sering bawa oleh2, apalagi kalau bekal kita banyak. Mungkin bisa beli banyak oleh2 utk dibawa pulang ke tanah air. Dan pesawat yang membawa jamaah pasti membatasi bawaan kita. Jadi berapa kg maksimal yg bisa kita bawa ke tanah air.

    BalasHapus

Recent Posts

Recent Comment

Popular Posts