Kamis, 22 Januari 2009

Menjual Produk Kepada Pembeli Institusional

Dalam konsep penjualan, produk yang dipasarkan perusahaan digolongkan kepada dua kelompok, yaitu kelompok produk konsumtif (consumer good and service) dan kelompok produk industrial (industrial good and service).

Ada beberapa ciri khusus penjualan produk kepada pembeli institusional, yaitu:
  1. volume dan nilai pembelian produk yang besar (high volume and value of purchases),
  2. Adanya permintaan turunan (derived demand),
  3. Adanya keputusan pembelian yang multi dimensi (multi buying dimention),
  4. Adanya multi sumber pasokan (multi sourcing),
  5. Adanya transaksi imbal balik (reciprocity), dan
  6. Adanya kunjungan sales engineers atau sales executives yang merupakan sarana utama promosi enjualan (sales calls are the key of promotional devicesi).


Ada enam tahapan dalam suatu proses pembalian produk industrial, yaitu:
  1. munculnya suatu kebutuhan,
  2. penyusunan spesifikasi produk,
  3. pemilihan calon pemasok,
  4. melakukan evaluasi surat penawaran,
  5. melakukan pemesanan produk dan melakukan evaluasi terhadap kinerja perusahaan pemasok.



Tidak ada komentar:

PERHATIAN: Untuk pertanyaan atau diskusi seputar barang kiriman dari luar negeri atau bagaimana membeli barang online di luar negeri, silahkan klik di SINI

Posting Komentar

Recent Posts

Recent Comment

Popular Posts