Kamis, 05 Juli 2012

Kalkulator Bea Masuk dan Pajak Impor

Tulisan ini tentang cara menghitung Bea Masuk (BM) dan Pajak Dalam Rangka Impor (PDRI) dengan menggunakan Alat Hitung Bea Masuk dan Pajak Impor yang saya sediakan di sebelah kanan pojok atas Blog ini (Kalkulator Bea Masuk dan Pajak Impor). Alat hitung tersebut saya buat dengan menggunakan pemograman sederhana javascript.

Kalkulator Bea Masuk dan Pajak Impor ini saya buat karena banyak para penerima barang kiriman dan para penumpang dari luar negeri yang bertanya perihal pungutan BM dan PDRI yang dilakukan oleh petugas Bea dan Cukai pada Blog saya dan Blog-Blog lain yang mengulas tentang Barang Kiriman, Penumpang dan lain sebagainya. Namun sepertinya masih banyak yang bingung dalam menggunakan kalkulator BM dan PDRI tersebut, untuk itu saya mencoba membuat manual booknya, sehingga bisa digunakan dengan mudah oleh siapa saja.


 Rumus dasar perhitungan BM dan PDRI adalah sebagai berikut:

Menghitung Bea Masuk:
Nilai Pabean = CIF (Cost/ FOB + Asuransi + Freight) x kurs, apabila menggunakan mata uang asing
Nilai Pabean dengan Pembebasan = ((FOB-Pembebasan) + Asuransi + Freight) x kurs, apabila menggunakan mata uang asing 
=> Nilai Pabean x tariff bea masuk
Menghitung Pajak dalam rangka impor (PDRI):
Nilai Impor = Nilai Pabean + Bea Masuk + Cukai
=> Nilai Impor x tariff PDRI
Persiapan untuk Menghitung
  1. Download dulu Buku Tarif Kepabeanan Indonesia (BTKI 2012) yang sudah saya sediakan di menu bar, yang fungsinya adalah untuk mengklasifikasikan barang, sehingga dapat mengetahui berapa besarnya tarif BM dan PDRI yang dikenakan terhadap barang tersebut.
  2. Lihat kurs pajak mingguan di portal www.depkeu.go.id atau di www.beacukai.go.id atau di Blog ini (lihat masa berlakunya).
  3. Apabila tidak ada data Biaya Kirim (Freight) dan Asuransi maka;
  • Untuk pengangkutan melalui laut maka Freight-nya; 5% dari FOB (Free on Board) untuk barang yang dikirim dari negara ASEAN, 10% dari FOB untuk Asia-Non Asean atau Australia, 15% untuk negara selain dari keduanya. Sedangkan untuk pengangkutan udara ditentukan berdasarkan Tariff International Air Transport Association (IATA).
  • Asuransi  ditetapkan 0,5% dari nilai Cost and Freight (CFR).
Cara Menghitung
  • Masukkan data yang sudah Anda punyai sesuai contoh gambar diatas, gunakan tanda titik (.) untuk memasukkan angka yang memiliki nilai koma. Jangan pisahkan angka ribuan dan atau jutaan dengan tanda titik/ koma.
  • Kolom Kurs; saya gunakan USD karena umumnya perdagangan menggunakan  mata uang tersebut, seandainya nilai transaksi Anda menggunakan mata uang selain USD maka dikonversikan terlebih dahulu nilai Cost, Insurance dan Freight nya ke dalam USD, caranya dengan mengalikan nilai mata uang tersebut dengan unsur yang akan dikonversikan (Cost, Insurance dan Freight) dibagi dengan nilai mata uang dalam USD. Contohnya; FOB CNY 1000 untuk bisa dijadikan USD = (1480,45 x 1000) /9409 = USD 157,344, dengan asumsi 1 USD = Rp. 9409 dan 1 CNY = Rp. 1480,45.
  • Pada kolom PPh pasal 22; pilih 15% untuk yang tidak memiliki NPWP, 7,5% untuk yang tidak mempunyai dan tidak memakai Angka Pengenal Impor (API) dan 2.5% untuk yang mempunyai dan memakai API.
  • Pada kolom Pembebasan; pilih pembebasan yang disediakan, misalnya "Barang kiriman Pos/ PJT ($50)", "Penumpang per orang ($250)", "Penumpang per keluarga ($1000)". Apabila tidak ada pembebasan pilih "Impor Umum ($0)".
  • Klik "Menghitung", kemudian akan ada pesan "Untuk Negara saya siap membayar pungutan ini", klik "OK".
  • Keluar jumlah pungutan BM dan PDRI serta total pungutan.

Selamat mencoba dan semoga bisa membantu Anda.




Baca juga artikel yang berhubungan dengan ini:

238 komentar :

  1. hallo, terima kasih kalkulatornya, bermanfaat dan akurat....

    saya ada pertanyaan, nilai persentase 'tarif bea masuk' & 'tarif ppn' itu dasarnya dari mana ya pak? ooh ya untuk btki nilai apa yg diambil??? lalu adakah tips untuk mendapatkan bea yg lebih murah?? dari biaya pembelian, harga + ongkos kirim, mana yg nilainya paling mempengaruhi??

    terima kasih banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Besarnya tarif Bea Masuk, PPN, PPnBM atau bahkan Bea Keluar bisa dilihat di Buku Tarif Kepabeanan Indonesia (BTKI). Tarif bea masuk dan Unsur Nilai Pabean berupa Cost Insurance and Freight serta kurs pajak semua berpengaruh terhadap besar kecilnya bea masuk.

      Hapus
    2. hi pak, oke, saya sudah cek tapi yang menyebutkan seperti barang yang saya inginkan tidak ada pak, kalo kasus kaya gini gimana? apa ngikut di root? dalam arti gini, yang saya akan beli itu aksesoris alat musik trumpet, dalam BTKI yang ada hanya Instrumentnya saja, sedangkan aksesoris tambahan tidak tercantum...untuk instrumnent lain saya lihat masih ada, nah besarannya BM 5%, sedangkan wesel pos yang terakhir saya terima terhitung BM 10%..

      oh iya pak andai kita ingin klarifikasi bea harus kemana? apakah prosesnya mudah? ataupun jika ingin menyanggah besaran bea ?

      terima kasih

      Hapus
    3. Saya juga sependapat dengan klasifikasi Anda, karena ini merupakan bagian dari instrumen trumpet, maka menurut saya diklasifikasikan ke pos tarif 9209.99.00.00, Lain-Lain, Bagian dari instrumen selain Senar instrumen musik, tarif bea masuk 5% dan PPN 10%. Saran saya Anda datang langsung saja ke kantor pos dimaksud untuk menanyakan penetapan yang dibuat oleh Pejabat Bea Cukai. Sukses Pak.

      Hapus
    4. saya pernah bertanya perihal perhitungan pabean ini di kantor pos, mereka cuma bisa "pasrah",ini sudah dari bea cukai seperti itu, mereka tidak tahu... nah gimana tuh pak?? best way untuk klarifikasi bagaimana ya? ke kantor bea cukai kah?

      trims

      Hapus
    5. Bisa bertanya langsung ke petugas bea cukai yang bertugas di kantor pos lalu bea nya pak, bukan sama pegawai pt pos nya...

      Hapus
  2. selamat malam,

    sekarang sedang mencoba untuk menekuni usaha sebagai affiliate dari program Amazon.com

    Setelah sekian lama mencari informasi tentang dasar pengenaan tarif bea masuk atas barang import ternyata Blog Bapak sangat relevan dan bermanfaat bagi pembeli yang membutuhkan informasi tersebut

    mohon ijin untuk me link-langsung blog bapak di website saya, dan mungkin nantinya ada sebagian dari script kalkulator yang saya copy-paste ke halaman website saya sebagai simulasi untuk estimasi tambahan biaya yang harus dibayar oleh pembeli untuk barang yang dibeli dari Amazon.com

    Sukses untuk Bapak penggemar setia Blog ini dan selamat berlebaran bagi umat yang merayakan. Terima Kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga sukses dengan bisnisnya Pak Robbi.. Silahkan Pak, di pasang link dan scriptnya. Saya akan berusaha membantu siapa pun, sesuai dengan kemampuan yang saya miliki. Apabila ada pertanyaan yang sekiranya saya tidak bisa menjawabnya, silahkan Anda tanyakan langsung ke bagian Pusat Layanan Informasi Kantor Bea Cukai terdekat. Terimakasih kunjungannya.

      Kami sekeluarga menghaturkan "mohon maaf lahir dan bathin".

      Hapus
  3. Halo Mas
    rencana saya mau beli jam tangan seharga $189 dengan ongkos kirim dan asuransi free dari seller Ebay Singapura, kira2 berapa pajak yang saya harus bayar? terima kasih sebelum nya mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertanyaannya sama persis dengan yang ini, silahkan dibaca.

      Hapus
  4. kalo kaos bola dari spanyol, ada PPnBM atau tdak ?
    Brapa tarif bea masuknya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kaos (T-shirt) dari bahan cotton atau bahan tekstil lainnya, baik untuk laki-laki dewasa atau anak-anak maupun wanita dewasa atau anak-anak, dikenakan tarif bea masuk 15% dan PPN 10% (pos tarif 61.09). Tidak terkena PPnBM.

      Hapus
    2. saya beli pakaian dg CIF USD 185, ketika saya cek,pembebasan USD 50 tidak dihitung, jadi bea masuk dihitung dari total CIF tanpa pengurangan USD 50. Apa betul begitu pak?terimakasih.

      Hapus
    3. Kalau itu barang kiriman, maka dapat pembebasan $50.

      Hapus
  5. nice blog & Nice Info

    btw mas muparrih, saya mau tanya

    Kalo untuk pelindung kartu / card sleeves dan storage box / deck box sejenisnya untuk tempat wadah permainan kartu-kartu, masuk kategori apa ya? kira-kira BM, PPN, dan kalau ada PPnBm nya berapa ya..? Saya bingung mencari kategori yg tepat dari BTKI yang disediakan :)

    dan juga saya ada sedikit pertanyaaan:

    Nilai FOB apakah sama dengan harga jual murni dari supplier? atau sudah termasuk ongkos kirim ke Indonesia?

    dan juga, apa itu API ya mas? dalam kondisi pesanan bagaimana yg mengharuskan kita memiliki API?

    yang terakhir, kondisi import besar seperti apa yg mengharuskan kita mendaftarkan diri sebagai importir resmi ya..?

    thanks :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut pendapat saya, untuk klasifikasi kotak atau box dengan melihat bahan pembuatnya, apakah dari plastik, kertas, porceline, logam dll.

      Kalau FOB berarti tidak termasuk ongkos kirim, kalau ongkos kirim dimasukkan berarti sudah menjadi Cost and Freight (CNF atau CFR).

      API atau angka pengenal importir diwajibkan untuk semua impor barang, memang dalam hal tertentu impor tidak perlu memakai API seperti barang kiriman, barang pindahan, impor sementara dll. API sendiri mulai Januari 2012 hanya dibagi menjai 2, yaitu API umum dan API produsen.

      Apabila Anda ingin mengimpor barang (barang yang tidak dikecualikan dari penggunaan API), maka pada saat itu Anda harus membuat API dan mengurus Nomor Identitas Kepabeanan di Bea Cukai.

      Hapus
  6. Terima kasih pak, sangat berguna sekali informasinya. Sekarang akhirnya ngerti juga bagaimana hitung pajak untuk impor barang dari luar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sama Pak Muhammad, semoga bermanfaat.

      Hapus
  7. Pagi pak,

    Salam kenal, saya jessie

    btw pak, saya mau tanya saya dikirimi hadiah dari jepang , berupa 3 pasang sepatu,
    link:
    http://global.rakuten.com/en/store/dreamv/item/510627/
    http://global.rakuten.com/en/store/dreamv/item/509917/
    http://global.rakuten.com/en/store/dreamv/item/507898/
    kalau saya hitung totalnya 66,9USD

    dan kata teman saya dia dikenai biaya shipping fee sebesar 1575jpy yang setelah saya convert ke usd berdasarkan kurs di website www.beacukai.go.id itu sebesar 20,2USD

    Setelah saya hitung melalui kalkulator yang bapak sediakan,
    FOB Barang (USD) 66.9
    Kurs 1 USD (Rp) 9583
    Tarif Bea Masuk (%) 25
    Tarif PPN (%) 10
    Tarif PPnBM (%) 40
    Tarif PPh pasal 22 (%) Tidak Pakai API(7.5)
    Pembebasan FOB (USD) Kiriman Pos-PJT(50)
    Asuransi (USD) 0.4 (total (fob+freight) x 0,5%)
    Freight (USD) 6.7 (10% dari fob)

    total pungutan yang harus saya bayar sebesar 222.804

    apakah cara penghitungan saya salah? karena kemarin saya ditelpon oleh orang rumah yang mengatakan bahwa saya mendapat kiriman dari pos indonesia dan disuruh membayar biaya sebesar 612.000, karena biayanya terlalu besar ibu saya bilang ke tukang pos kalau dia tidak menyediakan uang sebesar itu dirumah lalu tukang pos nya bilang akan kembali lagi pada hari jumat, menurut bapak apa yang harus saya lakukan? soalnya saya masih mahasiswi, tidak sanggup membayar biaya sebesar itu pak, ditunggu jawaban nya, maaf kalau ada salah kata, sebelumnya terima kasih atas bantuan nya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau lihat harganya di situs tersebut memang seharusnya tidak terkena sampai dengan 600 ribuan. Bahkan kalau kita cari nilai impornya untuk masing masing barangnya hanya berkisar 300 ribuan, sehingga Sepatu tersebut tidak terkena PPnBM 40%, karena yang dikenakan hanya untuk sepatu dengan nilai impor diatas 1 juta untuk setiap pasangnya. Jadi malah lebih murah lagi dari perhitungan yang Anda buat.

      Saran saya Mba Jessie datang saja ke Kantor Pos Lalu Bea dimaksud, ketemu dengan pejabat Bea Cukai yang menetapkan bea masuk dan pajak impornya, sambil membawa bukti bukti pendukung, salah satunya adalah alamat url tersebut. Semoga penetapannya bisa berubah. Sukses Mba.

      Hapus
    2. terima kasih pak atas sarannya,
      saya mau tanya lagi pak, maaf kalau pertanyaannya terlalu banyak, saya tinggal di jakarta utara pak, jadi kalau saya mau ke kantor pos sebaiknya saya ke kantor pos pemeriksa jakarta utara atau bisa diurus di kantor pos pemeriksa taman fatahillah pak? karena lokasi Kprk Jakarta utara cukup jauh dari lokasi tempat tinggal saya, sedangkan Kprk Taman Fatahillah lebih dekat dengan tempat tinggal saya, sekali lagi terima kasih banyak atas bantuan nya pak. :)

      Hapus
    3. Ke Kantor Pos Lalu Bea dimana barang Mba Jessie berada..

      Hapus
    4. Hi, Jessi.

      saya mau tanya, gimana hasilnya setelah menyelesaikan biaya yang harus dibayar ke bea cukai? apakah dipersulit atau gimana ya? bukti-bukti apa saja yang kamu bawa buat menyelesaikannya?
      Saya juga tampaknya menerima penetapan pajak yang tidak sesuai dengan harga barangnya.

      Hapus
  8. Salam kenal Pak Muparrih, saya Welly dari Semarang. Saya sangat tertarik dengan ulasan2 dan informasi Anda mengenai bea cukai. Saya ingin menanyakan aturan dan perhitungan seputar bea masuk dan cukai karena saya masih sangat awam dan ingin mengerti bagaimana perhitungan yang benar2 akurat dan bisa diterima dengan baik oleh orang awam.

    Berikut ini adalah kasus saya. Mohon pencerahannya.

    Saya membeli 2 pasang sarung tinju melalui ebay dari 2 penjual yang berbeda dan waktu pembelian yang berbeda pula. Dari penjual A saya mendapat harga USD 80. Dari penjual B saya mendapat harga USD 30. Kemudian saya mendapat surat dari kantor pos untuk mengambil barang saya dengan membayar bea masuk sebesar Rp 363.000,-. Menurut perhitungan saya biaya tersebut terlampau tinggi. Namun karena petugas bea masuk menetapkan barang yang saya impor senilai USD 110. Padahal menurut saya yang terhitung kena bea masuk adalah barang yang seharga USD 80, dan yang USD 30 bebas bea masuk. Namun petugas berdalih barang datang bersamaan dan tertulis dalam 1 PPKP. Dan saya menjelaskan bahwa barang tersebut saya beli dari 2 penjual yang berbeda. Kemudian petugas berkata :
    "Mas, ini udah terlanjur jadi 1 PPKP. Mestinya sebelum PPKP dicetak kan mas bisa mengajukan komplain dulu."

    Saya jawab :
    "Bagaimana saya bisa complain kalau PPKP'nya juga baru saya terima hari ini, sedangkan saya setelah terima PPKP aja langsung ke kantor pos."

    Saya terima PPKP pk 11.00 dan sampai di kantor pos pk 11.30.
    Dengan kasus saya seperti ini, apakah seharusnya saya membayar sesuai 1 PPKP atau per kiriman? Yang notabene sebenarnya bukan dari 1 pengiriman. Sepengetahuan saya, seharusnya masing2 barang mendapat 1 PPKP. Sehingga barang saya yang USD 30 bebas bea masuk.

    Terima kasih sebelumnya,

    Salam hangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saran saya Mas Welly datang ke Kantor Pos dimaksud, dengan membawa bukti bukti yang syah, terutama mengenai penjual yang berbeda dan invoice serta bukti pembayaran yang syah. Semoga saja penetapannya bisa berubah.

      Kalau memang ternyata Mas Welly mempuyai bukti yang objektif dan syah dan Bea Cukai yang di Kantor Pos tetap berpegang pada penetapannya, saya sarankan untuk mengajukan keberatan ke Kepala Kantor Bea Cukai secara tertulis dengan menjelaskan alasan alasan (termasuk bukti pendukung)sesuai dalam petunjuk Surat Edaran bersama PT.POS INDONESIA dengan DJBC nomor: SE-20/BC/2000 ,35/Dirutpos/2000. Kalau memang hasil keputusan Kepala Kantor menganggap penetapan pada PPKP benar, berarti Anda harus membayar pungutan tersebut, sebaliknya apabila ternyata keberatan diterima penetapan dalam PPKP akan diperbaiki. Sukses Mas.

      Hapus
    2. Terima kasih pencerahannya Pak Muparrih. Penjelasan Anda sangat membantu saya. Mohon maaf jika saya bertanya lagi.

      Sebenarnya invoice sudah disertakan dalam pengiriman barang dan tercantum pada paket yang saya terima. Barang yang seharga USD 80 ada invoice'nya ketika saya datang untuk mengambil, tetapi anehnya barang yang seharga USD 30 invoice'nya tidak ada. Kemudian petugas menyatakan karena barangnya satu jenis (saya beli beda merk) maka tafsiran menurut bea cukai dianggap sama. Dan mereka menjelaskan kepada saya bahwa memang bea cukai memiliki tafsiran sendiri untuk penetapan harga barang dengan perbandingan2 melalui harga pada umumnya. Jadi walaupun saya mendapat harga lebih murah dari pembeli namun tetap dicarikan pembanding. Apakah memang begitu? Karena saya merasa janggal terhadap penjelasan ini. Menurut saya merk juga menentukan harga walaupun barangnya satu jenis. Dan mengapa merk yang saya beli tidak terlalu bagus tetapi penafsiran dianggap sama dengan yang bermerk bagus?

      Mohon petunjuknya Pak Muparrih. Terima kasih.

      Hapus
    3. Sepanjang barang impor merupakan obyek suatu transaksi jual beli atau penjualan untuk diekspor ke dalam Daerah Pabean; nilai transaksi memenuhi persyaratan untuk diterima sebagai nilai pabean sebagaimana dimaksud dalam Pasal 7 Peraturan Menteri Keuangan Nomor 160/PMK.04/2010 Tentang Nilai Pabean untuk Perhitungan Bea Masuk; penambahan atau pengurangan yang harus dilakukan terhadap harga yang sebenarnya atau yang seharusnya dibayar didukung oleh bukti nyata atau data yang objektif dan terukur; dan/atau Pejabat Bea dan Cukai mempunyai alasan berdasarkan bukti nyata atau data yang objektif dan terukur untuk menerima nilai transaksi sebagai nilai pabean, maka nilai transaksi jual beli lah yang dipakai untuk menghitung bea masuk.

      Namun apabila tidak memenuhi, maka Pejabat Bea Cukai dapat menetapkan dengan menggunakan barang identik, dan lain sebagainya seperti dalam ketentuan yang mengatur tentang nilai pabean untuk perhitungan bea masuk.

      Selain invoice yang hilang, tentunya Mas Welly juga mempunyai bukti yang lain, misalnya bukti transfer, alamat url barang tersebut dll. yang dapat meyakinkan Pejabat Bea Cukai di Kantor Pos.

      Hapus
  9. Pak Muparrih, saya ada sedikit kebingungan dlm menggunakan kalkulator Anda.
    Saya akan pesan sebuah produk komputer mini dari KorSel, nilainya $159 dgn ongkir $30 dgn jasa kurir FedEx, tanpa ada keterangan termasuk asuransi atau tidak. Yg saya tanyakan, apa yg hrs sy masukkan dlm kolom:
    - Tarif PPh pasal 22 (%)
    - Pembebasan FOB (USD)
    - Asuransi (USD)
    - Freight (USD)
    Sy cb cr dlm buku tarif kepabean Indonesia yg ada di blog ini, sy temukan di no 8471.49.10.00 atau 8471.50.10.00. Mana yg tepat? Nilai BM & PPNnya sama sih.
    Sy juga bingung dgn penjelasan mengenai PPh Pasal 22, no API itu didapat dari mana? Kalau sy hanya pesan peorgan apa bisa punya no API? Maaf, sy awam banget utk urusan ini jd tanyanya agak culun.
    Lalu apa yang dimaksud dgn pembebasan FOB? Sy msh krg paham. Dalam kasus sy, hrs diisi apa?
    Utk Asuransi hrs diisi brp? Juga apa yg dimaksud dgn Freight?
    Kalau hasil perhitungan dgn kalkulator bpk ini tdk sama dgn tagihan yg sy terima, bagaimana cara klarifikasinya dgn pihak bea cukai? Krn kalau sy baca dlm BTKI, penjelasan msg2 kategori membingungkan, bbrp overlap.

    BalasHapus
  10. Maaf, pak Muparrih, saya krg teliti baca artikel Anda. Kalau nilai pembelian saya total $159 (sdh termasuk ongkos kirim FedEx $30), saya masukkan utk Asuransi = 0,05% x ($159 + $15.9) = $0.08745
    Freight = 10% x $159 = $15.9
    Apa perhitungan saya sdh betul?
    Terima kasih bantuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener Pak Paul kurang lebihnya seperti itu. Kalau data freight dan asuransi tidak ada, maka dicari memakai rumus seperti itu. Freight kalau dari Korea (Asia-Non Asean) 10% dikali FOB, sedangkan asuransinya 0.5% dikali Cost and Freight (CNF/ CFR). Nah Pak Paul kan sudah punya data freight (ongkos kirim) sebesar $30, berarti hanya mencari asuransinya saja, dengan cara mengalikan 0.5% x $159, berarti $0.795. Jadi sudah ketemu FOB nya $129, freight $30 dan asuransi $0.795, masukkan sesuai kolom disampingnya.

      Tarif PPh pasal 22 diatur dalam praturan Menteri Keuangan Nomor 154/PMK.03/2010, dimana diantaranya dijelaskan mengenai tarif bagi importir yang memiliki Angka Pengenal Importir (API) dikenakan 2.5% dari Nilai Impor, yang tidak memiliki API dikenakan 7.5% dari Nilai Impor dan 100% lebih tinggi dari kedua nilai tersebut kalau Importir tidak memiliki NPWP, berarti 15% dari Nilai Impor, karena logikanya kalau importir yang sudah memiliki API berarti sudah mempunyai NPWP, karena salah satu syarat mengurus API adalah NPWP.

      Pembebasan karena barang anda dikirim melalui Perusahaan Jasa Titipan (DHL, FEDEX, TNT, JNE dll.)/ PT Pos Indonesia, maka diberikan pembebasan sebasar FOB $50 untuk setiap orang per kiriman.

      Klasifikasi barang untuk Mesin Pengolahan Data (Komputer dsb.) memang diklasifikasikan ke dalam pos tarif 84.71, rata-rata dikenakan tarif bea masuk 0% dan PPN 10%. Saya yakin klasifikasi Pejabat Bea Cukai juga sama dengan Anda. Tapi perlu diingat, bahwa pungutan tersebut hanya kewajiban Anda terhadap Negara (bea masuk dan pajak), kewajiban atau biaya yang timbul selain pungutan pajak dan bea masuk silahkan tanyakan ke perusahaan jasa titipan tersebut. Sukses Pak Paul.

      Hapus
  11. salam kenal pak Muparrih, saya Santoso. Saya berencana untuk mengimpor coil galvalume (seng aluminium plat) dari Cina. Sebagai orang awam saya bingung bgm aturan dan perhitungan pajak impornya.Dengan asumsi FOB= $700/ton. Saya berencana untuk mengadakan sebanyak 10 ton. Bagaimana aturan dan perhitungan pajaknya ya pak? Sebelumnya sy ucapkan byk trmksh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan Anda download BTKI yang sudah saya sediakan di menu bar, kalau tidak salah klasifikasi barangnya juga berdasarkan lebar barangya disamping produk pembentuknya. Kalau FOB nya $700/ ton berarti 10 ton nilai total FOB nya $7000.

      Untuk menghitung nilai pabeannya masih harus ditambah dengan freight (biaya pengangkutan) dan asuransi. Bea masuk didapat dari tarif sesuai klasifikasi barang dikali dengan nilai pabeannya. Sedangkan pajak dalam rangka impornya diperoleh dari tarif pajak dikalikan nilai impornya. Nilai impor diperoleh dari penjumlahan nilai pabean dengan bea masuk dan pungutan lainnya.

      Hapus
  12. Saya membeli barang dari US berupa Audio Amplifier menggunakan FedEx sebagai kurirnya. Barang dikatakan sudah di pekanbaru tapi belum selesai masalah pajak importnya (sudah seminggu lebih.
    Saya hubungi FedEx Indonesianya dan mereka mengatakan bahwa barang saya HS 8518404000 padahal menurut saya HS 8542330000

    Pertanyaannya :
    1. Selama ini saya pikir pajak import kalau masuk dari jakarta di kenakan pajak di jakarta ( Soekarno-Hatta) bukan di daerah penerima (misalnya saya menerimanya di Riau).
    2. Audio Amplfier masuk HS 8518404000 atau HS 8542330000 /
    3. FedEx mengenakan pajak yg tidak masuk akal, mereka mengenakan total pajak yg akan saya terima sebesar 1,8 jutaan. Padahal maksimal yg harus saya bayar hanya sebesar Rp 1.254.252. Itu kalau menggunakan HS 8518404000. Dan mereka tidak mau memberikan bukti pembayaran pajaknya. Ada saran yg bisa saya gunakan?

    Terima kasih banyak , dan maaf kalau menganggu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertama: Biasanya kalau di Riau ada perwakilan Fedex nya, mereka juga menjadi PPJK di sana, sehingga customs clearance (pemenuhan formalitas kepabeanannya) juga disana. Kedua, kalau dari nama yang Anda sebutkan kelihatannya lebih cocok masuk HS yang Fedex sebutkan. Ketiga, coba tanyakan kembali besarnya pungutan bea masuk dan pajaknya, bisa jadi biaya sebesar itu tidak hanya pungutan bea masuk dan pajak dalam rangka impornya, mungkin ada komponen biaya lainnya yang harus dibayar ke Fedex,

      Hapus
    2. Ok makasih banyak bro jawabannya. Kalau soal komponen biaya lainnya, itu belum di hitung FedEx bro (biaya broker). Harga total barang n ongkir + insurance 490.93 USD . Sekali lagi makasih banyak ya bro

      Hapus
    3. Saya mengalami masalah yang sama dengan Fedex, ternyata yang di-charge bukan hanya import duty, tapi juga handling (utk urusan pengurusan import duty), warehouse, administrasi, dll.
      Total jendral yang mereka charge lebih besar dari harga barang nya sendiri...
      Hati-hati dengan Fedex...

      Hapus
  13. pak kami mau menanyakan. kami membeli alat berat (mobil crane)kapasitas 200 ton dengan harga $ 440.000. yang ingin saya tanyakan, bagaimanakah cara menghitung bea masuknya, berapakah dan yang harus kami bayar atas barang tersebut.dan barang ini di import dalam bentuk CBU.mohon penjelasannya secara lengkap. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan baca tulisan saya tentang Kalkulator Bea Masuk dan Pajak Dalam Rangka Impor Pak. Untuk Mobil Crane menurut pendapat saya masuk dalam kendaraan bermotor khusus, masuk HS Code 87.05. Untuk menambah wawasan Anda silahkan baca tulisan saya tentang Impor Alat Berat. Terima kasih..

      Hapus
  14. maaf pak saya mau tanya nih, kan skrg online shop kosmetik sedang menjamur, nah kosmetik dari luar negeri seperti jeang/korea walaupun bersifat cair boleh masuk kan pak?? cara hitung bea masuk kosmetik itu gmn ya?
    terimakasih pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kosmetik itu barang pembatasan Pak.. Tidak sembarang orang boleh mengimpor ini. Silahkan googling peraturan tentang impor barang kosmetik.

      Hapus
  15. Selamat sore pak, kebetulan saya baru impor komponen elektronik dari cina, nah oleh DHL diberikan invoice bea masuk dan pajak dimana menurut saya ada kejanggalan, oleh DHL salah satu komponen yang saya impor LCD 16x2 karakter dimasukkan ke dalam HS Code 8528.72.9900 yang berarti dimasukkan kedalam Monitor dan proyektor, tidak digabung dengan aparatus penerima televisi; aparatus penerima untuk televisi, digabung dengan penerima siaran radio atau aparatus perekam atau pereproduksi suara atau video , maupun tidak.
    Padahal ini merupakan komponen elektronik kecil yang menurut saya masuknya ke peralatan semikonduktor
    contoh produknya https://www.sparkfun.com/products/255
    mungkin bapak bisa memberikan masukan?
    atau kalau kami harus komplain masalah bea masuk kami harus komplain kemana?
    kami sudah hubungi DHL dan katanya besaran bea masuk itupun kalau kami komplain tetap harus membayar 35% total

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba diskusikan lagi dengan pihak DHL nya.. Karena yang membuat dokumen pemberitahuan mereka.

      Hapus
  16. pak mau tanya...
    misalnya saya saya beli CD/DVD/Bluray dari Hongkong..
    misalnya harganya 70 USD, itu nanti kira2 kena pajak berapa ya? untuk perhitungannya gimana dengan kalkulatornya itu?
    agak bingung saya memasukkan angka2nya..

    saya tanya2 waktu itu katanya kalau barang di bawah 50 USD itu bebas pajak ya pak? nah yg mau saya tanyakan kalau misalnya saya dalam waktu satu bulan bisa diterima kiriman ampe lebih dari 1x, kira2 7-8x dan perpaket semuanya kurang dari 50 USD itu apakah sama tetap tidak terkena pajak atau ada perhitungan pajaknya?

    Terima Kasih. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan baca-baca kembali cara menghitung bea masuk dan pajak dalam rangka impor diatas atau baca artikel dan jawabannya di tulisan saya tentang Barang Kiriman dari Luar Negeri..

      Untuk barang kiriman dibawah $50 diberikan pembebasan BM, namun kalau ternyata barang tersebut dari satu order yang sama dan dipecah menjadi beberapa paket guna menghindari pungutan BM dan PDRI menurut pendapat saya tetap dikenakan BM dan PDRI.

      Hapus
  17. Selamat siang pak
    saya seorang mahasiswi Universitas Indonesia.
    saya memesan kamus Bahasa Jerman Langenscheidt dari distributor percetakannya di Malaysia.
    kamus tersebut tidak dijual bebas di Indonesia, akhirnya saya dengan teman2 saya bergabung memesan kamus tersebut dalam jumlah yang lumayan banyak yaitu 14 kamus.
    tapi harga barang tersebut sudah termasuk ongkos kirim dari Malaysia, dan bahkan saya mendapat bonus kamus gratis didalam paketnya nanti.
    pihak Malaysia yang saya hubungi juga sudah menggunakan kurs rupiah dalam rangka pembayaran.
    jika seperti itu, bagaimana pak?
    yang saya ingin ketahui adalah apa akan terkena pajak bea cukai juga?
    harga 1 kamus adalah 330rb untuk 12 kamus besar dan 175rb untuk 2 kamus kecil.

    mohon pencerahannya pak, karena saya yang mengkoordinir pembelian kamus tsb. dan saya belum tahu-menahu mengenai pajak bea cukai dari luar negeri, ini adalah pertama kalinya saya memesan barang melalui internet terutama dr luar negeri.
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pisahkan dulu harganya dengan biaya kirimnya, untuk mengetahui harga FOB nya. Jumlahkan semua FOB tersebut termasuk Kamus yang diberikan secara cuma-cuma. Kalau memang harga FOB nya diatas $50, nanti hanya akan dikenakan PPN 10%. Karena untuk Kamus bea masuknya 0%. PPN pun sebenarnya bisa dibebaskan, akan tetapi harus dengan keputusan pembebasan dari Ditjen Pajak.

      Hapus
  18. Pak Muparrih

    Apakah perorangan/belum ada badan hukum perusahaan boleh melakukan impor t-shirt dari negara ASEAN?

    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Impor maksudnya disini apakah impor umum (bukan barang kiriman)? setahu saya untuk impor garment masuk dalam barang pembatasan, dimana harus dilengkapi dengan laporan surveyor dll. jadi tidak bisa diimpor oleh importir perorangan. Silahkan cek di insw.go.id.

      Hapus
  19. Salam kenal Pak,
    Mohon bantuan untuk kode btki alat wind meter
    Barang seperti di link http://www.allkestrel.com/Kestrel-3000-Pocket-Weather-Meter-0830_p_59.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kurang tahu Pak.. coba dicari lagi di BTKI dengan kode pencarian "pengukur", cari yang pas dengan barang Anda..

      Hapus
  20. Hi,
    Mau tanya kalau kita import baju bola dari china apakah ada bea import? Bisa tau berapa Pak?

    Terima kasih banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Garment rata rata terkena bea masuk 15% PPN 10% Mas..

      Hapus
  21. keren infonya mas tq yah, keren juga buat bea cukai kita, gini dong tekan terus impor2 ,ecommerce produk lokal saatnya. :)bisnis ini yg dah lama di intip2 tp gk action2, giliran mo action itung2 super highly cost, kecuali main raw material. per piece aj kena apa lagi whole sale haha bangkrut dah, niat mo jualan asesoris. next melirik product creation aj.

    BalasHapus
  22. @alhamidrentcar dan @jpgablogger, sama sama.. trims kunjungannya..

    BalasHapus
  23. Assalamualaikum, Pak Muparrih saya mw tanya tentang jumlah pajak yg akan saya bayar jika,

    FOB : 79.99 USD
    Shipping & Handling : 55.98 USD
    Barang berupa sebuah Camera Canon dari USA ..

    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamera digital atau kamera saku masuk pos tarif 8525.80.50.10, dikenakan tarif bea masuk 0%, PPN, 10% dan PPnBM 10%. Ditambah dengan PPh pasal 22. Silahkan baca lagi tulisan saya diatas Mas.. Coba masukkan dengan data yang Anda punya, termasuk mencari asuransinya..

      Hapus
  24. pak, maaf saya mau tanya...kalau jaket kulit bea masuk 15% dan ppn 10% ya...apakah terkena ppnBm?

    Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya jaket kulit masuk dalam pos tarif 42.03.10 Dimana dikenakan Bea Masuk 10%, PPN 10% dan PPnBM 40% untuk barang yang nilai impornya Rp 600 ribu atau lebih per stel atau Rp 300 ribu per potong..

      Hapus
    2. Terimakasih banyak Pak...blognya sangat bermanfaat...

      Hapus
  25. ass.....pak sy mau tanya neh...
    barang saya ada d usa rencananya akan dikiri menggunakan fedex oleh adik saya...barangnya berupa carburator klo gk salah 23-25biji barang seken/2nd/bekas smua,trus ada lagi tas dan sepatu. yang saya tanyakan :
    1.smua barang (karburator,ts,sepatu)mw di masukin dalam satu box, kira2 perhitungan bea masuk k indonesia brp, saya dri ntb..
    2. kiat2 supaya bea masuknya bisa di tekan gimana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wss Mas.. Karburator motor apa ni? coba baca BTKI aja, disana ada beberapa karburator dan bagiannya yang dikelompokkan berdasarkan jenis mesinnya. Karena ada 3 barang maka dicari masing masing tarif atas ketiga barang tersebut. Lebih dari 3 barang baru perhitungan bea masuknya menggunakan satu tari bea masuk tertinggi.. Tidak ada kiat kiat untuk menekan pajak, semua akan tergantung dari nilai pabean dan tarif masing masing barangnya..

      Hapus
  26. pagi pak muparrih, salam kenal pak...saya ada beli barang berupa tas dari us. Barang tsb dikirim parsial oleh teman saya disana. Bgaimana penulisaan invoice nya ya pak? Apakah perlu dilampirkan invoice aslinya atao bagaimana? mohon pencerahannya ya pak..trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya disertakan invoice asli dari penjualnya Bu..

      Hapus
  27. siang pak muparrih, salam kenal..
    mau tanya pa, saya beli barang berupa efek untuk gitar listrik dari USA seharga USD139 dikirim pake USPS USD6,96 kira2 tarifnya masuk ke yg mana ya pa..
    tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin masuk 9209.92.00.00 Bagian dan aksesori untuk
      instrumen musik dari pos 92.02 ~Instrumen musik bersenar lainnya (misalnya, gitar, biola, harpa).

      Hapus
  28. Halo pak muparrih, salam kenal. Sy syifa dari jogja.

    Pak sy berencana membeli HAndphone melalui google play store di amerika. Lalu hp tersebut dikirimkan ke family saya di amerika, yang selanjutnya akan mengirimkannya untuk saya di indonesia. Jadi pengirim hp tersebut adalah saudara saya, bukan perusahaan penjualnya.

    Harga hp nya adalah $349 dengan ongkos kirim sekitar $40, untuk kasus seperti ini, apakah paket kiriman tersebut akan dikenakan bea masuk / pajak? Dan kira2 berapa jumlah yg harus dibayarnya?

    Trimakasih pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nilai FOB nya masih di bawah $50 Mba.. Jadi tidak dikenakan pungutan bea masuk dan pajak dalam rangka impor. Jangan lupa sertakan invoice dan bukti-bukti pendukung lainnya,yang menyatakan bahwa barangnya masih dibawah FOB $50. Sukses Mba..

      Hapus
    2. FOB itu apa ya pak? Dan gimana cara menghitungnya? Sy sudah baca beberapa tulisan bapak, tp belum nemu caranya.
      Oia pak, bukannya harga HP + ongkir ya sudah $400 ya pak?

      Hapus
    3. Oh iya sori Mba Syifa.. saya salah baca ternyata hargannya $349, berarti kena pungutan. Nilai FOB itu nilai barang sampai diatas kapal, tidak termasuk ongkos kirim dan asuransi. Silahkan masukkan nilainya di kalkulator yang sudah saya sediakan. FOB $349, kurs minggu ini 9629, tarif bea masuknya 0%, PPN 10%, PPnBM 0%, PPh nya 7,5% (asumsi Mba Syifa punya NPWP, kalau tidak terkena 15%), pembebasan $50, Asuransi $1,95 (0.5% x $389), Freight $40, nanti akan ketemu total pungutan kurang lebih Rp.574.526.
      Begitu Mba.. semoga bisa dimengerti..

      Hapus
  29. Salam kenal Pak Muparrih, saya Lisa mau tanya tentang seputar yg bapak bahas diatas.
    Sebelumnya terima kasih untuk sharing masalah perhitungan pajak & bea masuk barang import ini. Karena mamang masih banyak yg buta ttg hal ini (termasuk saya).

    Yg saya tanyakan, saya mendapat kiriman barang dari German, dimana disana untuk barang yg dibeli sudah termasuk pajak negara 19%. Apabila barang itu dikirim ke Indonesia, apakah nilai pajak 19% itu langsung dimasukan ke dalam perhitungan bea masuk, atau saya keluarkan dulu nilai pajak 19% -nya?

    Terima kasih sebelumnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nilai pabean untuk menghitung bea masuk adalah nilai transaksi barang tersebut sesuai dalam International Commercial Terms (incoterms) Cost, Insurance, dan Freight (CIF). Nilai transaksi tersebut merupakan harga yang sebenarnya atau seharusnya dibayar oleh pembeli ditambah dengan biaya biaya. Biaya biaya tersebut berupa komisi, biaya pengemasan, biaya pengepakan, royalti, transportasi asuransi dll. seperti dalam peraturan yang mengatur tentang Nilai Pabean untuk Perhitungan Bea Masuk 160/PMK.04/2010.

      Pajak yang dipungut di luar negeri tidak masuk dalam biaya yang seharusnya ditambahkan dalam harga transaksi, jadi hemat saya jangan dimasukkan dalam perhitungan nilai pabean tersebut.

      Untuk lebih jelasnya silahkan Anda baca peraturan Menteri Keuangan Nomor 160/PMK.04/2010 Tentang Nilai Pabean Untuk Perhitungan Bea Masuk.

      Salam kenal Bu Lisa..

      Hapus
    2. Terima Kasih Pak Muparrih atas jawaban & penjelasannya. Memang pemikiran saya pertama kali seperti itu, bahwa pajak yg sudah dikenakan di German, tidak seharusnya di masukan dalam nilai pabean lagi. Kalo engga jadinya bayar pajaknya double.
      Sama seperti halnya kalau orang indonesia berbelanja ke luar negeri tidak perlu membayar pajak di negara tersebut (tax free).
      Dari penjelasan bapak, saya jadi tidak bisa di bohongin untuk mengambil paket saya di kantor pos :D

      Sekalil lagi terima kasih..

      Salam.

      Hapus
  30. Mas.. mau tanya. saya mau import berapa action figure anime dari cina. tp hanya untuk pribadi.. bkn utk dijual lg. seingga total yg saya beli tidak lebih dari $50. Apakah itu juga bebas dari bea masuk dan pajak lainnya?? Bagaimana perhitungannya hingga barang sampai ke rumah saya di bandung? Dan jasa pengiriman apa yang baik untuk digunakan? minta sarannya mas.. Trimaskih bnyk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dan mau tanya jg, Klo saya mau beli beberapa barang dari cina jg sekitar $100-$200 bagaimana hitungan pajaknya? maaf saya masih amatir soal bea cukai. Terimaksaih.

      Hapus
    2. Kalau nilai barangnya sampai dengan FOB $50 masih dibebaskan dari pungutan bea masuk dan pajak dalam rangka impor. Lebih dari $50 dikenakan pungutan bea masuk dan pajak dalam rangka impor. Perhitungan pajaknya silahkan Anda baca tulisan dan komentar saya di tulisan Barang Kiriman dari Luar Negeri. Jasa pengirimannya apa aja bisa, PT. Pos dan PJT lainnya, semua diperlakukan sama.

      Hapus
    3. Klo saya mau impor pengiriman-1 $50 beberapa waktu kemuadian pengieman-2 $50. Berapa lama jangka waktu yang baik dari pengiriman-1 ke pengiriman-2..? agar terhindar dari pajak? trims

      Hapus
    4. Pembebasannya kan setiap orang per kiriman. Jadi setiap kiriman dapat pebebasan $50. Kecuali kalau nyata-nyata barang seharusnya dalam satu kiriman (satu pembelian) trus dipecah-pecah, menurut saya petugas BC berhak untuk mengambil kebijakan berbeda untuk kepentingan negara. Lagian ruginya banyak kan? kalau harus bayar beberapa biaya pengirimannya.

      Hapus
  31. Pak Muparih, Saya Ida. Sebelumnya terimakasih blog bapak betul2 bermanfaat untuk saya. Tp ada yg ingin saya tanyakan: untuk tas kulit, tas dari tekstil dan canvaz apakah memiliki tarif bea cukai yang sama?

    trmksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. di btki 2012, hs code 42.02 tidak ada nilai apapun di kolom2nya. apakah itu berarti sama dengan nilai hs code 42.0100000? 15%, 10% dan 40%?

      Hapus
    2. Berbeda Bu.. Baca di takik bawahnya lagi.

      Hapus
  32. Halo Pak Muparrih salam kenal, saya mau tanya kalau saya kirim brg dr London, UK, barang berupa cribs bayi dan segala perlengkapannya seharga £1033.20 perhitungan biaya yg harus saya bayar bagaimana ya? Mohon dibantu untuk guidance saya nanti ketika pengambilan, terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nilai £1033.20=$1341.79, Baby Cribs nya kalau dari kayu menurut saya masuk dalam perabotan dari kayu yang digunakan di kamar tidur HS Code 9403.50.00.00, dimana dikenakan BM 10%, PPN 10%, PPnBM 40% kalau nilai impornya 2 juta atau lebih per unit, serta PPh pasal 22 7.5% (anggap Ibu tidak punya API tapi punya NPWP).

      Biaya angkut/ Freight nya 15%x$1341.79=$201.27, Asuransinya 0.5%x($1341.79+$201.27)=$7.72. Masukkan semua nilai tersebut diatas kedalam kalkulator yang sudah saya sediakan. Nanti akan ketemu perkiraan total pungutan bea masuk dan pajak dalam rangka sebesar Rp10.618.345.

      Kurang lebihnya seperti itu, kalau misalnya barang yang Ibu maksud dari kayu dan dipergunakan di kamar tidur. Dan itu apabila klasifikasi barang yang ditetapkan oleh pejabat bea cukai sama dengan klasifikasi saya.

      Hapus
  33. Pak Muparrih, terima kasih sekali jawabannya, tp apa iya saya mesti bayar sebanyak itu? Krn £1033.20 itu tidak semuanya kayu, ada kasur juga dan bantal, dan agak kaget saya kalau jumlah yg mesti saya bayar tidak jauh beda dengan harga brg saya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk perabotan baik dari kayu, logam atau plastik semua masuk dalam kategori barang kena pajak yang tergolong barang mewah, dimana dikenakan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) sebesar 40% dari nilai impor atau harga jual perunit atau persatuan untuk nilai impor atau harga jual 2 juta atau lebih, sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 620/PMK.03/2004.

      Memang seperti itu Bu.. Lebih baik beli di dalam negeri, harganya lebih murah, paling juga harga jualnya masih dibawah 2 juta, sehingga tidak terkena PPnBM.

      Hapus
  34. Oke deh Pak Muparrih, better nanti saya bawa aja ya receipt pas pembeliannya, jadi mungkin hanya beberapa saja yg terkena pajak sampai 40%, thank u so much for the explanation, have a great day

    BalasHapus
  35. halo pak, mau nanya saya beli tas dari ebay shg USD210, apakah tarifnya benar 15% dan PPN 10%? apakah kena PPnBM40%?
    Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba dilihat dan dicocokkan dengan barang Ibu aja, tas masuk dalam pos tarif 4202.

      Hapus
  36. Halo P. Muparrih....kalo lihat di web nya Badan Kebijakan Fiskal untuk aksesoris mobil dan kelengkapannya (khususnya bumper dan bagiannya yg saya lg beli) cuma ditulis bea masuk 15 % dan PPN 10% tp di daftar bapak ditulis (utk bumper kendaraan dari pos 87.03) 15%, 0%, 15% dan 15% itu pajak apa saja pak??.... dan kalo PPN kan mestinya cuma 10% (di daftar bapak tertera total pajak/bea nya 15% tiga kali). Mohon berkenan menjelaskan.

    Terimakasih sebelumnya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf Bu, daftar yang mana ya? BTKI maksudnya?

      Hapus
  37. salam kenal pak muparrih,

    saya beli sepatu bola merk nike di uk seharga $366..apa kah sepatu tersebut termasuk barang mewah dan pajak yg dikenakan kepada saya sebesar 2,4jt...saya sangat terkejut melihat beban pajak yg di kenakan...mohon pencerahannya pak muparrih,,terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener Pak Irwan, sepatu masuk dalam daftar barang kena pajak yang tergolong mewah, dimana dikenakan PPnBM sebesar 40% untuk nilai impor 1juta sepasang. Silahkan baca diskusi kita tentang barang kiriman berupa sepatu.

      Hapus
  38. waaah referensi yang sangat berharga dari pak mahfud... oiya pak, pernah saya dengar kalau barang kiriman lebih dari 3 item (barang dan seller berbeda) perhitungan pajak bea diambil harga 1 item tertinggi. apakah benar spt itu pak? atau perhitungan pajak bea dihitung dari total semua barang? dan bagaimana kalau 3 item barang tapi dari seller yg sama dan total harganya lebih dr 50$? misal total 60$. bagaimana kalau spt itu pak? trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar Pak.. Maksudnya tarif bea masuk tertinggi dari barang tersebut. Kalau harga barangnya tetap mengacu pada harga transaksi Bapak..

      Hapus
  39. Salam kenal pak mahfud, perkenalkan nama saya rizky
    Untuk pakaian jadi dari bahan full cotton itu kena bea masuk 15% ya?
    Rencananya saya mau impor kaos dengan total invoice sekitar $700 dari USA, harga kaos sekitar $15 perkaos, menggunakan USPS Priority mail. Freightnya dihitung 15% dari invoice? Lalu kena BM 15%? PPN 10% dari CIF+BM?
    Pembebasan barang itu maksudnya apa ya?
    Tadi sudah hitung bisa kena sampe 2 jutaan lebih sama saja untung saya diambil negara semua
    bisa restitusi kah?
    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pembebasan diberikan terhadap barang impor yang dikategorikan sebagai barang kiriman ($50), barang bawaan penumpang ($250 per orang atau $1000 per keluarga), pelintas batas dll.

      Hapus
  40. Halo, Pak. Saya mau tanya, saya ada beli barang dari china dengan total 430 yuan, yang kalo dengan usd sebesar $71. Barang yang saya beli itu baju semua, trus waktu paket dikirim saya tidak kena bea cukai cuma kena 10000. Nah, sekarang saya ada beli lagi dari china dengan total harga 593 yuan atau $97.86. tapi,dalam satu paket ada baju, tas sama sepatu. Itu gmana ya cra menghitung bea cukainy?
    Terima kasih pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dihitung satu persatu sesuai jenis barangnya Mba.. Lihat tarif nya di BTKI untuk masing masing jenis barnag.

      Hapus
  41. DH,
    Saya berencana import barang senilai $400 dengan ongkos kirim perkiraan maks $150, dari US.
    Barang seluruhnya merupakan benang rajut dengan detail jenis benang adalah katun, serat bambu, acrylic, wool.
    Untuk perkiraan bea masuk yang harus dibayarkan berapa ya, Pak.
    Karena saya berencana untuk memulai usaha, jadi saya mau memperkirakan harga modal saya.
    Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan baca BTKI aja Bu, benang kalau gak salah rata rata terkena bea masuk 5% dan PPN 10%. Cara hitungnya sama dengan contoh diatas.

      Hapus
  42. Pak Muparrih,

    Terima kasih untuk artikel blog Anda yang sangat informatif.

    Saya ada pertanyaan sehubungan dengan kiriman yang saya terima melalui DHL.

    Saya memembeli berbagai barang melalui Amazon senilai USD 40-an (invoice dimasukkan dalam parcel) tapi DHL menetapkan nilai FOB sebesar USD 80 sehingga saya dikenakan bea masuk.

    Ketika saya konfirmasi dengan DHL, mereka menjawab bahwa bea cukai memiliki hak untuk menetapkan harga banding (dalam hal ini USD 80).

    Apakah ada peraturan yang bisa dirujuk untuk mengetahui penentuan harga FOB

    Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya memang pihak PJT yang membuat pemberitahuan impor barangnya ke Bea Cukai.. Untuk mengetahui cara penentuan nilai pabean silahkan Anda download dan baca Peraturan Menteri Keuangan Nomor 160/PMK.04/2010 Tentang Nilai Pabean.

      Hapus
  43. Malam Pak Muparrih,

    pak saya dari medan, ada pertanyaan yang mau saya tanyakan, saya pertama kali nya membeli baju online dari website asos australia, saya membeli 4 baju, dengan total AUD 119.85 + express (udara) AUD 34 = AUD 153.85. dan harga kurs ditetapkan 1 usd = 9706 yang mau saya tanyakan bagaimana caranya menghitung fob?sedangkan nilai cif yg diketahui 120.66, apakah baju dikenakan pph?tolong di beri perincian nya pak dan berapa pajak yang semustinya saya bayar?terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan baca lagi tentang metode penyerahan barang Pak di sini..

      Hapus
  44. Yth. pak Muparrih,
    1. Tks utk. artikel yg sangat bermanfaat ini.
    2. Sy berencana utk membeli dari e-Bay:
    17 buah Heart Rate Monitor Watch dng. total harga US$.373.15 plus shipping cost US$.34.83 (Standard International Shipping).
    Kalau saya check di sistim Harmony Code China (sulit menemukan harmony code di BKTI utk. heart rate meter), sy mendapatkan HC 90.18.90.xx dng BM 5% dan PPN 10%.
    Dng asumsi kurs US$1 = Rp.9900, menggunakan kalkulator bpk diatas saya menemukan total pungutan sebesar Rp.832550.4371249999
    Mohon direcheck apakah perhitungan sy ini benar adanya. Terima kasih atas bantuannya sebelumnya,
    Salam,
    Sammy.

    BalasHapus
  45. Trims banget untuk info contoh perhitungan pajaknya, tapi kadang kantor pos suka menebak/menentukan sendiri harga barang yang kita beli dari LN... jadi harus nego deh akhirnya... :)

    BalasHapus
  46. pak sy minta tlng diterangkan dg rinci ya
    Sy mau beli mesin pelet ikan dari cina harganya dia bilang $4500. Bagaimana sy bisa mendapatkan mesin tersebut sampai rumah saya dan biayanya berapa? Sy kurang mengerti kl ngurus sendiri jd kl lewat agen bagaimana dan siapa yg harus sy hubungi.. Trmksih buesar..

    BalasHapus
  47. selamat sore pak, saya dari bandung. saya ada kiriman dari UK dalam 1 paket ada 7 item. harga yang paling mahal yaitu psp bekas £65 dan sepatu wanita 2 item dengan harga £30. total 7 item seharga £141.00
    saya mendapat surat dari kantor pos bahwa saya harus membayar sebesar Rp 1.158.000 dengan jenis barang shoes.padahal harga psp lebih mahal $65 sedangkan sepatu hanya $30 sehingga BMnya 25%.yang saya dengar kalau barang kiriman lebih dari 3 item (barang dan seller berbeda) perhitungan pajak bea diambil harga 1 item tertinggi.yang menjadi pertanyaan saya bagaimana cara perhitungan yang benar?karena tidak masuk akal sama sekali.
    atas perhatian saya ucapkan terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar Pak, kalau ada barang kiriman lebih dari 3 jenis barang maka dipakai tarif bea masuk tertinggi..

      Hapus
  48. Blog yg sangat membantu sekali....

    Bpk Muparrih Yth :
    Mohon bantuan penjelasannya.
    Saya berencana membeli barang dari luar negeri senila $ 45.46 dengan biaya pengiriman $19.49
    ~ Apakah saya terkena pajak import ?
    ~ Jika kena pajak import, berapa Rupiah yg harus saya keluarkan

    Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih dibawah nilai pabean FOB pembebasan Pak..

      Hapus
  49. Halo pak mau tanya kalo alat komunikasi HT kena pajak apa tidak pak sebagai gambaran harganya sekitar 58 USD kalo dihitung berapa kena pajaknya? dan apa dasarnya? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau diatas $50 terkena bea masuk dan pajak impor Mas.. Barang ini juga terkena sertifikasi, jadi untuk barang kiriman maksimal 2 pcs.

      Hapus
  50. Selamat malam pak Murapih, Blog nya keren banget.
    Sya mau tanya nih pak, rencananya saya mau beli barang berupa sendal wanita sebanyak 3pairs masing2 seharga
    USD 17,50, Shipping & handling charge USD 27,80 untuk semua. Apakah barang saya kena PPnBM? bagaimana cara hitungnya pak?

    Terimakasih atas bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. PPnBM alas kaki dikenakan untuk barang yang nilai impornya 1jt atau lebih tiap pasangnya (pairs).

      Hapus
  51. selamat siang pak...saya ingin membeli blackberry playbook 64 GB dari USA/ UK dengan total biaya 250 USD. berapa pajak yang harus saya bayar. Terima Kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan coba hitung sendiri Pak Badar, tutorialnya mudah untuk difahami. Yang perlu diperhatikan bahwa barang tersebut masuk dalam larangan pembatasan, dimana diatur tataniaganya dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 82/M-DAG/PER/12/2012 tentang Ketentuan Impor Telepon Seluler, Komputer Genggam dan Komputer Tablet.

      Hapus
  52. Selamat pagi Pak Muparrih.. mantap ini kalkulatornya hehe.

    Saya punya pertanyaan. Kalau saya mau beli body gitar elektrik (body dan neck saja tanpa elektronik) itu termasuk apa ya?
    (1) 9202.90.00.00 Instrumen musik bersenar lainnya (misalnya, gitar, biola, harpa)
    (2) 9207.90.00.00 Instrumen musik, dengan suara yang dihasilkan, atau harus diperkuat, secara elektrik (misalnya, organ, gitar, akordeon).

    Setau saya gitar elektrik masuk kategori (2) karena ada elektroniknya. Tapi jika hanya body dan neck saja apakah bisa masuk kategori (1)? Karena di kategori (2) itu ada PPnBM 20%, dan harganya bisa jadi jauh sekali berbeda.

    Terima kasih buat masukannya pak. Maju terus untuk blognya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin masuk ke bagiannya Mas 9209.94.00.00, tapi saya kurang yakin.. Coba baca catatan dan explanatory note nya dulu! Saya kebetulan gak punya.

      Hapus
  53. Selamat malam Pak Muparrih, terimakasih atas kalkulatornya dan informasi-informasinya pak.

    Tapi saya masih bingung pak, saya pernah dengar bahwa jika harga barang dibawah 50USD maka akan bebas pajak, tapi belum pernah melihat contohnya. Nah bagaimana jika misalnya ada dua kasus begini
    :
    1. Saya mengimpor mainan dari Jepang, seingat saya pajak untuk mainan 15%. Nah harga mainannya 33USD, sedangkan ongkos kirimnya 8USD, totalnya 41USD, apa kiriman saya akan datang gratis tanpa biaya apapun pak atau bagaimana?

    2. Saya mengimpor mainan lagi, harga mainannya 45USD, sedangkan ongkosnya 10USD, jadi totalnya 55USD. Kalau begitu bagaimana perhitungannya pak?

    Terima kasih pak, semoga sukses selalu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar Pak Tadi, barang kiriman yang sampai dengan $50 dibebaskan dari pungutan bea masuk dan pajak dalam rangka impor. Contoh ke 1 dan ke 2 tidak dipungut bea masuk dan pajak dalam rangka impor, karena nilai FOB (harga penyerahan barang sampai dengan diatas kapal, tidak termasuk biaya kirim dan asuransi) masih dibawah pembebasan.

      Hapus
  54. mas saya mau tanya.. batas pembebasan bea masuk adalah nominal dibawah 50 dollar US.
    untuk curency GBP poundsterling brp batasnya? apakah sama snilai 50GBP juga apa diambil selisih dari GBP ke USD, trus baru dikenai perhitungan. mohon pencerahannya mas. soalnya saya mo checkout di ebay senilai 38.GBP. nah kalo di konversi ke USD sekitar 61 USD. apakah nanti saya akan kena selisih 11 USD nya?
    terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. FOB $50, kalau transaksi Anda menggunakan mata uang selain dolar, konversikan terlebih dahulu untuk mengetahui apakah nilai FOB nya lebih dari $50. Kalau punya Mas Dendy senilai $61 berarti terkena pungutan bea masuk dan pajak dalam rangka impor.

      Hapus
  55. sore pak, mao nanya nih berhubung mao ngimport barang pertama kali dari china biar gak dikibulin untuk masalah pajak masuk

    saya beli smartphone seharga $200, free shipping, ingin tanya, itungan rinci untuk total biaya pajak dll seperti apa ya ...??? maklum saya bukan orang akuntansijadi gak nerti penghitungan pajak yg seperti bapak buatkan toolsnya

    thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hand phone dikenakan BM 0%, PPN 10%. Kalau FOB nya $200 Freightnya $20, Asuransinya $1.1. Masukkan nilainya nanti akan ketemu jumlah pungutan kurang lebih Rp299.425.

      Namun untuk diketahui berdasarkan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 82/M-DAG/PER/12/2012 tentang Ketentuan Impor Telepon Seluler, Komputer Genggam dan Komputer Tablet, barang tersebut masuk barang yang diatur tataniaga impornya, tidak sembarang orang boleh mengimpor barang tersebut, termasuk dalam kategori impor barang kiriman.

      Hapus
    2. makasih pak, jadi saya bisa kalkulasiin sendiri biar gak ditembak harga.

      waduh, bakal susah nih, padahal rencana bulan maret-april mao beli gadged sih, buat koleksi aja coman 1 biji, gak buat dijual, kira" bakal susah gak ya ...???

      thx

      Hapus
    3. Oh iya Mas.. itu asumsinya 1 dollar Rp10.000

      Hapus
  56. Siang Pak. Saya dari Bandung dan sekarang masih bingung nih mengenai perhitungan pajak beacukai. Saya berencana mau membeli kamera DSLR Canon D7 dari amerika.
    Yang membuat saya bingung untuk beacukai adalah harga kamera tersebut merupakan bundling sama lensa dan accesories lainnya.
    Harga Paket Cameranya adalah $1,300.36 dan Ongkos kirimnya USPS $139.80.
    Untuk informasi isi dalam paket:
    Product info package icon
    *Canon EOS 7D Body Only
    *Canon 18-55mm f/3.5-5.6 IS II Auto Focus Lens
    *Canon 55-250mm f/4-5.6 IS II Autofocus Lens
    *8GB Professional CompactFlash (CF) Card
    *Profesional Black Aluminum 72" Tripod
    *Bower SCB1250 Pro Digital SLR Bag/Case - Large
    *318AF Digital Slave Flash For Use With Digital Or Film
    Cameras
    *Remote Switch F/Canon Digital SLR Pro Cameras (RS80)
    *Deluxe Lens Care & Maintenance Package (LCK-3S)
    *Flexible Mini Table Top Tripod
    *Universal Screen Protectors
    *Memory Card Wallet
    *Deluxe Fiber Cloth
    *Lens Pouch
    *Lens Pouch
    *CapKeeper
    *CapKeeper
    *CD Flash Fixers Image Recall Sofware - Recover
    YourDigital Images

    Saya masih bimbang dalam menetapkan hitungan buat beacukai yang harus saya bayarkan. Untuk perhitungan saya untuk beacukai adalah $382.294 = Rp.3.691.048 asumsi $1 = Rp.9655.
    Pertanyaan saya apakah perhitungan tersebut sudah benar?
    Didalam paket kamera tersebut terdapat 2 lensa terpisah/tidak terpasang dengan kamera. Apakah 2 lensa tersebut dikenakan tambahan beacukai lagi? untuk linkwebnya http://www.rythercamera.com/catalog/product_info.php?products_id=31740

    Saya mohon bapak memberikan penjelasannya buat pertimbangan saya apakah masih lebih ekonomis beli kamera seperti ini di US atau di Indonesia. Mengingat ditambah biaya kirim dan beacukai.

    Sebelum dan sesudahnya saya mengucapkan terimakasih buat Bapak.

    Judianto


    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya kalau lensa tersebut masuk dalam 1 set barang tersebut tidak dikenakan pembeaan tersendiri. Untuk klasifikasinya menurut saya masuk ke pos tarif 9006, dimana kalau kamera tersebut menggunakan Single Lens Reflex (SLR) atau sekarang Digital Single Lens Reflex (DSLR) menurut saya juga dikenakan PPnBM 10%.

      Hapus
  57. Makasih pak Muparrih.. jadi untuk 2 lensa dalam 1 paket kamera tidak dikenakan pabean lagi. Jadi pabean nya hanya dari total harga paket kamera tersebut + Onkos Kirim - 50% ya pak? Untuk perhitungannya kena ppn 10% + PPnBM 10% + 7,5% pph.

    Makasih pak.

    BalasHapus
  58. permisi pak
    saya ingin tanya masalah pajak impor ini
    saya berencana membeli sepatu kulit seharga US$ 65
    sedangkan ongkos kirimnya kena US$ 20
    setelah saya hitung dengan kalkulator yang tersedia, tidak muncul biayanya
    FOB : US$ 65
    kurs : 10000
    tarif bea masuk : 25%
    tarif PPN : 10%
    tarif PPnBM : 40 %
    asuransi : 0 (saya tidak tahu berapa asuransinya)
    freight : 20 $

    saya mengisi itu berdasar BTKI 2012 No. 5827
    apakah sudah benar dan saya tidak usah membayar pajak import tsb?
    terima kasih perhatiannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asuransinya dicari dengan cara mengalikan nilai CFR (Cost and Freight) x 0.5%. Jadi ($65+$20)x0.5%. Pembebanannya sepertinya sudah benar Pak, pada pos tarif 64.04.

      Hapus
    2. terima kasih atas infonya pak, sangat membantu saya

      Hapus
  59. Pak Mahfud,
    mw tanya nih, saya kan berencana beli action figure bwt di jual lg dari aliexpress.
    yg lokasiny di cina, nah di shoping cart sama di catalogny bilangnya "price" bukan "FOB"
    kalau di alibaba kan emang "FOB", nah dari total kseluruhan barang yg saya beli total biayanya $304.42, free shipping, total ada skitar 28 item.
    nah ngitung pajakny gimana tuh?
    saya udah pake kalkulator d atas dapet hasil 875777.245 yg harus d bayarkan dgn asumsi kurs Rp. 9800,
    yang mw saya tanyakan; apa g salah tuh? masa pajaknya gede bener, untuk itungan bukan calon seller yg jualannya paling lewat facebook.
    semua harga yg ada di catalog barang2 di luar apa pun namanya itu ttp FOB bukan?
    dari BTKI dapet beamasuk 15%, dan PPn 10%..
    saya agak herannya mainan(action figure masuk ke toys lebih tepatnya boneka) kok biaya masuky gede jg y 15%...
    begitu aja sih pak, mohon jawaban+tanggapannya...
    maaf klo kepanjangan dan membingungkan, krn saya jg bingung...

    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tanyakan saja ke penjualnya Pak, apakah penyerahan barangnya menggunakan FOB atau CNF atau bahkan CIF. Untuk lebih jelasnya silahkan baca tulisan saya tentang Penyerahan Barang.

      Hapus
  60. Selamat siang bapak Muparrih.

    Perkenalkan nama saya Siska. Terimakasih banyak atas kalkulatornya, sangat membantu saya dalam menghitung jumlah pajak yg harus saya bayar. Jadi begini pak kasus saya, saya tinggal di Amerika dan sekarang ini mau mengimpor jam sebanyak 4 buah ke Indonesia, saya mahasiswa dan ini benar- benar pertama kali saya berurusan dengan import. Jam ini jam arsitektural yg mau dipasang di pembangunan tower di Indonesia, jadi semacam Jam Gadang begitu, pak. Diameter jamnya sekitar 90 cm. Jam ini utk proyek papa saya, dan saya mencoba membantu beliau mengimpor barang yg dibutuhkan untuk perusahaannya. Saya mencoba refer back ke daftar HS yg dikeluarkan Bea Cukai Indonesia, tapi saya bingung pak, apakah jam untuk bangunan ini dihitung sebagai barang mewah atau bukan? Utk kode HS nya kira- kira yg mana ya pak? Karena untuk jam sendiri kodenya 9105, cuma saya tidak yakin apakah kode 9105.91.00.20 bisa digunakan untuk menghitung pajaknya? Karena jam ini digunakan untuk bangunan umum. Harga barang total $12,000.

    Atas jawabannya saya ucapkan terima kasih Pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf pak sebagai informasi tambahan, CIF sebesar $1,250 via PESAWAT UDARA. CIF itu kan sudah cost, insurance dan freight. Untuk di kalkulator saya perlu masukkan angka berapa ya untuk column insurance dan freight? Terima kasih pak sekali lagi.

      Hapus
    2. Jam masuk dalam HS code 9103 s.d. 9105, sedangkan Alroji masuk 9101 dan 9102. Khusus untuk Jam, baik Jam Dinding, Kendaraan, Beker dll. pada Buku Tarif Kepabeanan Indonesia 2012 memiliki tarif Bea Masuk dan Pajak Dalam Rangka impor yang sama, yaitu BM 5 %, PPN 10%.

      PPnBM dikenakan untuk Jam yang sebagian atau seluruhnya terbuat dari logam mulia atau dari logam yang dilapisi logam mulia atau campuran daripadanya sebesar 40% sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 620/PMK.03/2004.

      Kalau nilai penyerahan barangnya sudah CIF, maka untuk kalkulator yang saya buat isikan saja Freight dan asuransinya dengan angka 0 "nol". Semoga bisa membantu Mba..

      Hapus
  61. Selamat pagi pak,
    saya ingin bertanya, rencana nya akan mengirim mobil dari jepang ke indonesia. nah dari penjelasan dan membaca komen2 yang ada,
    1. saya masih bingung apa itu FOB, PPnBM, dll yang harus dimasukkan kedalam kalkulator. dari mana saya dapat mengetahuinya?
    2. jika ingin mengirim mobil, adakah surat-surat yang harus diurus selain pajak dan bea masuk.
    3. adakah ketentuan, mobil-mobil yang seperti apa yang bisa dikirim ke indonesia.
    dalam hal ini, mobil saya ini akan dipakai bukan untuk dijual lagi.
    Terima kasih sebelumnya pak, maaf kalo pertanyaan saya banyak. karena jujur saya bener2 buta dlm hal seperti ini. Kiranya bapak bisa membantu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak tambahan, setelah saya baca BTKI yang dari bapak, mobil itu masuk nya ke kode yang mana ya pak 8805, atau 8790, atau 8796? soalnya di uraian barang, semuanya sama. Mohon bantuannya ya Pak,,,

      Hapus
    2. Silahkan cari tulisan yang membahas tentang Metode Penyerahaan Barang dalam rangka perdagangan internasional di Blog ini Mba. Untuk impor kendaraan bermotor tentunya harus dalam keadaan baru dan memenuhi persyratan teknis lainnya seperti pendaftaran tipe kendaraan ke Direktorat Jenderal Industri Logam Mesin Elektronika dan Aneka yang dilengkapi dengan Vehicle Identification Number dsb.

      Untuk HS code silahkan baca takik-takik sebelumnya, misalanya kalau yang Ibu lihat takik dua tentunya harus dilihat takik satunya, serta catatan-catatan bagian dan explanatory notes nya.

      Hapus
    3. Ya terima kasih pak atas penjelasannya.

      Hapus
  62. Assalamualaikum Pak,
    saya mebuat perhitungan di excel mengenai pengenaan bea masuk dan pajak impor sbb:
    FOB $238,16 , Freight $ 52,71 , Asuransinya $0 , BM 15% , Tarif pph pasal 22 7,5% dan PPN 10%
    Hasil perhitungan jumlah pungutan BM pada excel hasilnya sudah sama dengan hasil perhitungan di kalkulator pajak, namun terdapat perbedaan jumlah pungutan PPn dan PPh. Kalau boleh tahu bagaimana formula perhitungan PPn dan PPh di kalkulator tersebut?
    Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. WSS Bu.. Formula untuk mencari PPh, PPN dan PPnBM diperoleh dari pengalian tarif (PPh, PPN, PPnBM) dengan Nilai Impornya. Nilai Impornya diperoleh dari penjumlah Nilai Pabean (CIF) dengan Bea Masuk atau Cukai kalau ada.

      Hapus
  63. Saya baru ingin memulai menekuni bisnis impor barang dari ebay. Sebagai pemula

    Apakah hitung hitungan saya ini benar bapak.

    Untuk barang Motherboard HP G42 Compaq Presario
    Kalo menurut saya motherboard komputer masuk kategori (HS Code 84.73)

    FOB Barang (USD) = $ 60
    Kurs 1 USD (Rp) = 10.000
    Tarif Bea Masuk (%) = 5
    Tarif PPN (%) = 10
    Tarif PPnBM (%)
    Tarif PPh pasal 22 = 7.5%
    Pembebasan FOB (USD) = Kiriman Pos
    Asuransi (USD) = 0.5%
    Freight (USD) = $40

    ====================================================
    Harga barang 60 = 600.000
    Kurs dolar 10 = 10.000 (agar mudah menghitungnya)
    biaya kirim 42 = 420.000
    bea masuk = 26.250
    pph = 41.400
    ppn = 55.125
    ========================== +
    1.152.775

    BalasHapus
  64. sy tomi mau tanya
    halo pak muparih,sy mau tanya.
    sy mau beli barang dr USA yaitu sepatu.yang jumlahnya ada 6 pasang,harganya ada yg di bawah 50$,dan dibawah 100$.apabila sudah datang pihak bea cukai akan menghitung pajak dari 1 sepatu/keseluruhan dari 1 paket tersebut?
    apakan sepatu sy yg di bawah 50$ akan dikasih biaya bebas cukai pak?
    trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dilihat dari total nilai FOB barang kiriman Bapak..

      Hapus
  65. Malam pak, saya mau bertanya saya membeli tas seharga 120GBP dengan free ongkir dari web nya. Kemarin saya menerima surat pos bahwa bea pabean/pajak yang harus saya bayar kalau tidak memiliki NPWP sebesar 1.058.000. yang saya ingin tanyakan apakah nilai itu yang saya bayarkan pada pos atau nilai tersebut belum dihitung pph/ppn nya? karena nilai itu besar sekali lebih dr setengah harga barang yang sy beli
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya jumlah tagihan yang diberitahukan adalah total pungutan yang wajib dilunasi. Didalamnya sudah termasuk pungutan bea masuk dan pajak dalam rangka impor (PPh, PPnBM, PPN).

      Kalau barangnya berupa tas, dikenakan PPnBM 40% apabila tas tersebut memiliki nilai impor diatas Rp. 500.000. Dan karena Ibu tidak memiliki NPWP, maka Ibu akan terkena PPh sebesar 15% dari nilai impornya.

      Hapus
  66. Mohon pencerahannya, Pak. Apakah buku-buku pelajar dari luar negeri yang dikirimkan melalui jalur laut apakah akan kena bea masuk dan pajak atau biaya kepabeanan lainnya? Mengingat, berdasarkan info dari rekan kami di Jakarta. Kami harus mempersiapkan biaya sekitar 1000 USD untuk pengiriman barang sebanyak 200 karton (karton rokok seukuran rokok Marlboro)yang dimiliki 180 orang pelajar. Mahalnya biaya itu, menurut mereka, juga tak lepas dari permainan dari oknum bea dan cukai yang meminta jatah. Mohon pencerahannya, Pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, bukan 1000 USD tapi 10000 USD. Sebagai tambahan, kami mengirimkan barang tersebut dalam satu kontainer ukuran 20 dengan biaya pengiriman 700 USD.

      Hapus
    2. Buku pendidikan, teknik, ilmu pengetahuan, sejarah atau budaya pos tarif 4901.99.10.00 dikenakan bea masuk 0%, PPN 10% san PPh 7.5%/ 2.5% dari nilai impornya. Bahkan untuk PPN, kalau Bapak punya SKB bisa dibebaskan dari pungutan tersebut (silahkan googling cara mendapatkan SKB tersebut). Jadi nantinya akan dikenakan PPh saja.

      Mengenai informasi yang Anda dapatkan, hendaknya jangan diterima begitu saja. Tanyakan lagi kepada pihak pengurusan jasa kepabeanan nya disana. Minta detail biaya yang akan dikeluarkan.




      Hapus
  67. Pak Muparrih yang budiman,

    Saya sangat menghargai upaya Bapak untuk memberi pencerahan pada kami yang awam ini, saya yakin banyak yang sudah terbantu oleh Bapak.

    Saya juga mau tanya satu hal, kalau saya membeli tas kulit seharga GBP 101 dari website di UK (kebetulan sedang free shipping) apakah akan kena PPnBM? Untuk tas kulit, bagaimana menetapkan apakah tas tersebut termasuk barang mewah atau bukan, apakah dari harga, merek, atau apa? Kalau patokannya harga, min berapa yg terkena PPnBM? Terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tas dengan permukaan luar dari kulit samak, kulit komposisi atau kulit paten bisa dikategorikan menjadi barang mewah kalau nilai impor barangnya senilai Rp. 500.000 atau lebih. Kelompok barang ini dikenakan PPnBM sebesar 40% sebagaimana diatur dalam 620/PMK.03/2004 dan perubahannya..

      Hapus
    2. Terimakasih Pak. Tadi saya pergi ke kantor bea cukai di Bandara menanyakan perhitungan bea masuk dll krn kelihatannya ada janggal. Nilai invoice saya kan 101 GBP dan free shipping, tp oleh petugas bea cukai ditambahkan sendiri biaya kirim dr rujukan yg mereka punya. Jadi tadi saya agak berdebat sedikit mengenqi hal ini, karena walaupun saya punya dokumen yang membuktikan free shipping, mrk berargumen bahwa bagaimanapun si penjual di sana pasti membayar biaya kirim ke kurir walaupun tidak dibebankan ke saya. Lha ini gimana sih sebenernya ya Pak, perhitungan biaya freight ini dilihat dr nilai yg saya bayarkan atau nilai yg penjual bayarkan ke kurir? Kalau untuk kasus spt saya harusnya bagaimana melihatnya?

      Lalu hal lain yg saya pertanyakan juga, kenapa bea masuk untuk tas kulit dikenakan 15% padahal jelas di btki disebutkan tas kulit samak 10%. Sedangkan yg kena 15% adalah tas kulit dengan lapisan plastik, sedangkan tas saya tidak ada lapisan plastik. Kenapa sudah ada petunjuk detail spt itu penilaian petugas masih bisa keliru ya Pak....atau memang mereka menilainya cuma kira-kira saja tidak benar2 mengacu pada btki?

      Hapus
    3. Untuk menghitung bea masuk, maka nilai pabeannya harus dijadikan menjadi cost insurance and freight (CIF). Kalau Ibu tidak bisa memberikan data freight nya, maka freightnya akan dicari dengan menggunakan rumus sbb:

      > Untuk pengangkutan melalui laut maka Freight-nya; 5% dari FOB (Free on Board) untuk barang yang dikirim dari negara ASEAN, 10% dari FOB untuk Asia-Non Asean atau Australia, 15% untuk negara selain dari keduanya.

      > Untuk pengangkutan udara ditentukan berdasarkan Tariff International Air Transport Association (IATA).

      Begitu juga dengan asuransinya, apabila Ibu tidak bisa memberikan data asuransinya nya, akan ditetapkan 0,5% dari nilai Cost and Freight (CFR).

      Hapus
  68. malam Pak Muparrih,

    maaf saya mau tanya, kemarin ini saya membeli tas dari US, bukan tas kulit, hanya tas canvas biasa, seharga $89.95, dan setelah sampai, kena pajak 308,100, saya langsung bayar saja karena terburu2 mau hujan, tapi setelah pulang, saya cek ini tidak benar, tertulis di PPKP, tarif pos / HS 4202.12.99.00, harga barang $89.95, tanpa dikurangin $50. Seharusnya nilai $89.95 itu dikurangin $50 dulu kan baru dihitung pajak nya..?

    saya berniat mengajukan kembali keberatan saya ini ke bagian bea cukai, apakah bisa nanti uang kelebihannya dikembalikan?

    juga 1 pertanyaan lagi, saya masih ada barang yg belum saya ambil di kantor bea cukai, barang berupa action figure, yg saya beli senilai $103, tapi ntah kenapa dikenakan pajak yg tidak masuk akal (IDR 665,800), ini bisa saya ajukan keberatan dengan membawa bukti pembayaran paypal saya kan?

    kenapa ya hal spt ini bisa terjadi? apakah banyak petugas bea cukai yg memang nakal seperti ini...?

    terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dikurangi $50 dulu, kelebihannya yang dikenakan bea masuk dan pajak dalam rangka impor.

      keberatan atas penetapan petugas bea cukai di kantor pos bisa diajukan secara tertulis kepada Kepala Kantor Bea Cukai yang membawahi kantor pos dimaksud, disertai dengan alasan-alasannya termasuk bukti pendukung yang Anda punyai sebagaimana dijelaskan dalam Surat Edaran bersama PT.POS INDONESIA dengan DJBC nomor: SE-20/BC/2000 ,35/Dirutpos/2000.

      Nakalnya dimana Pak? kan Bapak bayarnya di kantor pos, bukan sama petugas bea cukainya. Kantor pos persepsi akan menyetorkannya ke kas negara. Silahkan baca tulisan saya tentang Cara membayar Bea Masuk. Kejadian seperti ini sebaiknya ditanyakan terlebih dahulu ke petugas yang membuat PPKP, namanya manusia bisa saja ada sedikit kekeliruan. Begitu Pak, suskses ya..

      Kalau Bea Cuka

      Hapus
  69. Saya sangat berterimakasih krn banyak info bermanfaat dari blog ini.Kebetulan sy sudah mencoba impor barang yg berharga dibawah $50 dan memang tidak dikenakan bea masuk/pajak.Selanjutnya sy ingin kembali mengimpor dalam jumlah lbh banyak.Yg menjadi pertanyaan sy,apabila FOB misalkan $400 tp oleh penjual dilaporkan seharga $200,apakah sy akan dikenakan denda selain yg seharusnya saya tanggung(FOB $400)? Mohon pencerahan utk pemula seperti saya,terimakasih banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Importir yang salah memberitahukan nilai pabean
      untuk penghitungan bea masuk sehingga
      mengakibatkan kekurangan pembayaran bea masuk
      dikenai sanksi administrasi berupa denda paling
      sedikit 100% (seratus persen) dari bea masuk yang
      kurang dibayar dan paling banyak 1000% (seribu
      persen) dari bea masuk yang kurang dibayar (pasal 16 ayat 4 UU No.17/2006 Tentang Kepabeanan).

      Hapus
  70. Pak Muparrih,

    maaf saya ada pertanyaan lanjutan, saya tulis langsung di bawah jawaban Bapak terhadap pertanyan saya sebelum ini (di atas)....khawatir terlewat oleh Bapak. Mohon dijelaskan ya Pak....terimakasih.

    BalasHapus
  71. maaf pak, mao nanya lagi nih, kira" import powerbank sebesar $500, kira-kira brapa ya pajaknya, trus perhitungannya gmn ya ...??? biar gak diakal"n sama orang bea cukai, thx. quantiti banyak soalnya, thx

    BalasHapus
  72. selamat pagi pak...

    perkenalkan nama sy mayleen.
    saya punya usaha olshop barang import,selama ini saya titip teman yang wara wiri ke indonesia, jadi nda terlalu ribet. sekarang ini saya mw import sendiri, tapi saya nda punya siup, api, dsbnya. sy hanya punya npwp itupun atas nama pribadi. sedangkan kl untuk dijual lagi harus punya dokumen perusahaan y pak?
    yang mau saya tanyakan, karna saya pakai EMS kl saya pakai jasa emkl custom clearance consignee import (under name) sama aja dengan jasa dhl/fedex/ups? menurut bapak,, lebih baik pakai yang mana?

    terimakasih atas pencerahannya.

    BalasHapus
  73. maaf pak ada yang mw saya tambahkan,, saya mw import baju bayi yang mw saya jual lagi,, apakah itu termasuk import barang larangan dan pembatasan? kalau iya,, waduh repot y pak karna usaha saya hanya olshop,, g punya NPIK Tekstil dsbnya. kalau saya memakai jasa emkl fasilitas under name bisa g y pak?

    terimakasih banyak atas masukannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Garmen termasuk barang yang terkena pembatasan impor Bu. Dalam bahasa peraturannya dinamakan produk tertentu. selain garmen/ pakaian jadi yang masuk dalam kategori produk tertentu adalah produk makanan dan minuman, obat tradisional dan suplemen makanan, kosmetik, alas kaki, elektronika, dan mainan anak-anak.

      Impor produk tertentu diatur dalam peraturan Menteri Perdagangan Nomor 141/MPP/KEP/3/2002 dan perubahannya 07/M-DAG/PER/3/2008 serta 83/M-DAG/PER/12/2012. Dimana untuk mengimpor produk tertentu hanya diijinkan kepada Importir Terdaftar dan telah mendapatkan Nomor Pengenal Importir Khusus (NPIK). Kemudian produk tertentu juga harus dilengkapi dengan hasil penelusuran teknis yang dilakukan oleh surveyor yang ditunjuk Mendag, dan dituangkan dalam Laporan Surveyor (LS).

      Namun untuk barang kiriman dikecualikan dari ketentuan tersebut, dengan syarat sbb:
      >>Dibolehkan diimpor oleh selain Importir Terdaftar dan tanpa LS barang kiriman berupa pakaian jadi/ garmen paling banyak FOB US$ 250,00;
      >>Dibolehkan diimpor tanpa NPIK, barang kiriman impor produk tertentu asalkan tidak untuk diperdagangkan.

      Demikian Bu Meyleen.

      Hapus
  74. pak, nanya donk, kalo import untuk pribadi, katanya kalo kita punya npwp bakal lebih murah ..??? betul tidak pak ..??

    maaf saya nubi, lg nunggu barang dateng.
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar Mas Fikri, terutama mengenai pungutan Pajak Penghasilan (PPh pasal 22). Dimana kalau importir tersebut memiliki NPWP dan memiliki angka pengenai impor (API) hanya dikenakan 2.5% dari nilai impor, punya NPWP tapi tidak punya API dikenakan 7.5% dari nilai impor, dan kalau tidak ada NPWP maka akan dipungut 100% lebih besar dari tarif sebelumnya, yaitu sebesar 15% sebagaimana diatur dalam Keputusan Menteri Keuangan Nomor 154/PMK.03/2010 (Keputusan terakhir setelah beberapa kali diatur tentang ini).

      Hapus
  75. saya mau tanya, kalau barang saya dinilai lebih dari seharusnya (nilai FOB + freight dinilai jauh lebih tinggi dari nilai asli), dan perbedaan nilai cukup jauh, kira-kira berapa lama perbaikan nilai bea cukai akan keluar?
    saya membutuhkannya dalam waktu cepat, karena barang itu merupakan barang sumbangan saya (seragam) untuk acara keagamaan di rumah ibadah saya (jarak waktu kurang dari seminggu). apakah bisa selesai dalam 1 hari?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Barang kiriman ya Pak? lewat Kantor Pos?, Datang saja ke kantor pos tersebut, bawa bukti yang objektif seperti invoice dll. Saya rasa cepat selesai pak..

      Hapus
    2. iya barang kiriman... invoice hasil print dan bukti pembayaran dari e-banking bisa menjadi bukti objektif? karena jelas saya tidak memiliki invoice asli. untuk cepat selesainya, kira-kira bisa langsung selesai atau harus menunggu lagi?
      trims infonya.

      Hapus
    3. Langsung Pak, biasanya nanti direvisi penetapannya nya..

      Hapus
    4. Hi, Livina.

      Bisa update hasil penyelesaian nilai bea cukainya? apakah di persulit? saya sedang mengalami masalah yg mirip.

      Thanks

      Hapus
  76. Assalamualaikum pak, terima kasih atas kalkulatornya, sangat membantumpak, saya cuma mohon bantu penegasan aja nih pak, saya impor hp dri singapur, harganya rp. 1.350.00 udh termasuk ongkos kirim, dll. Nah saya dpt surat pemberitahuan pajak sebesar 750ribuan, padahal saya hitung dgan kalkulator bapak seharusnya cuma 260ribuan, yg benar yg mana yah pak? Terima kasih banyak atas penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ada kejanggalan lebih baik datang saja langsung ke Kantor Pos nya dengan membawa bukti yang objektif Pak..

      Hapus
  77. Halo pak Muparrih, salam kenal..
    Saya mau menanyakan, saya rencana ingin membeli beberapa alat2 kedokteran impor dari China, seharga $ 5500 . freight $ 280... rencananya penerima saya sendiri....
    saya masih bingung menggunakan kalkulatornya... jika saya kalkulasi jumlah yg saya dapat, 16 jt rupiah total pungutannya...apakah perhitungan saya sudah benar ????
    bagaimanakah cara menghitung bea masuknya,yang benar ???
    kira2 berapakah yang harus saya bayar atas barang tersebut ??? Rencana barang ini di import melalui laut ( LCL.)
    apakah sebaiknya saya menggunakan jasa penerima barang impor atau bagaimana baiknya ?
    mohon masukan dan penjelasannya pak. !
    terima kasih atas perhatiannya pak.... ^.^

    BalasHapus
  78. wah kok jadi banyak komen spam nya :|

    pak saya mau tanya, misalkan saya mau impor cetakan kue yang jumlahnya 20 pcs, dengan harga barang $ 40, free shipping, berarti tidak terkena pajak dan hanya perlu mengganti biaya packing ulang ya?

    BalasHapus
  79. makin di baca makin bingung saya pak...hahaha

    BalasHapus
  80. mau tanya, kalau beli Sony Vaio Tab 20" (Mobile Desktop PC) kisaran $1200. itu pajaknya kena yang mana yah? Apakah kena pajak bagian 8471.50.10.00 yang mengenai - - Unit pengolah untuk komputer personal (termasuk komputer portable)
    ??? Jadi kena pajaknya hanya 10% ??

    BalasHapus
  81. Maaf Pak, saya mau tanya. saya beli sepatu untuk weightlifting secara online dari US dan invoicenya tidak ada di dalam packetnya, hanya dikirimkan secara elektronik. dari mana pihak bea cukai menentukan harga dan tax untuk barang yang saya beli itu? berdasarkan apa estimasinya. dan apabila estimasi dari bea cukai ternyata lebih tinggi dari harga yang saya bayarkan ke penjualnya, apa yang harus saya lakukan?

    BalasHapus
  82. Pak, terima kasih atas informasinya. Infonya sangat bermanfaat.. :)

    BalasHapus
  83. Salam kenal,

    Saya mau nanya pak, saya berencana mengimport Power Bank dari china untuk dijual lagi, setiap pembelian sekitar $880 sudah CIF.
    Misal rincian :
    Harga : $755
    Ongkos kirim $125
    Total : $880
    Berapa kira2 pajaknya?
    Apakah boleh kita import secara RUTIN dengan tujuan untuk dijual kembali, misal pajak kita bayar sesuai aturan.

    Terima kasih

    BalasHapus
  84. Halo Pak,
    Semoga Bapak bisa membantu saya soal pajak mengenai barang bekas.
    Tolong tanya apabila saya membeli kursi, sofa dan meja bekas (2nd hand) dari Belanda (jumlah sekitar 20 - 30 pieces) untuk diimport ke Indonesia, apa saya akan kena PPN dan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah? Apa akan terkena kedua pajak hanya kalau akan dijual lagi? Berapa persen ya kira2 pajaknya kalau mebelnya akan diapakai sendiri atau akan dijual?

    Terima kasih ya Pak sebelumnya untuk infonya.

    BalasHapus
  85. salam kenal,,

    saya mau tanya klw tablet pc/komputer tuh kena % tarifnya?

    makasih

    BalasHapus
  86. Salam Kenal Pak Muparrih, saya berlokasi di batam dan rencana mau beli
    barang dari luar negri secara online untuk dijual kembali.
    Yang saya mau tanyakan adalah:

    1. Contohnya saya membeli barang dari cina, pengiriman mengunakan Fedex,
    barang sampai indonesia diteruskan ke kantor pos, kantor pos mengirim
    barang saya sampai kerumah kalau FOB dibawah USD50, apakah begitu
    prosedurnya pak? Bagaimana saya tahu dari pihak Fedex diteruskan ke
    kantor pos, bukan ke Tiki atau yang lainnya? atau pihak Fedex sendiri yg
    antar kerumah? Kalau yang diterusakan ke kantor pos itu pengiriman lewat apa saja?

    2. Batam katanya FTZ, apakah prosedurnya beda? mungkin FOB nya diatas
    USD 50 atau bebas bea cukai atau sama saja perhitungannya? Kalau sama
    lalu, FTZ itu berlaku untuk perusahaan saja?

    3. Petugas cukai tahu harga barang yang saya beli dari invoice / nota pembelian yang dilampirkan di barang pada waktu dikirim ya pak?

    4. Apakah bapak bisa memberikan saran untuk metode pengiriman yang paling baik itu lewat apa?

    Mohon petunjuknya pak, maklum belum ngerti apa-apa..

    Thanks,
    Tommy

    BalasHapus
  87. Pak Mupparih

    Lagi-lagi pungutan bea masuk dan pajak dalam rangka impor selalu tidak jelas.
    Satu lagi hal yg ingin saya tanyakan
    sebenarnya adakah komponen lain atau dasar aturan lain untuk mengenakan bea masuk dan pajak impor selain komponen yg ada dalam kalkulator diatas?

    Contoh kasus, saya membeli celana jeans dari China 2 lembar Seharga USD 21/lembar, 1 lembar dikirim ke alamat saya dan satu lembar lagi dikirim ke alamat adik saya, pengiriman lewat China Post (Free Shipping) setelah saya lakukan tracking AWB, sebelumnya tidak ada tax / tax:Rp 0,- tetapi sekarang tax menjadi Rp 132.600, nah pertanyaanya ini cara menghitungnya bagaimana? saya udah coba pakai kalkulator diatas dengan asumsi sebagai berikut :

    FOB Barang (USD) = 21
    Kurs 1 USD (Rp) = 10000
    Tarif Bea Masuk (%) = 100
    Tarif PPN (%) = 10
    Tarif PPnBM (%) = 0
    Tarif PPh pasal 22 (%) = 15
    Pembebasan FOB (USD) = 50
    Asuransi (USD) = 2
    Freight (USD) = 20
    --------- ---------
    Jumlah Pungutan Bea Masuk (Rp) = -70000
    Jumlah Pungutan PPN (Rp) = -14000
    Jumlah Pungutan PPnBM (Rp) = 0
    Jumlah Pungutan PPh (Rp) = -21000
    Total Pungutan (Rp) = -105000

    silahkan cek track number berikut :
    RB450212255CN
    RB450212162CN

    Mohon penjelasannya
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya pasang tarif bea masuk 100% dan pph pasal 22 15% seperti diatas saja hasilnya masih minus, Pajak Rp 132.600 ini muncul darimana kira2 pak?

      Tracking disini http://www.17track.net/en/result/post.shtml?nums=RB450212162CN%2CRB450212255CN

      Hapus
    2. Kalau nilainya dibawah $50 (Impor Barang Kiriman) dibebaskan bea masuk dan pajak dalam rangka impornya. Kalau Bapak coba hitung di kalkulator ini, ya jelas nilainya minus, karena nilai FOB nya akan dikurangkan $50.

      InsyaAlloh kalau ada waktu senggang kalkulator ini akan saya perbaiki dengan memasukkan beberapa validasi, sehingga tidak terjadi kebingungan.

      Saran saya datang saja ke Kantor Pos nya Pak, bawa invoice atau bukti pembayarannya, semoga bisa membantu Anda.

      Hapus
    3. Udah saya kasih validasinya Pak, silahkan gunakan lagi..

      Saya menerima masukan Anda, untuk perbaikan kedepannya..

      Hapus
    4. Terimakasih atas penjelasan dan saran bapak yang sangat membantu sekali. Saya setuju dengan apa yang telah bapak sampaikan, memang sebagai pedoman awal saya adalah jika kita mendatangkan barang yg nilai FOB kurang dari USD 50 maka dibebaskan bea masuk dan PDRI-nya.

      Sukses selalu Pak Muparrih

      Hapus
  88. Pak,

    Di mana saya bisa mendapat freight cost and asuransi untuk IATA?, saya mahu membawa barang dagangan dari Malaysia ke Indonesia melalui pos standard Malaysia. Adakah saya bisa mendapat pembebasan FOB kiriman pos untuk ini?

    terimas

    BalasHapus
  89. selamat siang pak,

    Saya mau tanya, saya ingin melakukan import kosmetik dari LN dengan total harga sebesar Rp. 1.000.000 rupiah. Pertanyaan saya, apa nanti saya akan dikenakan PPnBM?? Karena kalau melihat dr BTKI (3307) tidak dikenalan PPnBM. Mohon infonya pak, terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang terkena PPnBM untuk kelompok ini kalau gak salah Parfum dan Cairan Pewangi. Dikenakan 20% untuk barang yang siap dijual eceran dengan nilai impor 2 jt atau lebih per mililiter.

      Hapus
  90. Selamat sore pak,

    Pak saya mau tanya, saya mau beli barang dr luar, beli Game PS3 lebih tepatnya..
    Karena harganya diatas 50 USD kan berarti kena pajak, nahh saya bingung klasifikasinya. apakah masuk 8471.70.40.00 atau masuk 9504.50.00.00.

    Mohon pencerahannya kalau bapak sempat.

    Terima kasih pak.

    BalasHapus
  91. Permisi, Pak.
    Sehabis baca notes FB Pos Indonesia yang berjudul "Dapat Kiriman Kok Bayar Lagi?", saya sempat terkaget-kaget membaca cerita-cerita dari orang yang terkena pajak lebih dari 100% dari harga yang mereka beli. Namun setelah ditelusuri, ternyata separuh cerita adalah modus penipuan (mendapat hadiah undian dst).

    Saya sempat tanya-tanya. Salah seorang teman saya minta dikirimi kakaknya sebuah CD musik dan dia bilang dia tidak membayar pajak apa-apa. Sementara itu baru-baru ini bapak saya membeli sepeda dan jumlah pajaknya masih masuk akal. Namun ternyata beliau membeli spare part dari sepeda yang harganya tidak terlalu mahal, namun ternyata dikenai pajak sekitar 75USD dan itu bahkan lebih mahal dari harga barangnya.

    Saya rada bingung di sini. 1.) Apakah status barang sudah dibeli atau belum itu berpengaruh? Karena dalam kasus teman saya, kakaknya sudah membeli CD tsb kemudian mengirimnya, sementara bapak saya membeli barang.

    Kemudian bagaimana kalau kasusnya kita mau dikirimi barang dari teman? Kan tidak mungkin barangnya cuma satu jenis. Dan kalau saya berniat memberi hadiah, mana mungkin saya memberitahu pihak yang saya kirimi mengenai harganya.

    Penanganan barang seperti ini bagaimana, sih? Saya baca-baca dari blog Bapak, perlakuan terhadap barang masuk/keluar itu sama, baik itu hadiah (pribadi) atau pembelian/penjualan.

    Kalau begitu artinya 2.) supaya saya bisa mengantisipasi penipuan pajak ketika menerima kiriman nanti, saya perlu tanya pada teman saya mengenai nilai kiriman tersebut?

    Rasanya kok kurang etis ya, hadiah pakai ditanya harga. Kalau memang malah ruwet dan berpotensi kena pajak tinggi, saya berencana untuk memberitahu teman saya agar membawa suvenir waktu dia berkunjung saja, bukan lewat paket.

    Saya baru sadar kenapa bingung pakai kalkulatornya, lha berhubung itu maksudnya hadiah, saya kan tidak tahu FOB barangnya.

    3.) Tapi sekadar ingin tahu, bagaimana menentukan bea masuk, PPN, PPnBM yang berlaku misal ada berbagai macam barang dalam paket? Apakah persen yang dikenakan adalah tarif tertinggi dari barang yang ada?

    4.) Apakah legal/boleh jika alamat pengirim dialihkan dari non NPWP ke NPWP supaya dapat menekan pajak yang dikenakan?

    4.) Bagaimana dengan kiriman uang? Apakah itu boleh?

    Setelah saya bercerita pada teman saya mengenai kemungkinan adanya penipuan pajak, dia ingin membantu saya mengcover biaya pajak tsb - termasuk mengcover biaya untuk kiriman paket balik dari saya untuk dia.

    BalasHapus

Agar saling mengenal, saya berharap Anda tidak memakai "Anonim/ Anonymous". Anda bisa gunakan Akun Google, LiveJournal, WordPress, TypePad, AIM, OpenID atau paling tidak menggunakan Name/URL dimana Anda mengisikan Nama dan alamat URL facebook, twitter atau alamat email sekalipun.

Anda juga bisa mengikuti perkembangan Blog ini baik Artikel maupun Diskusi lainnya dengan menekan ikon/ gambar "Facebook, Twitter atau Blogger" pada menu Ikuti Perkembangan Blog Ini.

  © Catatan Kecik | بَلِّغُوا عَنِّى وَلَوْ آيَةً |

Template by Dicas Blogger | Topo   

Template disesuaikan oleh | Catatan Kecik |