Jumat, 23 Januari 2009

Merekrut dan Melatih Sales Executive

Peranan sales executive dalam manajemen penjulan adalah sebagai ujung tombak mata rantai kegiatan distribusi produk yang dilakukan oleh produsen. Sales executive mempunyai peranan membangun hubungan bisnis jangka panjang dengan pelanggan perusahaan.

Nama lain dari sales executive beraneka ragam tergantung dari dua faktor yang membentuknya, yatiu: tergantung dari bidang usaha perusahaan dimana mereka bekerja dan calon pembeli apa yang mereka hadapi. Maka dari kedua faktor tadi jabatan sales executive dapat disebut sales engineer, account officer, account executive, detailman, salesman, medical representative ataupun door to door salesman.

Ada beberapa ciri khusus pekerjaan dari sales executive, yaitu: pola kerjanya di lapangan, mewakili perusahaan, tanpa supervisi langsung, adanya wewenang membelanjakan uang perusahaan, adanya tekanan mental dalam pekerjaan, dan memiliki kepribadian yang unggul.

Karena pentingnya peranan dari sales executive maka, pengrekrutannyapun harus dilakukan dengan cara yang baik. Prosedur di dalam pengrekrutan tersebut terdiri dari: melakukan analisis jabatan, menyususn uraian pekerjaan, menentukan standar kualfikasi pekerjaan, melakukan pengrekrutan pelamar dan melakukan seleksi bagi pelamar.

Kegunaan dari pelatihan bagi sales executive adalah agar mereka dapat terampil didalam melakukan tugas-tugas yang di bebankan nantinya, kemudian pelatihan ini bisa di jadikan media refreshing bagi karyawan lama, sehingga semua pengalaman buruk saat melakukan tugas di lapangan bisa di bahan didalam training.

Manajer penjualan nantinya akan melakukan evaluasi atas keberhasilan program pelatihan ini. Biasanya evaluasi tersebut dilakukan dalam dua tahap, tahap pertama dilakukan evaluasi setelah penyelenggaraan pelatihan telah selesai dan kedua evaluasi setelah beberapa bulan setelah penyelenggaraan di lakukan.

Adapun topik atau materi yang dibahas dalam pelatihan adalah: pengetahuan tentang produk yang akan di jual (product knowledge), orientasi tentang pasar (market industry orientation), orientsi tentang perusahaan (company orientation), teknik menjual (selling techniques), dan topik lain yang dianggap perlu sebagai penunjang, seperti: bagaimana cara menyusun laporan kerja harian, bagaimana menyusun rencana kerja, bagaimana menggunakan jam kerja yang efektif dan bagaimana cara mengatur pertemuan dan keterampilan negosiasi dengan pembeli.

Adapun metode pelatihan yang digunakan biasanya dengan cara diskusi kelompok, lecturing, role playing dan simulation games.

20 komentar:

  1. Silahkan Pak, sama-sama sambil belajar...

    BalasHapus
  2. mohon ijin saya save pak. thx (alvin)

    BalasHapus
  3. bagus juga neh infonya, thx buat infonya pak

    BalasHapus
  4. Makasih juga atas komentarnya.. Insya Alloh akan saya perbanyak materi tentang sales..

    BalasHapus
  5. mhn share ya pak artikelnya...smg bermanfaat buat saya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan Mas... silahkan ditambah juga, manatau masih ada yang kurang..

      Hapus
  6. kalo untuk contoh laporan harian or mingguan sales executive untuk hotel ada pak? di hari pertama saya sudah diminta dan ini adalah first time of everything. terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah saya kurang tahu Mbak.. tapi menurut pendapat saya, laporan tersebut berkaitan dengan kegiatan yang dilakukan oleh Sales selama sehari atau seminggu. Sehingga bisa dilihat progress nya.

      Hapus
  7. terimakasih...
    kalau platihan salesnya buat satu orang, teknik apa yg bagusnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hedeh.. udah lupa saya Mba.. Sudah lama sekali saya belajar mata kuliah tentang ini.. Silahkan cari referensi lainnya.

      Hapus
    2. saya calon sales,Saya bener2 sedang muter2 nyari informasi tentang bidang pekerjaan sales dan yang saya bingung nantinya proses menemui calon costumer.contoh apakah dengan cara datang kekantornya langsung..ataukah datang ke rumahnya langsung.
      minta pencerahannya gan..
      tanks sebelumnya..

      Hapus
  8. Paling tidak suka door to door salesman, dari pintu ke pintu kita nawarin produk.....apa g' ada cara yg lain untuk menjual produk selain mengunjungi setiap rumah???

    BalasHapus
  9. Aku rencana mau ngelamar di Auto 2000, ada lowongan bagian Sales executive tapi aku belum tau cara kerjanya, mohon bantuannya mas ? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurtku Anda fahami dulu tentang produk/jasa yang akan di jual (product knowledge) disana. Kemudian Anda perbanyak baca tentang teknik menjual barang. Selebihnya mungkin akan diajarkan pada saat pelatihan di perusahaan tersebut. Semoga sukses Mas..

      Hapus
  10. mas aq dah diterima jadi sales executive di perusahaan oil and gas, saya dah nego gaji, tapi saya disuruh buat salary expectations proposal juga antara basic salry dan bonusnya, maksudnya apa yah ? ada ga mas contoh proposalnya bisa di send ke sini mas (mr.syafrizal@gmail.com), satu lagi mas, cara membagi waktu kerja (persentasi) yang ideal jam kerja di kantor dengan di luar kantor seperti apa mas ? makasih

    BalasHapus

Recent Posts

Recent Comment

Popular Posts