Rabu, 28 Januari 2009

Metode Penjualan Produk

Dalam aktivitas kehidupan sehari-hari kita tidak lepas dari yang namanya MANAJEMEN. Apalagi dalam hal menjual suatu produk, ada hal yang tidak boleh diabaikan yaitu Manajemen. Manajemen adalah suatu proses Perencanaan, Pengorganisasian, Pengarahan dan Pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan Sumber Daya Manusia (SDM) dan sumber daya-sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.


Perencanaan

Manajer setelah mengadakan pengamatan dalam bidangnya masing-masing, dari pengamatan (dan sebaiknya didukung dengan study kelayakan proyek) kemudian disusun metode, logika dan sekaligus rencana. Untuk menyusun rencana atau planning ini, mencakup berbagai kegiatan operasional yang menyeluruh, artinya harus dipikirkan keterkaitan dengan unsur lain dan juga saling mempengaruhi satu sama lainnya. Rencana atau planning, sangat berhubungan dengan budget atau anggaran proyek tersebut.

Pengorganisasian

Manajer harus mampu mengkoordinasikan sumber daya-sumber daya manusia (sdm) dan material organisasi. Semakin terkoordinasi dan terintegrasi, kerja organisasi semakin efektif untuk pencapaian tujuan-tujuan organisasi.

Pengarahan

Manajer harus mampu memberi pengarahan, memimpin dan mempengaruhi bawahan dan juga bisa membuat iklim atau suasana yang dapat membantu para bawahan melakukan tugasnya dengan baik dan benar.

Pengawasan

Para manajer harus secara rutin atau periodik mengawasi jalannya organisasi dan menjamin bahwa organisasi bergerak ke-arah tujuan yang sudah direncanakan.

DEFINISI MANAJEMEN

Bahwa pada dasarnya manajemen dapat didefinisikan sebagai bekerja dengan orang-orang untuk menentukan, menginterpretasikan dan mencapai tujuan-tujuan organisasi dengan pelaksanaan fungsi-fungsi: Planning, Organizing, Staffing, Leading dan Controlling.

IDENTIFIKASI KESEMPATAN USAHA


  • Identifikasi
    Dari hasil pengamatan, metode, study kelayakan proyek dan feeling atau merasa dan melihat adanya kesempatan investasi yang memungkinkan bisa untung atau menguntungkan.
  • Perumusan
    Merupakan tahap untuk menterjemahkan kesempatan investasi yang sudah diidentifikasi, dirumuskan secara garis besar dan kemudian secara detailnya.
  • Penilaian
    Melakukan analisa dan menilai secara menyeluruh atau yang representatif dari: aspek pasar, teknik, keuangan dan perekonomian.
  • Implementasi
    Menyelesaikan proyek dengan tetap berpegang pada anggaran.

Setelah semua persiapan sudah dianggap matang maka langkah selanjutnya, langkah akhir adalah metode penjualan produk, dalam penjualan produk sebenarnya perlu dianalisa tingkah laku atau kebiasaan para calon pembeli atau calon pelanggan dan analisa kebutuhan dari konsumen.

Produk yang akan dipasarkan harus dijaga kualitasnya, hal ini untuk menghindari segala macam komplain dari konsumen.

Memperluas pangsa pasar.

Untuk memperluas pangsa pasar sebetulnya ada banyak hal yang perlu diuraikan tapi disini penulis hanya memberikan beberapa hal saja.

  1. Membuka Show Room.
    Dengan membuka show room sendiri, akan menambah kepercayaan masyarakat terhadap produk yang kita hasilkan, dan mengharap para konsumen akan datang sendiri untuk mengunjungi show room. Tapi biasanya setelah sekian lama, konsumen yang datang akan mencapai batas yang sulit untuk ditingkatkan. Setelah menemui hal ini maka ada langkah lain untuk memasarkan produk kita, adalah ke tahap berikutnya. (no.:2 Iklan).
  2. Iklan.
    Iklan sangat penting sebab dengan iklan kita bisa lebih mengenalkan produk kita kepada konsumen, sekaligus mengenalkan kepada calon pelanggan baru. Iklan bisa lewat brosur, spanduk, baliho, majalah, suratkabar, radio, TV dan internet.
    Untuk internet bisa juga dijadikan media untuk menjual produk, lewat internet kita bisa dengan mendetail memberi informasi (seperti spesifikasi per-unit, per-item dll) kepada konsumen calon pelanggan baru.

    Tapi semua itu ada beberapa keterbatasan yaitu konsumen tidak bisa melihat langsung produk yang kita tawarkan, maka untuk menutup keterbatasan tersebut, langkah ke-3 ini harus dilakukan.
  3. Pameran.
    Dengan pameran, kita bisa lebih mendekati konsumen dan konsumen bisa langsung melihat produk kita, untuk pameran kita harus milih lokasi yang banyak dikunjungi oleh masyarakat, pameran jangan dalam waktu yang singkat tapi diusahakan dalam waktu yang relatif lama.

    Tempat untuk pameran pilih lokasi yang sudah dikenal oleh banyak masyarakat, lokasi yang mudah dikunjungi, transportasi yang mudah didapat.

    Pameran jangan hanya disatu tempat saja tapi sebaiknya bisa pindah-pindah lokasi ditiap-tiap kota. Atau secara bersamaan pameran dibeberapa kota.

    Keuntungan pameran: Produk makin banyak dikenal orang,Mendapat pelanggan baru, Penetrasi pasar, Lebih unggul dalam persaingan, Memperluas area pasar.

Kesimpulan

Apapun aktivitasnya harus menggunakan manajemen yang bagus, manajemen dapat didefinisikan bekerja dengan orang-orang untuk menentukan, menginterpretasikan dan untuk mencapai tujuan organisasi dengan pelaksanaan fungsi-fungsi: planning, organizing, staffing, leading dan controlling.

Dalam membuat dan menjual produk harus direncanakan secara matang dengan menggunakan fungsi-fungsi dari manajemen. Setiap fungsi dari manajemen harus ada yang bertanggung jawab, biasanya disebut Manajer (atau sebutan yang lain).

Menjual produk yang kita hasilkan bisa lewat: Membuka show room sendiri, dan mengenalkan kepada konsumen dengan cara iklan lewat media: brosur, spanduk, baliho, majalah, suratkabar, radio, TV, Internet dan yang tidak kalah pentingnya adalah lewat Pameran.





Baca juga artikel yang berhubungan dengan ini:

0 komentar :

Poskan Komentar

Agar saling mengenal, saya berharap Anda tidak memakai "Anonim/ Anonymous". Anda bisa gunakan Akun Google, LiveJournal, WordPress, TypePad, AIM, OpenID atau paling tidak menggunakan Name/URL dimana Anda mengisikan Nama dan alamat URL facebook, twitter atau alamat email sekalipun.

Anda juga bisa mengikuti perkembangan Blog ini baik Artikel maupun Diskusi lainnya dengan menekan ikon/ gambar "Facebook, Twitter atau Blogger" pada menu Ikuti Perkembangan Blog Ini.

Komentar Terbaru


  © Catatan Kecik | بَلِّغُوا عَنِّى وَلَوْ آيَةً |

Template by Dicas Blogger | Topo   

Template disesuaikan oleh | Catatan Kecik |