Pages

Senin, 30 April 2012

Impor Alat Berat

Kali ini penulis akan berusaha mencoba untuk menjawab pertanyaan yang masuk di komentar beacukai.blogspot.com secara continue. Banyak sekali pertanyaan yang masuk ke pesan blog tersebut, setidaknya ada 85 pertanyaan yang sampai sekarang belum penulis jawab. Ini menandakan bahwa memang antusiasme masyarakat terhadap keingintahuan tentang kepabeanan dan cukai cukup tinggi. 


Perlu disampaikan bahwa Direktorat Jenderal Bea dan Cukai sejak dilakukannya perubahan tipologi kantor di seluruh Indonesia dalam rangka reformasi birokrasi di Kementrian Keuangan (sejak tahun 2007) telah ada unit yang menangani langsung segala macam pertanyaan market forces. Disana ada unit pelayanan informasi yang akan membantu Anda terhadap permasalahan yang berkaitan dengan kegiatan kepabeanan dan cukai, jadi Anda bisa langsung datang di Kantor Bea dan Cukai terdekat. Namun karena pertanyaan yang masuk ditujukan kepada penulis, maka penulis hanya akan menjawab sesuai dengan kapasitas penulis sebagai seorang blogger.

Pada awalnya blog beacukai.blogspot.com penulis dirikan untuk membantu para pencari peraturan tentang kepabeanan dan cukai, karena pada saat itu (tahun 2007) belum banyak situs yang menyediakan peraturan tentang kepabeanan dan cukai, serta untuk membersihkan tulisan-tulisan yang menyudutkan institusi penulis bekerja dari orang-orang yang tidak memiliki tanggung jawab. Kala itu banyak sekali situs yang menyudutkan institusi yang penulis cintai (Bea Cukai) masuk pada halaman pertama search engine (google.com), dengan keyword "beacukai". Penulis bersama para blogger yang mungkin punya misi yang sama mencoba untuk membersihkan tulisan mereka, dan sekaligus menantang kepada mereka bahwa Direktorat Jenderal Bea dan Cukai sekarang sudah berbeda.

Langsung saja penulis akan mencoba menjawab pertanyaan berikut ini:

“Bagaimana prosedur impor alat-alat berat (truck) khusus untuk pertambangan. Apakah impor tsb diatas, dikenakan bea masuk. Mohon informasi peraturan yg mengatur tentang impor ydm. Jawaban mohon via email : hsoekmono@yahoo.com. Terima kasih , dan sangat saya hargai bantuan anda. (dari Bapak Soekmono HR)”

ALAT BERAT

Yang dimaksud dengan alat berat adalah alat yang digunakan untuk membantu manusia dalam melakukan pekerjaan pembangunan suatu struktur bangunan. Alat berat merupakan factor penting didalam proyek, terutama proyek konstruksi maupun pertambangan dan kegiatan lainnya dengan skala yang besar.

Sedangkan pengertian alat berat dalam Buku Tarif Kepabeanan Indonesia adalah barang yang termasuk dalam pos 84.30 meliputi: mesin pengolah, grading, perata, pengikis, penggali, pemadat, perapi, pengaduk atau pengebor lainya, untuk tanah, mineral atau bijih; pemancang tiang dan pemancang bor, bajak salju dan blower salju.

Berdasarkan fungsinya alat berat dibagi kedalam:

Alat Pengolah Lahan; Dozer untuk membuka lahan, Scraper untuk mengangkat lapisan tanah paling atas, Motor grader untuk membentuk permukaan tanah menjadi rata.
 
Alat penggali (Excavator); seperti Front shovel, Backhoe, Dragline dan Calmshell. 

 

Alat pengangkut material; Crane untuk memindahkan tanah secara vertikal dan horizontal dalam jarak tertentu, sedangkan untuk jarak yang jauh menggunakan Belt, Truck dan Wagon.


Alat pemindah material; seperti Loader dan Dozer.

 

Alat pemadat; seperti Tamping roller, pneumatic tired roller, compactor dll.

 

Alat pemroses material; Crusher dan Concrete mixer truck.

Alat penempatan akhir material; Concrete spreader, Asphalt paper, Motor grader dan Alat pemadat.


Perusahaan alat berat di Indonesia rata-rata merupakan agen atau kepanjangan tangan dari prinsipalnya di luar negeri. Misalnya saja Hexindo yang berafiliasi dengan Hitachi, United Tractor dengan Komatsu, Trakindo Utama dengan Caterpillar, PT. Intraco Penta dengan Volvo, Kobelco, Ingersol Rand, Bobcat serta PT Tatindo Hexaprima dengan Sumitomo. Perusahaan-perusahaan tersebut tergabung dalam Asosiasi Industri Alat Besar Seluruh Indonesia (HINABI).

Sehingga apabila ada perusahaan yang mengimpor alat berat dengan merk tersebut diatas (HINABI), karena bukan agen dari prinsipalnya bisa dipastikan kalau alat berat tersebut dalam kondisi bukan baru alias bekas. 
Impor bahan baku alat berat selama ini berupa center bracket, monitor panel, mesin dan komponen hydraulic. Sedangkan komponen alat berat seperti cutting plate, ban, battery, dan under carriage part sudah mampu dipasok industry penunjang. Untuk impor bahan baku alat berat/ alat besar oleh industry alat berat/ besar pada tahun 2000 sampai dengan 2005 diberikan fasilitas keringanan bea masuk sesuai dengan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 99/KMK.05/2000 tanggal 31 Maret 2010, sehingga tarif bea masuk menjadi sebesar 5%. Sedangkan pada tahun 2005 sampai dengan tahun 2006 berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 87/PMK.010/2005 dibebaskan dari pungutan bea masuk. Sampai dengan sekarang penulis belum mengetahui apakah ada peraturan yang mengatur kembali tentang keringanan/ pembebasan impor bahan baku alat berat, karena Peraturan Menteri Keuangan Nomor 87/PMK.010/2005 hanya berlaku satu tahun.

Kaitannya dengan impor alat berat dengan kondisi bukan baru atau bekas telah diatur oleh Menteri Perdagangan terakahir dengan Nomor 58/M-DAG/PER/12/2010 Tentang Ketentuan Impor Barang Modal Bukan Baru. Dalam peraturan menteri tersebut dibolehkannya impor alat berat dalam kondisi bekas khusus untuk perusahaan pemakai langsung, perusahaan rekondisi dan perusahaan remanufacturing. Sebelum dilakukan importasi perusahaan tersebut harus mendapatkan ijin terlebih dahulu dari Kementrian Perdagangan. Setelah mendapatkan ijin, barang tersebut juga wajib dilaksanakan pemeriksaan teknis dinegara pemuat oleh surveyor yang ditunjuk Mendag.

Impor alat berat dalam kondisi bekas/ bukan baru hanya dapat diimpor oleh perusahaan pemakai langsung, perusahaan rekondisi dan perusahaan remanufacturing, setelah mendapatkan ijin dari Kementrian Perdagangan.

JAWABAN

Prosedur impor alat-alat berat (truck) khusus untuk pertambangan sama dengan impor barang pada umumnya, dan tentunya akan dikenakan bea masuk dan pajak dalam rangka impor sesuai dengan tariff yang berlaku. Lihat Buku Tarif Kepabeanan Indonesia.

Khusus untuk Dump Truck, dalam Buku Tarif Kepabeanan Indonesia masuk kedalam pos 87.04, yaitu kendaraan bermotor khusus, bukan alat berat pos 84.30, disana dibedakan dengan masa total/ gross vehicle weight (GVW) kendaraan tersebut.

Untuk impor barang bekas sesuai yang diatur dalam peraturan Mendag nomor 58/M-DAG/PER/12/2010, pos 87.04 hanya diperbolehkan impor untuk bagian/ komponen dari barang pos 84.30.

Demikian disampaikan jawaban penulis atas pertanyaan yang masuk mengenai impor alat berat, apabila ada kesalahan atau kekurangan dari jawaban, dimohon untuk menyampaikan langsung melalui kotak komentar yang sudah penulis sediakan di bawah tulisan ini.

Sekali lagi ini adalah jawaban penulis dengan kapasitasnya sebagai seorang blogger, untuk mekanisme teknisnya silahkan Anda datang langsung ke Kantor Bea Cukai terdekat.

PUSTAKA


Keputusan Menteri Keuangan Nomor 99/KMK.05/2000 (sudah tidak berlaku).

Peraturan Menteri Keuangan Nomor 87/PMK.010/2005 (sudah tidak berlaku).

Adang Karyana Syahbana, S.ST. dan Ir. Agung Budi Laksono, S.E., M.M., Modul Teknis Pemeriksaan Barang Alat Besar; Pusdiklat Bea dan Cukai, Jakarta, 2011. 

28 komentar:

  1. Mantabs sekali jawabannya...sudah pantas jd pfpd, atau setidaknya kasi PLI...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Bro.. Lebih mantabs lagi kalau diberikan masukan juga, mari kita berdiskusi bertukar informasi..

      Hapus
    2. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

      Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

      Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

      Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

      Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

      Hapus
  2. assalamu'alaikum.. bang,, klo mao beli scraper dimana?? ane d daerah puncak bogor.,, d jakarta ada nggak bang

    BalasHapus
  3. Salam kenal Pak Mahfud... saya ada pertanyaan mengenai import barang bekas. Kalau saya tidak salah, ada modus yang dilakukan oleh sebuah perusahaan dengan mengimpor alat berat pertambangan dalam kondisi bekas memakai tarif pajak 8431 dan dikenakan pajak 0% semua. Alasan perusahaan tersebut katanya Kementrian Perdagangan yang menganjurkan penggunaan tarif 8431. Saya tidak setuju. Masa 0% semua? Apakah saya bisa dapat berkomunikasi dengan Bapak secara pribadi untuk masalah ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mengenai aduan dan sejenisnya, silahkan sampaikan ke unit Kepatuhan Internal DJBC. Semoga bisa membantu. Trims..

      Hapus
  4. Pak kalau saya mau beli crane bekas dari china bisa masuk ga ya dengan peraturan yg berlaku skrg? Thx

    BalasHapus
  5. Siang pa' untuk dump truk kondisi bekas masuk hs 8704 atau 8430. Terima kasih

    BalasHapus
  6. Pak klu import alat berat berupa motor greder.biaya bea masuk dan panak import hitungannya berapa ya pak .klu kira kira alat berat tsb hargax 500 juta

    BalasHapus
  7. Jika perorangan, mau impor traktor pertanian bisa ga ya pak..,? Trimakasih

    BalasHapus
  8. Perkenalkan kami Xing Lie Cargo adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa forwarder ekspedisi import borongan dari mancanegara khususnya China ke Indonesia. Kami menerima pengiriman barang via udara dan laut FCL 20" 40'' LCL Undername.

    Harga yang kami tawarkan sudah all in termasuk pajak, cukai, custom dll.
    Mnerima jasa titip tranfer pembayaran ke supplier China.

    100% trusted. Menerima COD, terima ukur ulang dan door to door Jakarta.
    Testimonial, gudang kami bisa cek disini TESTIMONI XING LIE CARGO

    Informasi lebih lanjut bisa menghubungi kami
    Xing Lie Cargo
    Whatsapp/Phone: 081296333382 (CS1), 087773081112 (CS2) harap hubungi salah satu
    Website: XINGLIECARGO
    Email: info@xingliecargo.com
    Alamat: Ruko Soka no 12 A, Terusan Bandengan Jakarta Utara

    Butuh Jasa ekspedisi import borongan aman?
    Butuh jasa forwarder door to door China ke Indo?
    Butuh jasa ekspedisi import terpercaya?
    Butuh jasa forwarder borongan tanpa perlu urus bea cukai?
    Hubungi Xing Lie Cargo


    BalasHapus
  9. salam kenal???

    Kami adalah PT.TIGA TIGA INDONESIA INTERNASIONAL. yang bergerak di bidang jasa import pengiriman., service kami adalah DTD dimana barang akan diantar sampai depan rumah anda.
    Proses nya mudah sekali barang tinggal dikirim ke alamat gudang kami selanjutnya kami akan mengurusnya sampai tujuan.
    Gudang kami :
    *** Guang Zhou
    *** Hong kong
    *** Taiwan
    *** Korea
    *** Jepang.
    *** Shanghai
    *** Bangkok
    *** Singapore
    *** Eropa
    *** Vietnam
    *** Thailand

    NOT : PEMBAYARAN COD JAKARTA.

    Demikian sedikit perkenalan dari kami , kerjasama dan kepercayaan adalah tujuan kami yang paling utama.
    Terima kasih

    Aziz
    PT Tiga Tiga Indonesia Internasional
    Gedung Granada Regatama Room A206 Setia Budi Jaksel
    Phone : 021 - 2232 3158
    Fax : 021 - 2283 3021
    Hp/WA : 08126529324
    Email : aziz.export.import@gmail.com

    Tampilkan pesan asli
    importdoortodoor.com

    BalasHapus
  10. PT. DHANIJAYA PUTRA CEMERLANG
    General Trading, Export / Import & Jasa Customs Clearance Import

    Hal : Undername Import Jasa Custom Clearence ( All IN Borongan )

    Kepada Yth, Mr/Ms. Bag Import

    Perkenalkan kami PT. DHANIJAYA PUTRA CEMERLANG adalah perusahaan Jasa Customs Import, International Sea and Freight Forwarding, sekaligus Specialist dalam bidang Jasa Customs Clearance di Kepabeanan baik via Bandara maupun Pelabuhan di seluruh Nusantara.

    Perusahaan kami bekerja sama dalam bidang Jasa sebagai berikut :

    1. Under name Import
    2. Borongan Import
    3. Custom Clearance
    4. By Air or Sea (Local and International)
    5. Untuk semua jenis barang termasuk Dangerous Cargo atau Personal
    6. Import mesin bekas / sudah terpakai.

    Kami Mempunyai Lisensi Import diantaranya :

    - N I B / Memiliki 21 KBLI
    - N P W P
    - A P I-U
    - IT BESI-BAJA
    - LS / SNI / Izin Import barang bukan baru

    Katagori barang Import yang kami miliki izin di SIUP & API-U :
    Garment/Pakaian Jadi, Sepatu/Alas Kaki,Mesin/Mesian Industri dan Spare Parts, Plastic/Fiber. Damkar, Truck/Alat Berat dan Spare Parts, Alat Transportasi Laut, Darat dan Udara, Peralatan Rumah Tangga,
    Bahan Kimia,
    Bahan Bangunan, Besi/Baja, Alat Tambang, Alat Laboratorium untuk pendidikan.

    - Khusus penawaran UNDERNAME bagi customer anda yang belum memiliki izin import.
    - Undername kami memiliki Kuota Impor untuk Mesin-Mesin Bekas & Alat Berat Bekas.

    Kami mempunyai kuota untuk import mesin atau barang-barang bekas.
    Dan jika perusahaan anda mempunyai masalah dengan barang import tertahan di BC, kami juga siap membantu.

    Untuk project import partai besar anda bisa hubungi kontak kami untuk meeting terlebih dahulu agar kami bisa memberikan harga semurah mungkin. Kami siap menjadi mitra terpercaya yang memberikan pelayanan sesempurna mungkin dengan perusahaan anda.

    Demikianlah penawaran ini kami ajukan, atas perhatian dan kepercayaan yang diberikan kami ucapkan terimakasih.

    Best Regartds,


    Samsul Rizal
    PT. DHANIJAYA PUTRA CEMERLANG
    Jl.Radin Inten II Ruko No. 85f Lt. 2 Duren Sawit - Jakarta Timur 13620
    Telp/Fax : +6221- 2853 1356
    Hp. : 0812 8983 8431
    Email : samsul.jayagemilang@gmail.com

    BalasHapus
  11. Dear Mr/s
    Import dept /pushasing supplier distributor

    Salam sukses.siap suport impor kerjasama.
    perkenalkan kami dari PT tahta jaya Indonesia (Tahta Cargo )
    perusahaan yang bergerak di bidang jasa freigth forwarder expord_ Import,barang kali perusahaan bapak/ibu sering melakukan aktivitas import- expord, perusahaan kami siap support kerja sama.
    atas perhatian kami ucapkan terimakasih
    SPI garmel&testil
    SPI besi baja& alkes
    SPI mesin baru &second
    SPI liquet&bubuk
    SPI mainan &spart part
    SPI mobil baru& second

    Our Service
    -import resmi fcl,lcl sea&air

    - undername

    - Custom Clearance FCL

    - Door to door LCL, by Sea & by Air.

    - Stuffing container, air freight trucking in China mainland.

    - Warehouse rent, packingan, pick up.
    Atas perhatianya kami ucapkan terima kasih


    PT. Tahta cargo
    regards: chandra

    www.tahtajayaindonesia.co.id
    Rukan Sentra Komersial Blok RSK-3 No.062
    Grand galaxy City, Kel.Jakasetia, Kec.Bekasi Selatan,Kota Bekasi 17147
    mobile :08116812492
    Telp      : 021-858 3177

    BalasHapus
  12. Kpd.yth Bpk/ibu
    Bagian. importir purchasing & suplier.
    Perihal : Siap support kerjasama import.
    - Jasa Customs Clearance
    - Jasa Handling Import Undername
    - Jasa Import Door To Door
    - Import Mesin baru/bekas
    - Import Besi Baja
    - Import Alkes
    - Import Textile (Borongan)
    - Import alat Berat
    - PI Kehutanan
    - DLL...
    Demikianlah perkenalan dari kami, besar harapan kami menjadi mitra atau rekanan baru di perusahaan bapak / ibu. Atas kesempatan, kepercayaan dan kerjasama yang baik kami ucapkan terimakasih.--
    Hubungi kami pada alamat dibawah ini

    PT.PURARI MITRA RAPUNZEL
    SAMSUL
    Wa/Hp  : 081315424224
    Telepone  : +6221 28679623
    Email     : samsul.import217@gmail.com
              : samsul.rapunzel217@gmail.com
    Website   : www.purarimitrarapunzel.com

    BalasHapus
  13. Up. IMPORT DEPT/PURCHASING.
    Di Tempat,
    Perihal Jasa Handling Import & Door To Door• •••/Under Name Customs Clearance.
    Kami dari, PT. C & J Sukses Mulano Jasa Import Borongan. PT. C & J Sukses Mulano Telah Membuktikan Kualitas yang Sangat Baik Dengan Harga Yang Paling Murah, Cepat, Terpercaya,Telah Menjadikan Rekan Bisnis Terpecaya Dalam Jasa Import Borongan.Trading, Pengiriman barang Via SEA & AIR.

    Bahwa waktu pengiriman By Sea 25-40 hari By Air 5-7 hari Door To Door Service ( All-In )
    1. Menerima Pick Up barang ditempat supplier.
    2. Menerima pengiriman dari Manca Negara (World Wide ) China,Honkong,Abudhabi,
    Thailand, Taiwan, Singapore, German, USA, Dan Lain-lain)
    3. Di antar barangnya hingga ketujuan
    4. Semua barang Bergaransi 100% Untuk Barang yang Hilang Maupun Rusak
    5. Penjewaan under name,apa bila impotir tidak lengkap ligalitas importnya
    Harapan kami, penawaran ini dapat terwujud dalam bentuk kerjasama yang baik,sehingga dapat berkesinambungan di masa yang akan datang.Jika perusahaan bapak/ Ibu berminat kami siap membantu yang terbaik .
    Demikian surat penawaran ini kami tawarkan, sambil menunggu jawaban dari perusahaan Bapak/Ibu,
    Besar harapan kami semoga bisa terwujud hubungan kerja sama yang baik dan amanah,
    Semoga ini langkah awal kita untuk menjalin kerjasama yang baik terimakasih.

    HORMAT KAMI
    PT.C&J Sukses Mulano

    TAUFIK
    Hp.0811989703
    Wa.081225771400
    Ruko Taman Hek
    Office/Warehouse :
    Jl. Raya Bogor KM.21 No.18Jakarta Timur 13830
    Telp : + 6221-2247 6500Fax : + 6221-2247 6481
    E-Mail:import.suksesmulano@gmail.com

    BalasHapus

  14. BOLAVITA Adalah Agen Judi Online Indonesia yang berdiri sejak 2013. Menjadi salah satu Situs Judi Online Terpercaya di Indonesia yang menyediakan berbagai jenis permainan yang sangat lengkap dan sudah di akui banyak kalangan pecinta judi online Di Indonesia.

    Tersedia :
    » Judi Bola Online / Sportsbook
    » Sabung Ayam ( Wala / Meron )
    » Casino Live ( Player / Banker )
    » Slot online ( Mesin Jackpot )
    » Togel Online ( Toto Online )
    » Bola Tangkas ( Tangkasnet / 88Tangkas )
    » Tembak Ikan ( Fishing Hunter )
    » Poker Online
    » Domino
    » Dan Masih Banyak Lainnya.

    Menyediakan :
    • Judi Online Deposit Ovo
    • Judi Online Deposit Gopay
    • Judi Online Deposit Dana
    • Judi Online Deposit Linkaja
    • Judi Online Deposit Pulsa
    • Judi Online Deposit Bank

    Promo Spesial :
    ★ Bonus Deposit Pertama 10%
    ★ Bonus Deposit Setiap Hari 5%
    ★ Bonus Cashback Mingguan 5% - 10%
    ★ Bonus Referral 7% + 2%
    ★ Bonus Rollingan 0,5% + 0,7%
    ★ Bonus 100% Win Beruntun 8x, 9x, 10x

    Link Pendaftaran »»»» https://bit.ly/3b2Tnq7
    Kontak WhatsApp »»»» Klik Link : https://bit.ly/aktif24jam
    Link Layanan Live Chat (24 Jam Online) »»»» https://bit.ly/2VD8fER

    Kontak Resmi :

    » Nomor WhatsApp : 0812-222-2995
    » ID Telegram : @bolavitacc
    » ID Wechat : Bolavita
    » ID Line : cs_bolavita

    BalasHapus
  15. Jasa Import Alat Berat
    https://jasafreightforwarder.com/info/jasa-import-alat-berat-081222613199

    BalasHapus
  16. https://jasafreightforwarder.com/info/jasa-import-alat-berat-081222613199

    BalasHapus

Popular Posts