Minggu, 26 Mei 2013

Strategi Bersaing, Organisasi Belajar, Budaya Perusahaan

Ada beberapa cara baru dalam melihat keunggulan bersaing. Yang pertama; setiap keunggulan akan mengalami keausan (apa yang baik sekarang belum tentu baik di masa mendatang karena adanya penemuan baru). Kedua; mempertahankan keunggulan lama berarti merugikan diri sendiri.

Harus melihat lingkungan apakah pesaing sudah menggunakan produk yang lebih inovatif. Ketiga; tujuan suatu strategi adalah meruntuhkan status quo (ciptakan inovasi baru sebelum produk tersebut usang agar selalu inovatif). Keempat; mengambil inisiatif dengan langkah-langkah pendek (siklus persaingan yang sangat pendek, maka perlu diantisipasi dengan langkah-lagkah pendek).

Dikenal ada empat arena persaingan:
  • Persaingan Harga dan kualitas; untuk persaingan yang dinamis, harus memperhitungkan pesaing. Saat ini pesaing dapat muncul dengan harga rendah namun kualitas tinggi.
  • Persaingan Waktu dan Pengetahuan; dibagi kedalam Pandangan Statis dan Dinamis. Pandangan statis sebagai pioner (perintis) dan akan bertahan lama, sedangkan pandangan dinamis meski bukan pioner, jika inovatif akan dapat menguasai pasar.
  • Persaingan Wilayah kekuasaan; dibagi kedalam Pandangan Statis dan Dinamis. Pandangan statis membatasi pesaing sehingga sedikit, maka perusahaan akan untung, sedangkan pandangan dinamis pesaing dengan segala upaya akan menerobos masuk.
  • Persaingan Saku Tebal; dibagi kedalam Pandangan Statis dan Dinamis. Pandangan Statis dengan sumberdaya modal besar, bisa unggul. Sedangkan pandangan dinamis bila merger, dapat mengalahkan yang bermodal besar.

ORGANISASI BELAJAR

Organisasi belajar adalah organisasi yang secara terus menerus mengembangkan pengetahuannya untuk menciptakan masa depan yang lebih baik.

Ciri-Ciri Organisasi Belajar :
  • Memandang ketidakpastian lingkungan sebagai kesempatan.
  • Menciptakan pengetahuan baru.
  • Antusias terhadap perubahan.
  • Mendorong rasa tanggungjawab.
  • Mendorong para manajer untuk menjadi pembimbing.
  • Memiliki visi, misi, dan nilai-nilai yang dipahami.
  • Mempunyai hal-hal yang tidak diduga atau tidak diharapkan sebagai kesempatan untuk belajar.
Faktor-faktor yang mendukung organisasi belajar :
  • Penguasaan individu, memahami metode-metode ilmiah, dan bereksperimen.
  • Pembelajaran dalam kelompok.
  • Visi bersama.
  • Budaya pembelajaran dalam organisasi.
  • Struktur dan sistem yang mendukung.

BUDAYA PERUSAHAAN

Budaya perusahaan adalah suatu nilai-nilai, filosofi, kepercayaan yang menjadi pedoman anggota organisasi dalam menghadapi masalah sehingga semua anggota menerima filosofi itu sebagai sebagai dasar tindak dan perilaku.
Budaya perusahaan dibagai kedalam beberapa tingkatan, antara lain:
  • Artifak.
  • Nilai-nilai yang didukung.
  • Asumsi dasar.
Karakteristik budaya perusahaan:
  • Inisiatif individual.
  • Toleransi terhadap resiko.
  • Arah.
  • Integrasi.
  • Dukungan Manajemen.
  • Pengawasan.
  • Identitas.
  • Sistem imbalan.
  • Toleransi terhadap konflik.
  • Pola komunikasi.
Pengaruh Budaya terhadap Kinerja Perusahaan.
Ada 3 teori yang berkaitan dengan pengaruh budaya terhadap kinerja perusahaan, yaitu :
  1. Budaya dianggap kuat jika nilai-nilainya sudah terinternalisasi dan dipegang teguh anggota organisasi.
  2. Kinerja akan kuat jika budaya sesuai konteksnya.
  3. Budaya adaptif mampu meningkatkan kinerja yang lapang.
Manfaat budaya perusahaan :
  • Mengarahkan sumber daya manusia dalam mencapai visi dan misi perusahaan.
  • Meningkatkan kekompakan tim.
  • Membentuk dan memperbaiki perilaku.
  • Meningkatkan motivasi.
Merubah budaya perusahaan.
Faktor-faktor pendorong suatu perusahaan merubah budaya: Terjadinya krisis yang dramatis, Adanya penggabungan perusahaan, Penggantian pimpinan, Kondisi internal yang tidak kondusif.

Cara mencapai perubahan budaya perusahaan :
  • Melakukan analisis budaya.
  • Melakukan penjelasan tentang rencana perubahan.
  • Menunjuk kepemimpinan.
  • Memprakarsai reorganisasi.
  • Melakukan dukungan untuk budaya baru.
Untuk menumbuhkan budaya dapat dengan menata unsur-unsur budaya perusahaan, yaitu :
  • Sejarah perusahaan; dapat memahami akar perusahaan sehingga nilai-nilai utama tetap terpelihara.
  • Heroes; sosok atau figur kepahlawanan untuk dijadikan motivasi.
  • Slogan; untuk mengekspresikan kondisi perusahaan.  Misalnya slogan Perum Pegadaian adalah "mengatasi masalah tanpa masalah".  Ini untuk menunjukkan bahwa di Pegadaian, masalah dapat diselesaikan tuntas.
  • Simbol; misalnya Gudang Garam simbolnya pintu terbuka, ini untuk menunjukkan kerja keras yang tidak pernah henti.
  • Ritual dan upacara; untuk perayaan tertentu dapat untuk menumbuhkan budaya.
MANAJEMEN MULTI BUDAYA

Alasan pentingnya multi budaya :
  • Beragamnya orang di berbagai negara.
  • Arus globalisasi.
  • Proses produksi yang berorientasi efisiensi, sehingga menimbulkan perusahaan multinasional.
  • Degradasi lingkungan sehingga perusahaan harus mencari lokasi baru.
  • Beragamnya segmen pasar yang dilayani.
  • Menurunnya tingkat kelahiran di negara maju sehingga SDM diambil dari negara berkembang.
Manajer berwawasan global. 
  • Berpikir melampaui persepsi lokal.
  • Siap dengan pemikiran baru.
  • Siap Menyesuaikan diri dengan lingkungan.
  • Bekerja efektif dalam lingkungan multinasional/multibudaya.
  • Menciptakan skenario masa depan yang optimistik dan dapat diwujudkan.

=====
Buku Materi Pokok (BMP) Universitas Terbuka EKMA 4116 Manajemen

3 komentar:

  1. Belajar untuk mengantisipasi perubahan adalah hal terpenting yang menurut saya hal yang paling mendasar. bagaimana tidak, masalah2 baru hampir setiap saat muncul dan masalah lama sering kali berulang.

    Bila pengetahuan kita stagnan, maka dapat dipastika kita akan 'kalah' dalam mengarungi setiap episode dalam hidup ini

    BalasHapus
  2. Artikelnya bagusss...
    Sekedar ingin berbagi aja, barangkali bisa menambah sedikit referensi mengenai Pengaruh Lingkungan Terhadap Perusahaan (General Business Environment)
    Klik --> Makalah Lingkungan Budaya Terhadap KFC di Indonesia

    BalasHapus
  3. mantaaap gan artikelnya,,,terima kasih banyak ya :)

    BalasHapus

Recent Posts

Recent Comment

Popular Posts

KenaliDia.Com