Pages

Jumat, 14 November 2008

Penyusunan Rencana Anggaran Penjualan


Anggaran Penjualan

Anggaran penjualan merupakan anggaran yang sangat penting dalam penentuan proyeksi penjualan dan penghasilan yang realistis dan pendukung utama dalam menyusun rencana anggaran komprehensip perusahaan. Sebab jika anggaran penjualan bersifat tidak realistis seperti "over convidance" atau terlalu percaya diri maka sebagian besar bagian dari rencana laba keseluruhan juga akan ikut tidak realistis.



Adapun defenisi dari anggaran penjualan itu sendiri adalah "Anggaran yang menerangkan secara terperinci tentang penjualan perusahaan dimasa datang dimana didalamnya ada rencana tentang jenis barang, jumlah, harga, waktu serta tempat penjualan barang.

Anggaran penjualan perlu dikembangkan dengan teliti agar anggarananggaran operasi dan anggaran finansial saling isi mengisi dan saling memantau dalam menyusun rencana anggaran komprehensip. Agar anggaran penjualan lebih teliti dan meyakinkan maka diperlukan "Tim Peramal Penjualan" yang terdiri dari beberapa ahli dari bidang distribusi dan didukung oleh ahli-ahli bidang keuangan, produksi dan dari bidang lainnya. Peramalan penjualan akan menilai target penjualan yang akan dicapai sebagai dasar penjualan.

Sebaliknya, rencana anggaran penjualan dapat dipergunakan untuk menyusun pembuatan bagian-bagian dari anggaran-anggaran lainnya. Tujuan utama dari anggaran penjualan adalah:

  1. Mengurangi ketidakpastian dimasa depan
  2. Memasukkan pertimbangan /keputusan manajemen dalam proses perencanaan
  3. Memberikan informasi dalam profit planing control
  4. Untuk mempermudah pengendalian penjualan

Suatu anggaran penjualan yang lengkap sebaiknya menunjukkan gambaran sebagai berikut:

  • Penjualan dirinci menurut bulan, kwartalan, semester dan tahunan.
  • Penjualan dirinci menurut jenis-jenis produk
  • Penjualan dilakukan menurut daerah pemasaran
Faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam rangka penyusunan anggaran penjualan antara lain:

  • Penelitian dan peramalan penjualan
  • Fungsi anggaran penjualan
  • Tahap-tahap peramalan penjualan
  • Metode peramalan penjualan

Penelitian dan Peramalan Penjualan

Pada umurnnya apa yang direncanakan pada anggaran penjualan merupakan dasar perencanaan dari seluruh komponen anggaran lainnya, artinya perencanaan penjualan merupakan "kunci keberhasilan dari rencana anggaran komprehensip.

Taksiran proyeksi volume penjualan yang realistis akan menggambarkan suatu rencana penjualan yang cukup tepat dan hampir mendekati penjualan yang sebenarnya, paling tidak memenuhi target dan tidak mengalami penyimpangan yang terlalu jauh.

Proyeksi volume penjualan yang teliti adalah hasil dari ramalan penjualan yang teliti. Peramalan penjualan yang teliti akan tergantung dari beberapa segi yang harus diperhatikan yaitu dari segi intern dan ekstern perusahaan.

Adapun contoh-contoh dari fakta intern/control label factor ialah Modal yang dimiliki, Kapasitas produksi, Kemungkinan investasi, Sumber daya manusia dll.

Sedang contoh-contoh dari factor ekstern /uncontrollabel factor ialah Keadaan pasar, Posisi perusahaan dalam pasar tersebut, Persaingan, Tingkat pertumbuhan penduduk, Kebiasaaan di masyarakat dll.

Fungsi Anggaran Penjualan

Fungsi dari anggaran penjualan dalam suatu perusahaan dapat disimpulkan sebagai berikut:
  • Anggaran penjualan adalah dasar perencanaan atas kegiatan perusahaan pada umumnya.
  • Anggaran penjualan sebagai alat koordinasi dan mengarahkan setiap pelaksanaan divisi Pemasaran.
  • Anggaran penjualan sebagai alat pengorganisasian
  • Anggaran penjualan sebagai alat pengawasan bagi manajemen

Tahap-tahap Peramalan Penjualan

Tahap-tahap peramalan penjualan dapat dibagi atas beberapa analisa sebagai berikut:
  1. Analisa penjualan
    Analisa penjualan pada masa yang lalu, merupakan analisa bulanan, kuartalan, tahunan ataupun triwulan dan panca tahunan, yang berhubungan dengan analisa produk, daerah pemasaran, langganan maupun pesanan atas barang-barang. Analisa penjualan adalah suatu analisa tentang penjualan yang berhubungan erat dengan daerah pemasaran, produk, langganan, pesanan dan lain-lain.
  2. Analisa fungsi produksi
    Analisa fungsi produksi merupakan kemampuan manajemen dalam pengalihan faktor-faktor produksi yang tersedia menjadi produksi sehingga tersedianya kuantitas penjualan tergantung kepada kuantitas produksi yang akan dihasilkan sesuai dengan faktor-faktor produksi yang tersedia.

Metode Peramalan Penjualan

Metode peramalan penjualan yang dapat digunakan dalarn perusahaan adalah banyak sekali seperti metode komposisi tenaga penjual, metode opini para eksekutif, metode statistika peramalan penjualan. Tapi yang paling sering digunakan adalah metode kuadrat terkecil atau lebih lazim disebut dengan metode trend.

Dengan mempergunakan metode kuadrat terkecil ini, perusahaan akan dapat melakukan perhitungan peramalan penjualan produk perusahaan melalui dua macam bentuk yaitu bentuk linier/garis lurus dan bentuk kuadrat/garis lurus dan bentuk kuadrat/garis lengkung. Bentuk mana yang akan digunakan oleh perusahaan tergantung dari bentuk mana yang paling sesuai dengan kondisi yang berlaku diperusahaan saat ini.

Adapun bentuk umum dari trend garis lurus dan garis lengkung yang sering dipergunakan untuk penyusunan peramalan penjualan produk perusahaan tersebut adalah sebagai berikut:

Y = a + bx untuk trend garis lurus, serta
Y = a + bx + cx2 untuk trend garis lengkung

Dimana :
  • Y: variabel yang akan diramalkan, dalam hal ini adalah peramalan penjualan produk perusahaan.
  • a: konstanta yang akan menunjukan besarnya harga Y apabila X sama dengan 0 (nol)
  • b: variabel per x" yaitu menunjukkan besamya perubahan nilai Y dan setiap perubahan satu unit x.
  • x: unit waktu, yang dapat dinyatakan dengan minggu, bulan, semester, tahun dan lainnya tergantung kepada kesesuaian dari perusahaan itu sendiri.


7 komentar:

  1. Saya bukan marketing dan tidak bergerak di bidang yang berhubungan dengan penyusunan anggaran penjualan, tapi saya tertarik baca tulisan ini, apalagi setelah lihat rumus y = a + bx.

    BalasHapus
  2. saya sangat suka dengan materi ini karna dapat memudahkan saya dalam memahami bagaimana yang di sebut dengan penganggaran perusahaan.

    BalasHapus
  3. tulisannya bagus banget mas. Izin kopi paste buat materi referensi tugas kuliah saya boleh yaah?? :)

    BalasHapus
  4. thank's...

    materinya bagus banget.. I like...!!!
    materi ini membuat saya paham dengan pentingnya penyusunan anggaran dalam sebuah perusahaan...

    mohon ridho... untuk di copy paste sebagai bahan referensi untuk mata kuliah Anggaran ya...???

    By...:
    Supratman Tumuhulawa

    BalasHapus
  5. mas klo boleh, minta ditambah lagi yang berkaitan dengan anggaran penjualan.....

    irvan

    BalasHapus
  6. kalau mau cari contoh2 anggaran penjualan perusahaan2 besar dimana ya? mohon informasinya :)

    BalasHapus
  7. Makasih, maaf terlalu menjawab komentar Anda.. Nanti akan saya perbanyak materi tentang ini..

    BalasHapus

Popular Posts