Pages

Rabu, 03 Desember 2008

Proyeksi Penjualan Produk

Proyeksi atau perkiraan jumlah penjualan produk pada masa yang akan datang merupakan bagian kegiatan menyususn rencana penjualan. Penyusunan rencana penjualan pada tahun mendatang disebut sales forecasting, sedangkan jumlah penjualan produk yang direncanakan disebut sales forecast.

Proyeksi jumlah penjualan merupakan tumpuan rencana strategis. Proyeksi penjualan merupakan salah satu pegangan untuk merencanakan berbagai kegiatan manajemen.

Proyeksi penjualan merupakan bahan masukan untuk menyusun jadwal produksi dan proyeksi penjualan digunakan sebagai bahan masukan bagi pimpinan untuk mengevaluasi jumlah, sarana produksi, anggaran penjualan dan kualifikasi tim penjualan apakah sudah cukup memadai.


Bahan pertimbangan sebelum menyususun suatu proyeksi penjualan adalah dengan terlebih dahulu menilai

  1. internal factors
    terdiri dari faktor pengaruh dan tujuan usaha perusahaan
  2. external factors
    yaitu perkembangan lingkungan eksternal perusahaan, seperti, perkembangan ekonomi, moneter, kehidupan sosial, teknologi, konsumen sasaran, persaingan pasar, pembangunan infrastruktur publik dan kondisi alam.

Prosedur penyusunan proyeksi jumlah penjualan menurut Douglas J. Dalrymple, adalah:
  • Memperkirakan potensi permintaan pasar (estimating market potential).
  • Memilih metode proyeksi yang akan dipergunakan (selecting forecasting methods).
  • Menyususn proyeksi jumlah penjualan (set up sales forecast).

Sebagai bahan masukan untuk menyusun suatu proyeksi penjualan diperlukan dua sumber data utama, yaitu:
  • Sumber data internal perusahaan, meliputi: data jumlah penjualan masa lampau, data jumlah penjualan tiap daerah pemasaran, data jumlah penjualan bulanan atau tahunan, data jumlah penjualan tiap kelompok jalur distribusi, data jumlah penjualan bahan baku dan barang jadi, dan strategi pemasaran di masa yang akan datang.
  • Sumber data eksternal perusahaan, meliputi semua faktor lingkungan eksternal perusahaan.



Tidak ada komentar:

PERHATIAN: Jangan meninggalkan komentar SPAM di sini! Silahkan gunakan kotak komentar untuk bertanya atau diskusi terkait materi yang ditulis.

Posting Komentar

Popular Posts