Jumat, 01 Juni 2012

Mengirim Barang dan Menerima Barang di Batam

Tulisan ini berkaitan dengan beberapa pertanyaan tentang pengiriman barang dari Batam. Mungkin pertanyaan ini penting untuk orang-orang yang sedang merantau disana, dan akan mengirimkan barang ke sanak saudaranya di dalam negeri lainnya atau bahkan ke luar negeri. Beberapa pulau disekitar Batam dan Sabang adalah tempat yang disebut dengan kawasan bebas.

Kawasan bebas atau kawasan perdagangan bebas atau pelabuhan bebas adalah suatu kawasan yang berada di wilayah hukum NKRI yang terpisah dari daerah pabean, sehingga terbebaskan dari pengenaan bea masuk, pajak impor dan cukai.


KETENTUAN UMUM

Pemasukan dan pengeluaran barang dari dan ke kawasan bebas dilakukan melalui perusahaan jasa titipan dan penyelenggara pos yang ditugasi pemerintah untuk memberikan pelayanan internasional sebagaimana diatur dalam Universal Postal Union.

Apabila barang kiriman merupakan barang dagangan dan mempunyai nilai pabean diatas FOB 1500 dollar Amerika (USD), maka kewajiban pabean dilaksanakan oleh pengusaha yang telah mendapatkan ijin oleh Badan Pengusahaan Kawasan dengan menggunakan PPFTZ-01, PPFTZ-02 dan PPFTZ-03 atau pengusaha tersebut dapat menguasakan ke Pengusaha Pengurusan Jasa Kepabeanan.

KIRIMAN DARI LUAR NEGERI (LUAR DAERAH PABEAN)


Barang kiriman dari luar negeri yang dimasukkan ke kawasan bebas diberikan pembebasan bea masuk. Khusus untuk barang kiriman berupa barang kena cukai dari luar negeri yang masuk ke kawasan bebas diberikan pembebasan bea masuk, pajak dalam rangka impor dan cukai untuk setiap alamat penerima sebanyak 40 sigaret, 10 cerutu, 40 tembakau iris dan hasil tembakau lainnya (atau perbandingan dari ketiganya apabila lebih dari satu jenis) dan 350 mililiter minuman mengandung etil alcohol, selebihnya akan dimusnahkan oleh Bea dan Cukai.

Penyelenggara pos menyampaikan Barang kiriman yang dimasukan dari kawasan pabean atau tempat lain yang telah disetujui oleh Kepala Kantor Bea Cukai ke kawasan bebas dengan menggunakan dokumen pos CN-22/ CN-23 atau Dokumen Pengiriman Barang. Apabila barang kiriman mempunyai nilai diatas FOB USD 1500 dan atau barang yang dilarang atau dibatasi maka penyelenggara pos memberitahukan kepada penerima barang kiriman untuk menyampaikan dokumen PPFTZ-01. Barang kiriman tersebut akan dilakukan pemeriksaan pabean, meliputi pemeriksaan dokumen dan fisik.

Apabila barang kiriman tersebut tidak melebihi nilai pabean FOB USD 1500 dan bukan barang yang dilarang atau dibatasi maka diberikan persetujuan pengeluaran barang oleh Bea Cukai dengan membubuhkan tanda/ setempel pada barang kiriman.

KIRIMAN DARI DALAM NEGERI (DAERAH PABEAN ATAU KAWASAN BEBAS LAINNYA)

Setiap barang kiriman yang dikeluarkan dari tempat lain di dalam negeri atau kawasan bebas lainnya ke kawasan bebas diberikan persetujuan pengeluaran barang oleh Bea Cukai dengan membubuhkan tanda/ setempel pada barang kiriman. Apabila nilai barang kiriman melebihi nilai pabean FOB USD 1500 maka penerima barang menyampaikan PPFTZ-02 untuk barang dari kawasan bebas lainnya dan PPFTZ-03 untuk barang dari tempat lain dalam kawasan pabean.


KIRIMAN KELUAR DARI KAWASAN BEBAS KE TEMPAT LAIN DI DALAM NEGERI

Barang kiriman dari kawasan bebas ke tempat lain di dalam negeri diberikan pembebasan bea masuk dan tidak dipungut pajak dalam rangka impor dengan nilai pabean paling banyak FOB USD 50 untuk setiap orang perkiriman, selebihnya akan dikenakan bea masuk dan dipungut pajak dalam rangka impor. Bea Cukai akan menerbitkan Surat Penetapan Pembayaran Bea Masuk, Cukai dan Pajak Dalam Rangka Impor (SPPBMCP) apabila barang melebihi pembebasan nilai pabean USD 50.

Pengirim barang menyampaikan dokumen PPFTZ-01 untuk barang yang melebihi nilai pabean FOB USD 1500, atau Dokumen Barang Kiriman untuk barang sampai dengan nilai pabean FOB USD 1500.

KIRIMAN KELUAR DARI KAWASAN BEBAS KE KAWASAN BEBAS LAINNYA

Pengirim barang wajib memberitahukan kepada Bea Cukai melalui penyelenggara pos atas barang yang akan dikirim dengan menggunakan Dokumen Pengiriman Barang. Apabila barang yang akan dikirim melibihi nilai pabean FOB USD 1500, maka Bea Cukai melalui penyelengara pos akan memberitahu pengirim barang untuk dibuatkan dokumen PPFTZ-02. Dan apabila barang kiriman tersebut tidak melebihi nilai pabean FOB USD 1500, Bea Cukai memberikan persetujuan pengeluaran barang dengan membubuhkan tanda/ setempel pada barang. 

KIRIMAN KELUAR DARI KAWASAN BEBAS KE TPB DAN KAWASAN EKONOMI KHUSUS


Dilakukan sesuai dengan ketentuan yang mengatur tentang hal tersebut.

KIRIMAN KELUAR DARI KAWASAN BEBAS KE LUAR NEGERI (LUAR DAERAH PABEAN)

Pengirim barang wajib memberitahukan Dokumen Pengiriman Barang melalui penyelenggara pos kepada Bea dan Cukai. Dalam hal barang kiriman melebihi nilai pabean FOB USD 1500, maka Bea Cukai melalui penyelenggara pos memberitahukan pengirim barang untuk dibuatkan dokumen PPFTZ-01. Dan apabila barang kiriman tersebut tidak melebihi nilai pabean FOB USD 1500, Bea Cukai memberikan persetujuan pengeluaran barang dengan membubuhkan tanda/ setempel pada barang. 

PUSTAKA

Peraturan Menteri Keuangan Nomor 47/PMK.04/2011 Tentang Tatalaksana Pemasukan dan Pengeluaran Barang Ke dan Dari Kawasan Yang Telah Ditetapkan Sebagai Kawasan Perdagangan Bebas Dan Pelabuhan Bebas dan Pembebasan Cukai

39 komentar:

  1. owalaaah, takon kawasan bebas kuwi meh kanggo bikin artikel ini to, hahahaha.... lanjutken!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul.. harus tanya dulu dong sama orang yang di teknis sana..

      Hapus
  2. Trus, klu misalnya kita memasukkan barang dari jepang kebaam ini, kena pajak gak yea?
    trimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memasukkan barang dari Jepang (Luar Negeri) ke Batam dibebaskan bea masuk. Namun untuk barang dengan nilai diatas FOB 1500 dollar Amerika (USD), maka hanya boleh dilaksanakan oleh pengusaha yang telah mendapatkan ijin oleh Badan Pengusahaan Kawasan dengan menggunakan dokumen PPFTZ-01.

      Hapus
  3. permisi mau nanya beberapa soal mengenai pengiriman barang ke batam
    1. misalnya saya membeli barang online dari USA ke batam selama produk pesanan saya tidak melebihi FOB 15000 maka saya tidak akan di kenai biaya bea dan cukai?
    2. misalnya pengiriman menggunakan USPS ke batam apakah produk akan sampai ke kantor pos batam dan di kirim ke alamat rumah saya?
    3. apakah saya masih perlu membayar biaya apapun ke pihak kantor pos seperti biaya repacking atau sejenisnya??

    terima kasih telah membaca dan saya harap anda bisa menjawab soal2 saya

    terima kasih banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kiriman dari Luar Negeri ke Batam

      Pertama: Barang yang dimasukkan ke Batam dalam hal ini barang kiriman diberikan pembebasan bea masuk dan cukai sepeti dalam tulisan diatas. Apabila barang kiriman tersebut melebihi nilai pabean FOB $1500 dan atau barang yang dilarang atau dibatasi maka penyelenggara pos memberitahukan kepada penerima barang kiriman untuk menyampaikan dokumen PPFTZ-01. Dan apabila barang kiriman tersebut tidak melebihi nilai pabean FOB USD 1500 dan bukan barang yang dilarang atau dibatasi maka diberikan persetujuan pengeluaran barang oleh Bea Cukai dengan membubuhkan tanda/ setempel pada barang kiriman.

      Kedua: Nanti petugas pos yang memberikan informasi kepada Bapak, selagi barang tersebut dibawah FOB $1500 dan bukan barang lartas maka barang akan dikirim pihak pos ke alamat Bapak.

      Ketiga: Tentu harus membayar biaya lainnya, seperti penggantian kantung pos dll.

      Salam kenal Pak Susanto..

      Hapus
  4. permisi mau tanya..
    kalau beli barang online dari batam keluar ke (jawa) misalnya dng nilai transaksi 3 juta rupiah prosedur yg benar bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Barang kiriman dari kawasan bebas ke tempat lain di dalam negeri diberikan pembebasan bea masuk dan tidak dipungut pajak dalam rangka impor dengan nilai pabean paling banyak FOB USD 50 untuk setiap orang perkiriman, selebihnya akan dikenakan bea masuk dan dipungut pajak dalam rangka impor.

      Bea Cukai akan menerbitkan Surat Penetapan Pembayaran Bea Masuk, Cukai dan Pajak Dalam Rangka Impor (SPPBMCP) apabila barang melebihi pembebasan nilai pabean USD 50.

      Hapus
    2. Maaf yang bayarnya SPPBMCP ini yang beli barang di dalam negeri (luar batam) atau yang jualnya (Perusahaan di Batam)?

      Hapus
  5. Mas, trims utk artikel nya yang membuka informasi ttg hal ini. Perkenalkan saya Rini,lokasi Batam, saya membuka toko di Batam bidang usaha tas/aksesoris wanita

    Apakah pembebasan bea masuk/pajak untuk barang dengan nilai dibawah FOB 1500 dollar di Batam, berlaku:
    1. Untuk barang dagangan saya, yang hanya saya jual di Batam.
    2. Bolehkan menerima barang kiriman dari luar lebih dari 1 kali selama sebulan (misalnya saya beli 100 tas dari luar negeri dalam 2 batch pengiriman) selama masing2 pengiriman tdk melebihi FOB 1500 USD tersebut?

    Terima kasih, Rini

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1). Barang kiriman yang dimasukkan ke Batam;
      2). Sebaiknya mendapatkan ijin oleh Badan Pengusahaan Kawasan terlebih dahulu dan membuat dokumen PPFTZ-01.

      Hapus
  6. Trima Ksh sebelumnya utk sharing pembahasan artikel EXIM.
    Saya mau tny ni mas:
    1. Saya import baju dari China ke Batam senilai USD 1,000 apa akan dikenakan pajak,bea, dll?
    2. Utk pengurusannya apa aja yg diperlukan.
    Terima Kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Barang kiriman dari luar negeri yang dimasukkan ke kawasan bebas diberikan pembebasan bea masuk. Silahkan baca lagi tulisan diatas Pak Liong..

      Hapus
    2. Permisi saya ingin bertanya
      1. Saya membeli barang dari China via online jika saya ingin menaruh di Batam apakah terkena pajak? Barang tersebut adalah aksesoris perempuan seperti anting, kalung, dan cincin dgn jumlh transaksi 700$
      2. Jika setelah saya taruh di Batam saya ingin mengirimkan barang tersebut dengan JNE tujuan Jakarta apakah terkena pajak? Terimakasih

      Hapus
  7. Selamat malam pak,

    Tulisannya sangat memberikan pencerahan. semingu lalu saya membeli satu pompa asi dari ebay UK. dan sekarang dalam masa pengiriman. Harganya 122 USD dikirim melalui royal mail dengan fasilitas free shipping. Nah, saya khawatir barang ini masuk ke jenis barang yang dibatasi. Kalau mau lihat list barang yang dibatasi dimana ya pak? Bagaimana ya aturannya. Kira2 barang yang saya beli ini masuk kategori bebas pajak ga ya?

    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Impor Pompa Air atau umumnya Pompa untuk cairan, dilengkapi dengan alat ukur maupun tidak; elevator cairan sebenarnya masuk dalam barang yang terkena pembatasan impor. Dimana untuk mengimpor barang tersebut harus diimpor oleh importir yang memiliki NPIK (Nomor Pengenal Importir Khusus) sebagaimana dalam ketentuan nomor 141/MPP/KEP/3/2002.

      Namun NPIK ini digunakan hanya untuk perusahaan yang melakukan perdagangan impor barang tertentu, salah satunya pompa air. Kalau untuk dipakai sendiri (bukan untuk diperdagangkan) tentunya tidak perlu menggunakan NPIK, termasuk impor barang kiriman sebagaimana dijelaskan dalam pasal 7 Permendag Nomor 07/M-DAG/PER/3/2008 tentang Perubahan Permendag 141/MPP/KEP/3/2002.

      Kalau tarif bea masuk dan pajaknya silahkan cek sendiri di BTKI Pak, ada beberapa tarif yang berbeda..

      Hapus
    2. kebetulan saya domisili batam pak dan memang dikirimnya ke batam. Apa bakal kena pajak? baca ulasan temen temen di kaskus banyak yang dikadalin sama oknum petugas disuruh bayar ini itu. Mohon infonya.

      Hapus
    3. Barang kiriman dari luar negeri yang dimasukkan ke kawasan bebas (batam)diberikan pembebasan bea masuk.

      Hapus
    4. terima kasih pak jawabannya. Barusan saya track di EMS, ternyata sudah masuk batam barangnya. Mudah mudahan cepat diantar ke alamat saya.

      Hapus
  8. sy rencana mau beli sebuah alat gold detector dari Singapore. Apakah alat ini merupakan barang yg dibatasi? Klau kirm ke Batam bebas bea masuk gak ya? trus klau dr Batam ke Sulawesi apakah ada biaya tambahan selain biaya pengiriman? mohon pencerahannya. mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dicek di eservice.insw.go.id aja untuk mengetahui barang dibatasi atau tidak. Tapi menurut saya kalau barang kiriman dan tidak diperdagangkan gak papa. Kalau dari batam ke luar batam, nanti akan dilihat kalau nilainya (barang kiriman) diatas $50 akan dikenakan bea masuk dan pajak impor.

      Hapus
  9. selamat siang,
    permisi saya mau mengirim barang dari batam ke pulau jawa, hal hal apa yang harus diperhatikan saat pengiriman dengan pihak penyedia jasa paket?

    BalasHapus
  10. selamat siang,

    Saya dari malaysia dan rencana mau beli tayar dari batam. Adakah ada biaya tambahan samada bea atau sebaliknya. Jumlah semuanya mungkin kurang lebih IDR5 juta.

    ramli

    BalasHapus
  11. Siang pak,

    Mau tanya kalau mp3 player (memainkan lagu lewat memory card berbentuk headphone) termasuk lartas tidak pak?

    Thanks,
    Tommy

    BalasHapus
  12. Siang pak Muparrih. Saya di batam. saya baru pertama kali mau impor barang, msh newbie sekali.

    Rencana mau coba impor makanan dari malaysia ke batam. Untuk dijual lg ke batam dan ke seluruh indonesia.

    Nilai fob nya sekali import $50. Rencana kalo laku akan impor lagi secara kontinyu.

    Yg mau saya tanya :
    1. Termasuk kategori apa makanan tersebut. Bentuknya berás dalam kemasan 260 gram.
    2. Biaya2 apa saya yg dikenakan utk barang tsb.
    3. Apa yg dimaksud barang kiriman. Memangnya âda barang non kiriman.

    Demikian pak Muparrih. Mohon pencerahannya. Terima kasih.

    Iswid - Batam

    BalasHapus
  13. 4. Oya, apakah saya harus punYa API. Saat ini saya msh atas nama perorangan.
    5. Adakáh perusahaan pemilik API yg menerima layanan import dari importir perorangan. Semacam pinjam bendera gitu pak.


    Trims. Iswid - Batam

    BalasHapus
  14. Salam kenal Pak Muparrih,

    Perusahaan saya berencana memodifikasi sebuah jack up barge yang kami rental dari Singapore. Modifikasi akan di lakukan di Batam. Kemudian untuk keperluan modifikasi tersebut saya akan mengirim genset 750Kva dari Jakarta.
    Genset tersebut akan di naikan ke atas Jack Up barge sebagai bagian dari modifikasi. Kemudian setelah modifikasi selesai, kami akan bawa jack up barge tersebut termasuk genset tadi ke luar negeri untuk pekerjaan offshore. Dokumen apakah yang saya perlukan untuk mengirim genset tersebut dari JKT ke Batam? Sebagai informasi pengiriman dari JKT menggunakan charter LCT (Indonesian Flag). Mohon pencerahannya. Salam dan terimakasih Tri Hadi

    BalasHapus
  15. Pak Muparrih,

    saya tanya lagi. kemarin itu saya bawa barang dari Singapore via batam center dengan nilai inv 470 SGD. Di Bea cukai batam saya dimintai uang untuk bisa mengeluarkan barang. jenis barangnya container plastik kaya tupperware gitu tapi harganya jauh lebih murah. Alasan oknum petugas BCnya, saya bawa barang untuk jualan, harusnya saya bikin surat ijin import barang untuk dijual lagi di bea cukai pusat di Batu ampar, Saya tanya, form apa yang harus saya apply, petugas BCnya bilang kurang tau, harus saya sendiri yang tanya ke Batu ampar. Berhubung udah malem en saya sendirian akhirnya dia menawarkan negosiasi untuk bayr ditempat saja. Saya bilang saya ga punya uang. Tapi akhirnya barang bisa keluar juga. Yang saya tanyakan, apa memang ada aturan saya harus menurus surat izin ke BC Pusat di Batu ampar? kalau boleh tau form apa yang harus saya apply. Mohon pencerahannya ya pak. Trims.

    BalasHapus
  16. Permisi saya ingin bertanya
    1. Saya membeli barang dari China via online jika saya ingin menaruh di Batam apakah terkena pajak? Barang tersebut adalah aksesoris perempuan seperti anting, kalung, dan cincin dgn jumlh transaksi 700$
    2. Jika setelah saya taruh di Batam saya ingin mengirimkan barang tersebut dengan JNE tujuan Jakarta apakah terkena pajak? Terimakasih

    BalasHapus
  17. permisi pak, saya mau bertanya...
    jika saya ingin import Helm dari malaysia untuk di perdagangkan di batam prosedur nya gimana ya..? bisa kah per orangan...
    apakah saya kena bea masuk, pajak dan lain2..
    mohon jawabanya. terima kasih

    BalasHapus
  18. kalau mau beli tepung gypsum atau casting plaster dari johor kira kira 10 ton harganya hanya kira kira 10 juta apakah harus ada ijin import pak? terimakasih

    BalasHapus
  19. Pak Muparrih,

    kami akan mengirimkan alat2 kerja ke shipyard di batam, yg mana alat2 kerja ini akan dikembalikan lagi ke kantor kami di bogor, apa yg harus disiapkan agar pengembalian alat2 kerja ini nantinya tidak mengalami kesulitan. alat2 kerja ini sudah lama dan sering kami pakai. mohon infonya. terima kasih

    BalasHapus
  20. Kantor kami domisili di tgpinang, menerima barang dari batam senilai us 5000, adakah kewajiban yg harus kami lakukan di bc pinang?

    BalasHapus
  21. kami akan kirim limbah dari Jakarta ke Batam apakah perlu mengurus surat persetujuan export barang? dan perlu surat rekomendasi dari kementrian lingkungan hidup?

    BalasHapus
  22. Mas mau tanya, kalau saya beli barang di ebay kemudian sudah membayar import charge apakah akan dicefund oleh pihak bea cukai/pos di batam?

    BalasHapus
  23. Kami mengirim barang ke daerah batam dan tidak mengurus dokumen kepabeanan dan sekarang barang tersebut akan kami tarik kembali ke jakarta apakah kita bayar pajak 10% lagi untuk barangya?

    BalasHapus
  24. Selamat siang pk. Bagaimana jika barang saya beli dari jakarta dan di kirim ke batam. Dgn tujuan di jual kembali secara online. Apakah barang yg saya beli dri jkrt tadi dan dikirim kembali keluar kawasan batam akan di kenakan pajak maupun bea cukai pak? Mohon bantuannya. Trima kasih

    BalasHapus
  25. Numpang tanya pak, kalu saya mau kirim spareparts ke batam dari JKT untuk di gunakan dalam perbaikan mesin yang ada di batam apakah akan di kenakan pajak ? mohon pencerahannya. sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih

    BalasHapus
  26. maaf pak mw tanya ne.sy belanja barang dri china.per pc $5.saya beli 9 pcs.apakah sy kena pajak pak.thanks

    BalasHapus

Recent Posts

Recent Comment

Popular Posts

KenaliDia.Com